Cover Image

Studi Eksperimental Kapasitas Geser Dinding Bata dengan Penambahan Jaring Kawat

Nofriadi Nofriadi, Rhini Wulan Dary, Mizanuddin Sitompul, Annisa Prita Melinda

Abstract


Kerusakan yang sering terjadi pada dinding bata adalah kerusakan geser yang dicirikan dengan adanya retak atau patahan searah diagonal bidang dinding bata. Kerusakan geser pada suatu bangunan harus sangat dihindari, hal ini disebabkan sifat dari keruntuhan geser yang tiba-tiba dan getas. Apabila suatu bangunan mengalami keruntuhan geser maka bangunan tersebut dapat secara tiba-tiba runtuh dan akibatnya penghuni tidak sempat untuk menyelamatkan diri. Untuk mengatasi keruntuhan geser yang teradi pada dinding bata perlu diberikan perkuatan. Pada penilitian ini akan dilakukan pengujian terhadap dinding bata yang diberikan variasi penambahan jaring kawat. Terdapat sembilan buah sampel dengan ukuran 35 cm x 35 cm yang akan dilakukan pengujian geser diagonal dinding bata, sampel tersebut 3 buah sampel dinding bata tanpa penambahan jaring kawat (DBK), 3 buah sampel dinding bata dengan penambahan jaring kawat 0,5” x 0,5 “(DBJK A), dan buah sampel dinding bata dengan penambahan jaring kawat 1”x1”(DBJK B). Pengujian geser diagonal dinding bata merah menggunakan alat UTM dilaboratorium. Dari hasil pengujian dapat dilihat bahwa penambahan jaring kawat memberikan kontribusi peningkatan kemampuan dinding bata untuk menahan beban . terjadi peningkatan kekuatan sebesar 68,66 % dan 29,55 % antara dinding bata tanpa jaring kawat dan dinding bata dengan penambahan jaring kawat. Selanjutnya dilakukan pengolahan data untuk mendapatkan nilai kapasitas geser dinding bata. Terjadi peningkatan  kapasitas geser dinding bata sebesar 68,42 % dan 29, 47 % dari dinding bata tanpa penambahan jaring kawat.

Keywords


dinding, geser, kawat

Full Text:

PDF

References


Kaluza, M. (2017). Analysis of in-plane deformation of walls made using AAC blocks strengthened by GFRP mesh. Procedia engineering, 193, 393-400.

Kubica, J & Galman,I. (2017). Comparison of two ways of AAC block masonry strengthening using CFRP strips-diagonal compression test. Procedia engineering, 193, 42-49.

Suwanda, R. A., Wijatmiko, I., & Nainggolan, C. R. (2017). Pengaruh Variasi Fraksi Kawat Loket Lapis Pvc Terhadap Kuat Tekan, Kuat Tarik Belah Dan Modulus Elastisitas Beton Serat. Jurnal Mahasiswa Jurusan Teknik Sipil, 1(2), pp. 768-775

SNI 03-4166-1996. Metode Pengujian Kuat Geser Dinding Pasangan Bata Merah di Laboratorium

SNI 03-2847-2002. Tata Cara Perhitungan Struktur Beton untuk Bangunan Gedung.




DOI: https://doi.org/10.24036/cived.v8i3.114150

Copyright (c) 2021 Nofriadi Nofriadi, Rhini Wulan Dary, Mizanuddin Sitompul, Annisa Prita Melinda

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

PENERBIT : UNIVERSITAS NEGERI PADANG

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat:
Jalan Hamka  Padang. Indonesia
email: sipil@ft.unp.ac.id