Cover Image

TINGKAT KESIAPAN MAHASISWA PRODI KEPENDIDIKAN DI FAKULTAS TEKNIK SEBELUM MELAKSANAKAN PPL SELAMA PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING SAAT PANDEMI COVID-19

Hufa Weno Artha, Muhammad Giatman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap tingkat kesiapan mahasiswa Program Studi Kependidikan Di Fakultas Teknik sebelum melaksanakan Program Pengalaman Lapangan (PPL) selama pembelajaran blended learning saat pandemi covid -19 . Penelitian ini dilakukan kepada mahasiswa Program Studi Kependidikan Di Fakultas Teknik. Jenis penelitian adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian adalah mahasiswa yang telah melaksanakan mata kuliah mengajar khusus dan belum melaksanakan PPL semester Juli-Desember 2021 sebanyak 61 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan proporsional random sampling . Teknik pengumpulan data menggunakan google form yang dibagikan melalui aplikasi whatsapp. Teknik analisis data yaitu statistik deskriptif dengan menggunakan SPSS versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kesiapan mahasiswa prodi kependidikan di Fakultas Teknik sebelum melaksanakan PPL selama pembelajaran blended learning saat pandemi covid -19 berdasarkan kompetensi guru menurut Permendiknas Nomor 16 Tahun 2007 berada dalam kategori baik dengan skor derajat kekuatan 80,33% ditinjau dari kompetensi pedagogik, 83,78% ditinjau dari kompetensi kompetensi dan 80,82% yang ditinjau dari kompetensi profesional serta berdasarkan pelaksanaan pembelajaran blended learning selama pandemi covid -19 skor kompetensi ujian sebesar 76,47% tergolong dalam kategori cukup.

Keywords


Kesiapan, Kependidikan, Program Pengalaman Lapangan (PPL), Blended Learning, Pandemi Covid-19.

Full Text:

PDF

References


Afan, H. (2017). Kesiapan Mahasiswa Program Studi Pendidikan IPS Untuk Melaksanakan PPL dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Social Studies, 6(7), 732–733.

Ahmad (2017). Kajian Konseptual Model Pembelajaran Blended Learning berbasis Web Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Motivasi Belajar. Jurnal Pendidikan Edutama, 4(2), 58–61

Dhonal, R., & Abdullah, R. (2019). Kesiapan Mengajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Teknik Bangunan FT-UNP Sebagai Calon Guru Profesional Di SMK. Cived, 6(2), 2.

Giatman, M., Siswati, S., & Basri, I. Y. (2020). Online Learning Quality Control in the Pandemic Covid-19 Era in Indonesia. Journal of Nonformal Education, 6(2), 173.

Isrokatun, Fitriani, E., & Mukarromah, K. (2022). Analisis Kesiapan Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar Menjadi Guru Sekolah Dasar yang Kompeten. Jurnal Basicedu, 6(1), 822–830.

Marlina, L. (2021). Penerapan Pembelajaran Blended Learning Pada Mahasiswa Semeter 6 Mata Kuliah PPLK 1 Program Studi PPKN. Propatria, 4(2), 164.

Munashiroh, M., Istanto, & Ma’arif, J. (2021). Pengaruh PLP II Di Masa Pandemi Terhadap Kesiapan Mahasiswa PAI UMS Menjadi Calon Guru Profesional. Jurnal ISEEDU, 5(1), 126–128.

Nurkhomariah, A., Bahrani, & Razak, A. (2021). Hubungan Antara Kemampuan Microteaching dan Kesiapan PKL Mahasiswa PGMI Di IAIN Samarinda. Borneo Jurnal of Primary Education, I(1), 2.

Nuryovi., Wiharna., & Sriyono. (2017). Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Kepribadian Guru. Journal of Mechanical Engineering Education, 4(2), 223.

Pedoman Akademik Lapangan Kependidikan. 2020. Padang: UNP Press.

Prasetio, Murdiono. Purbo. dkk. (2012). Perancangan Dan Implementasi Content Pembelajaran Online Dengan Metode Blended Learning. Jurnal Teknik Elektro Dan Komputer, 1(3), 2.

Permendiknas No. 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.

Sudrajat, J. (2020). Kompetensi Guru Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Riset Ekonomi Dan Bisnis, 13(2), 100.

Susanto. 2016. Manajemen Peningkatan Kinerja Guru: Konsep, Strategi dan Implementasi. Jakarta: Prenadamedia Group.

Sukirman, D. 2012. Pembelajaran Micro Teaching. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI

Sukmawati, R. (2019). Analisis Kesiapan Mahasiswa Menjadi Calon Guru Profesional Berdasarkan Standar Kompetensi Pendidik. Jurnal Analisa, 5(1), 100–102

Lubis, Syahron. 2011. Metodologi Penelitian Pendidikan. Padang: Sukabina.

Wardani., Toenlioe., & Wedi, A. (2018). Daya Tarik Pembelajaran Di Era 21 Dengan Blended Learning. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan (JKTP), 1(1), 14–17.

Yusuf, Muri. 2007. Metodologi Penelitian. Padang: UNP Press.




DOI: https://doi.org/10.24036/cived.v9i2.116321

Copyright (c) 2022 Hufa Weno Artha, Muhammad Giatman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

PENERBIT : UNIVERSITAS NEGERI PADANG

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat:
Jalan Hamka  Padang. Indonesia
email: sipil@ft.unp.ac.id