Cover Image

Rancang Bangun Desain Elemen Struktur Balok pada Sistem Rangka Pemikul Momen Khusus (SRPMK)

Mona Indria Sabrina, Nevy Sandra, Fajri Yusmar

Abstract


Indonesia merupakan wilayah yang berada pertemuan tiga lempeng aktif yaitu, lempeng Indo-Australia, Eurasia, dan Pasifik dan juga berada pada jalur cincin api atau ring of fire, menyebabkan sering terjadinya gempa bumi di Indonesia. Dalam perencanaan bangunan seperti Sistem Rangka Pemikul Khusus (SRPMK) yang merupakan bagian dari Sistem Rangka Pemikul Momen (SRPM) yang memang digunakan pada wilayah dengan resiko tinggi terhadap gempa bumi. Proses perancangan suatu bangunan gedung maupun non gedung menggunkan aplikasi penunjang Teknik Sipil seperti, untuk menganalisis struktur bangunan menggunakan aplikasi SAP 2000 atau ETABS. Adapun tujuan dari tugas akhir ini adalah membuat sebuah aplikasi komputer untuk perhitungan kebutuhan baja tulangan untuk menahan momen lentur pada SRPMK dengan menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic.Net versi 2013.Berdasarkan hasil validasi yang dilakukan terhadapap pruduk berupa aplikasi DSB SRPMK didapatkan dari rumus validitas percentages correction nilai persentase dari ahli materi sebesar 80% dengan kategori kelayakan ‘Baik’ dan untuk ahli media didapatkan nilai persentase sebesar 93.4% dengan kategori kelayakan ‘Sangat Baik’. Sedangkan dari hasil perbandingan ketiga software yang digunakan untuk pembanding hasil perhitungan kebutuhan baja tulangan pada elemen stuktur balok SRPMK dengan menggunakan aplikasi SAP 2000, Microsoft Excel, dan aplikasi DSB SRPMK, didapatkan nilai persentase sebesar 95% dengan kategori kelayakan ‘Sangat Baik’.


Keywords


Beton Bertulang, Elemen Struktur Balok SRPMK, Visual Basic.Net

Full Text:

PDF

References


Badan Standardisasi Nasional Indonesia (2019). SNI 1729:2019 Tata Cara Perencanaan Ketahanan Gempa untuk Bangunan Gedung dan Non Gedung. Jakarta: BSN

Sugiyono. (2016). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Putra, Nusa. 2015. Research & Development Penelitian dan Pengembangan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Thiagarajan, S., Semmel, M. I. 1974. Instructional for Training Teachers of Expectional Children. Minneapois, Minnesota Leadership Training Intitute/Special Education. University of Minnesota.

Borg, W. R and Gall, M.D. (2003). Educational Research: An Introduction 4th Edition. London: Longman Inc.




DOI: https://doi.org/10.24036/cived.v9i3.116483

Copyright (c) 2022 Mona Indria Sabrina, Nevy Sandra, Fajri Yusmar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

PENERBIT : UNIVERSITAS NEGERI PADANG

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat:
Jalan Hamka  Padang. Indonesia
email: sipil@ft.unp.ac.id