Cover Image

KAJIAN TINGKAT KEPUASAN PEMILIK PROYEK (OWNER) TERHADAP KINERJA KONTRAKTOR PADA PEKERJAAN JASA KONSTRUKSI DI BAWAH DINAS PEKERJAAN UMUM DAN PENATAAN RUANG KABUPATEN PASAMAN BARAT

Warham Eka Putra, Risma Apdeni

Abstract


Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan pemilik proyek (owner) terhadap kinerja kontraktor dalam rangka mengoptimalisasi kinerja proyek pada pekerjaan jasa konstruksi di dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Pasaman Barat. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah proyek konstruksi yang satuan kerjanya dibawah Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Pasaman Barat. Responden pada penelitian ini yaitu Pegawai dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Pasaman Barat yang diwakilkan kepala dinas, sekretaris dinas, kepala bidang, kepala seksi, dan pengawas lapangan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah non probabilistic sampling yaitu pengambilan sampel tidak acak dengan cara purposive sampling. Pengambilan data penelitian dilakukan melalui angket yang disebar langsung kepada responden penelitian. Angket disusun dengan menggunakan skala Likert dan dianalisis dengan menggunakan rumus Derajat Pencapaian (DP). Dari hasil analisis data disimpulkan bahwa Derajat Pencapaian (DP) kajian tingkat kepuasan pemilik proyek (owner) terhadap kinerja kontraktor pada pekerjaan jasa konstruksi di bawah Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Pasaman Barat sebesar 65, 56% atau dalam kategori cukup.


Keywords


Kajian, Kepuasan, Pemilik Proyek (Owner)

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Ervianto, Wulfram. 2005. Manajemen Proyek Konstruksi. Edisi Revisi. Yogyakarta: Andi

Giatman, M. 2013. Manajemen Proyek Konstruksi. Padang: Universitas Negeri Padang.

Ichsan, Muhammad. 2015. “Studi Kinerja Perusahaan Konstruksi Dalam Lingkup Din as Pekerjaan Umum Kota Makassar”. Skripsi. Universitas Hasanuddin.

Kartajaya, Hermawan. 1994. Marketing 2 Plus. Jakarta: Sinar Harapan.

Khasani, Riki Radian. 2013. “Evaluasi Kepuasan Pelanggan Terhadap Kinerja Kontraktor Besar Bangunan Gedung”. Tesis. Universitas Diponegoro.

Koriawan, Nyoman. 2011. “Karakteristik dan Kinerja Perusahaan Jasa Konstruksi Kualifikasi Kecil di Kabupaten Jembrana”. Tesis. Universitas Udayana Denpasar.

Muzayannah, Yannu. 2008. “Pemodelan Proporsi Sumber Daya Proyek Konstruksi”. Tesis. Universitas Diponegoro Semarang.

Nurhayati. 2010. Manajemen Proyek. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Peraturan Presiden Repuplik Indonesia Nomor 12 tahun 2021 tentang Perubahan Atas Peraturan Presiden Nomor 16 tahun 2018 tentang Pengadaan Barang/ Jasa Pemerintah.

Rani, Hafnidar A. (2016). Manajemen Proyek Konstruksi. Yogyakarta: Budi Utama.

Ruci, Mega dan Wita Kristiana. 2019. Pandangan Pemilik Proyek terhadap Kinerja Kontraktor pada Pekerjaan Kontruksi di Kabupaten Barito Timur”. Jurnal Teknika Vol 3. No 1. Hlm. 53-63. Universitas Palang karaya.

Sudjana, N. (2011). Penilaian Hasil dan Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosda Karya.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Syahron, Lubis.2011. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Syahroni, Muhammad dan Siswoyo. 2018. “Analisis Kepuasan Owner Terhadap Kinerja Kontraktor di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Lumajang”. Jurnal Rekayasa dan Manajemen Konstruksi. Vol. 6. No 3. Hlm 165-170. Universitas Wijaya Kusuma.

Widiasanti, Erika dan Lenggogeni. 2013. Manajemen Konstruksi. Bandung: Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.24036/cived.v9i1.114586

Copyright (c) 2022 Warham Eka Putra, Risma Apdeni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

PENERBIT : UNIVERSITAS NEGERI PADANG

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat:
Jalan Hamka  Padang. Indonesia
email: sipil@ft.unp.ac.id