Cover Image

BANJIR BANYUMAS DALAM ARSIP MEMORIE VAN OVERGAVE

Bayu Tanoyo, Nurmita Arum Sari

Abstract


Bencana merupakan kejadian yang menyebabkan banyak timbulnya kerusakan dan korban jiwa. Salah satu dari wilayah yang kerap terjadi bencana adalah Kabupaten Banyumas. Wilayah Kabupaten Banyumas dikenal dengan tingkat risiko yang cukup tinggi dengan skala 3 dari dampak bahaya bencana banjir dan longsor. Sejarah membuktikan bahwa telah terjadi bencana yang cukup besar yang terjadi di daerah Banyumas yang tercatat dalam arsip sebagai media literasi dan pembelajaran di masa depan. Tepatnya 21 sampai 23 Februari 1861, daerah Banyumas tenggelam oleh banjir dahsyat setinggi 3,5 meter. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana peran serta arsip Memorie van Overgave sebagai jejak sejarah yang dapat digunakan dalam strategi mitigasi bencana banjir di masa yang akan datang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian sejarah dengan studi kepustakaan dan literatur. Pengumpulan data dari penelitian ini dilakukan dengan menggunakan observasi dan mendeskripsi kejadian yang terdapat pada arsip. Dengan menganalisa data deskripsi arsip ditemukan hasil penelitian. Dalam hal ini menginvetarisir dan menganalisis konteks pada naskah, manuskrip maupun arsip. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa kejadian bencana banjir yang terjadi di Banyumas terekam di dalam arsip diketahui bahwa bencana muncul dikarenakan hujan terus menerus yang berkepanjangan. Dengan munculnya korban jiwa yang cukup banyak pada masa tersebut. Kejadian tersebut dicatat di masa kolonial oleh pemerintah Belanda dan catatan lain. Penelitian ini diharapkan mampu menjadi pembelajaran di masa sekarang dan akan datang dalam menghadapi bencana banjir dan meminimalisir korban jiwa dan kerusakan terutama penggunaan dan pemanfaatan arsip di masa lampau sebagai bagian dari kehidupan di masa yang akan datang.


Keywords


Bencana Banjir, Banyumas, Sungai Serayu, Memorie van Overgave, Hindia Belanda

Full Text:

PDF

References


Memorie van Overgave Algemeene Verslag Banjoemas. 1830. Inventaris Arsip Banjoemas (K9). Jakarta: Arsip Nasional Republik Indonesia.

Memorie van Overgave Algemeene Verslag Banjoemas. 1833. Inventaris Arsip Banjoemas (K9). Jakarta: Arsip Nasional Republik Indonesia.

Memorie van Overgave Algemeene Verslag Banjoemas. 1839-1848. Inventaris Arsip Banjoemas (K9). Jakarta: Arsip Nasional Republik Indonesia.

Memorie van Overgave Algemeene Verslag Banjoemas. 1861. Inventaris Arsip Banjoemas (K9). Jakarta: Arsip Nasional Republik Indonesia.

Memorie van Overgave Algemeene Verslag Banjoemas. 1862. Inventaris Arsip Banjoemas (K9). Jakarta: Arsip Nasional Republik Indonesia.

Manuskrip Babad Banjoemas karya R. Wirjaatmadja seorang patih Purwokerto. Manuskrip berjudul “Gantjaran Sedjarahipoen Kaboepaten Banjoemas, tedak toemedak ngantos doemoegi sapoenika.

BPBD Kabupaten Banyumas. 2020. Data Rekap Kebencanaan Wilayah Kabupaten Banyumas. Unpublished.

Gandasoebrata, Ratmini Soedjatmoko. 2011. Sebuah Pendopo di Lembah Serayu. Ed. Cet.1. Jakarta : Pustaka Tanjung.

Veth, P.J. 1861. Woordenboek Nederlandsch Indie. Eerste Deel. A-J. Amsterdam: P.N van Kamp.

Veth, P.J. 1869. nWoordenboek Nederlandsch Indie. Deerde Deel. R-Z. Amsterdam: P.N van Kamp.

Kartodirdjo, Sartono. 1983. Pendekatan Ilmu Sosial Dalam Metodologi Sejarah. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Kuntowijoyo. 2001. Pengantar Ilmu Sejarah. Yogyakarta: Bentang.

Maarif, Syamsul. 2012. Pikiran dan Gagasan Penanggulangan Bencana di Indonesia. Jakarta: Badan Nasional Penanggulangan Bencana.

Raffless, Thomas Stamford. 2010. The History of Java. Yogyakarta: Penerbit Narasi.

Renier, G.J. 1997. Metode dan Manfaat Ilmu Sejarah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ricklefs, M.C. 2005. Sejarah Indonesia Modern: 1200-2004. Jakarta: Serambi Ilmu Semesta.

Sri Margana, Nursam, dkk. 2010. Kota-kota di Jawa: Identitas, Gaya Hidup, dan Permasalahan Sosial. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Sugeng Priyadi. Sejarah Trah Yudanegaran Banyumas. Humaniora Volume 16 No.3 Oktober 2004, diakses melalui https://jurnal.ugm.ac.id/jurnal-humaniora/article/download/1311/1110 Krisis Ekonomi di Banyumas 1930-1935 Sampai Perpindahan Pusat Pemerintahan dari Banyumas ke Purwokerto Tahun 1937 | Journal of Indonesian History (unnes.ac.id).

Hamzah, Amir. Kreativitas yang “Lain” Identifikasi karya Raden Saleh dan Basoeki Abdoellah pada lukisan seniman modern, diakses melalui http://digilib.isi.ac.id/5743/6/Jurnal%20-%20Amir%20Hamzah.pdf

Kurniawan, Kuat Iqlas. 2019. Bendung Gerak Serayu: 2005-2015. Skripsi. Jurusan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Wahyudi, Aris. 2014 Perpindahan Pusat Kabupaten Banyumas ke Purwokerto Tahun 1930-1937.Skripsi. Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta.

Ahmad Munir. 2009. Karakteristik Daerah Aliran Sungai Serayu (DAS) Provinsi Jawa Tengah Berdasarkan Kondisi Fisik, Sosial, Serta Ekonomi. Jakarta: Departemen Geografi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia.

Bayu Tanoyo. 2019. Efektivitas Kepemimpinan Lokal Dalam Optimalisasi Titen dan Kentongan Sebagai Upaya Mitigasi Bencana Gunung Slamet di Desa Kemutug Lor Kabupaten Banyumas. Disajikan dalam PIT International Conference Disaster Management (ICDM), Sentul, Jawa Barat.

Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2007 Tentang Penanggulangan Bencana.

Peraturan Pemerintah Nomor 21 Tahun 2008 Tentang Penanggulangan Bencana (Pasal 1 ayat 6).

Banjir Banyumas dalam Lukisan Raden Saleh. Banjir Banyumas dalam Lukisan Raden Saleh (mediaindonesia.com)

Curah Hujan dan Debit Sungai (Pusdataru OpenData Provinsi Jawa Tengah).http://pusdataru.jatengprov.go.id/opendata/dataset/data-hujan-stasiun-25-ketenger-kabupaten-banyumas dan http://pusdataru.jatengprov.go.id/opendata/dataset/debit-sungai-serayu-rerata-bulanan-sta-serayu-banyumas-kabupaten-banyumas

Definisi Banjir

https://pusdataru.jatengprov.go.id/ppid/dokumen/bencana/Apa-itu-banjir-dan-cara-menghadapi-bencana-banjir.pdf

Jokowi dan Memorie van Overgave. Jokowi dan Memorie van Overgave - Opini - koran.tempo.co

Kisah Sungai Kali Yasa, Terusan Suez-nya Cilacap. Kisah Sungai Kali Yasa, Terusan Suez-nya Cilacap - serayunews.com

Kisah Banjir Setinggi Pohon Kelapa dan Nostalgia Kejayaan Kota Tua Banyumas. Kisah Banjir Setinggi Pohon Kelapa dan Nostalgia Kejayaan Kota Tua Banyumas - Regional Liputan6.com

Repositori Kemdikbud – Gandasubrata LR.http://repositori.kemdikbud.go.id/1148/1/Gandasubrata_LR.pdf

Kisah Banjir Dahsyat Banyumas Setinggi 3,5 Meter Tahun 1861 dalam Catatan Orang Eropa. Kisah Banjir Dahsyat Banyumas Setinggi 3,5 Meter Tahun 1861 dalam Catatan Orang Eropa - SerayuNews

Pemahaman Sejarah dan Arsip.https://www.pustaka.ut.ac.id/lib/wp-content/uploads/pdfmk/ASIP4102-M1.pdf

KBBI Web

banjoemas.com

Woorden.org. https://www.woorden.org/woord/overstromen

InyongLani. http://ndongong.blogspot.com/2014/06/jelajah-part5habis-karesidenan-dan.html




DOI: https://doi.org/10.24036/cived.v9i2.116448

Copyright (c) 2022 Bayu - Tanoyo, Nurmita Arum Sari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

PENERBIT : UNIVERSITAS NEGERI PADANG

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat:
Jalan Hamka  Padang. Indonesia
email: sipil@ft.unp.ac.id