Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Mata Kuliah Struktur Baja Prodi S1 Pendidikan Teknik Bangunan

Prima Zola, Laras Oktavia Andreas, Rahmat .

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis Android pada Mata Kuliah Struktur Baja dalam bentuk Aplikasi.Penelitian pengembangan ini menggunakan tahapan-tahapan Research and Development yang mengadaptasi model 4D yang disarankan oleh Thiagarajan dan Semmel, dalam Trianto (2014: 93-96) yang terdiri dari 4 langkah, yaitu: define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Instrumen yang digunakan berupa angket penilaian media pembelajaran untuk ahli materi, ahli media, dan mahasiswa. Subjek penelitian adalah ahli materi sebanyak 2 orang, ahli media sebanyak 1 orang dan mahasiswa program Studi Pendidikan Teknik Bangunan angkatan 2018 sebanyak 20 orang. Berdasarkan penilaian produk media pembelajaran berbasis Android oleh ahli materi 1 rata-rata skor adalah 8,0% masuk ke dalam kategori valid, sedangkan penilaian oleh ahli materi 2 rata-rata skor 8,5% masuk kategori sangat valid. Penilaian oleh ahli media 1 rata-rata skor 9,4 masuk kategori sangat valid. Penilaian dari 20 orang mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Teknik Bangunan rata-rata skor 82,35% masuk kategori sangat praktis. Sesuai dengan hasil penilaian, media yang dihasilkan dinyatakan sangat layak

Keywords


Android, Media Interaktif, Struktur Baja

Full Text:

PDF

References


Al-Tabany, Badar, Ibnu, Trianto. (2014). Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual.Jakarta: Kencana

Amiruddin, Aliya. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Teknik Mikroprosesor Berbasis Android. (Universitas Negeri Yogyakarta).

Arsyad, Azhar (ed). (2009). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Arta, Maulida. 2013. Boomingnya Android, (Online), (http://ilmukomputer.org/ wp- content/uploads/2013/04/android.doc, Diakses 14 Februari 2016).

Asyhar, R. (2012). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi.

Aunurrahman. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Daryanto. (2016). Media Pembelajaran: Peranannya Sangat Penting dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. rev.ed. Yogyakarta: Gava Media.

Hamalik, Oemar (ed). (2012). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Jalinus Nizwardi, Ambiyar. (2016). Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Kustandi Cecep. Bambang Sutjipto. (2011). Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.

Muchlisin. (2013). Pengertian, Kelebihan dan Kelemahan Modul Pembelajaran. (http://www.kajianpustaka.com/2013/03/pengertian-kelebihan-kelemahan- modul-pembelajaran.html, diakses 14 Februari 2016.

Mulyatiningsih endang, Apri Nuryanto. (2014). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Purwanto, N. (1992). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Riduwan & K. A. Engkos. (2011). Cara Menggunakan dan Memakai Path Analysis (Analisis Jalur). Bandung: Alfabeta.

Riduwan. (2015). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Rezeki, Sri. (2018). Pemanfaatan Adobe Flash CS6 Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Fungsi Komposisi dan Fungsi Invers. (Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Riau)

Setyawan, Andhi. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Adobe Flash Professional CS6 Pada Mata Kuliah Hidrolika Di Jurusan Teknik Sipil Dan Perencanaan Universitas Negeri Yogyakarta. (Universitas Negeri Yogyakarta).

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian & Pengembangan: Research and Development. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tjipto, Utomo. (1991). Peningkatan dan Pengembangan Pendidikan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Universitas Negeri Padang. 2014. Buku Panduan Penulisan Skripsi/Tugas Akhir. Padang: UNP.




DOI: https://doi.org/10.24036/cived.v8i2.115446

Copyright (c) 2021 Prima Zola, Laras Oktavia Andreas, Rahmat .

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.