Cover Image

Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android pada Mata Kuliah Struktur Beton

Tiara Afrilliana Ulfiah, Prima Zola

Abstract


Umat manusia sedang dilanda musibah pandemi  Covid-19 yang  menyebabkan  tantangan bagi pendidikan. Proses pembelajaran dilakukan secara daring sehingga membutuhkan media pembelajaran interaktif  untuk menunjang pembelajaran. Media pembelajaran yang digunakan pada pada mata kuliah Struktur Beton belum memadai. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif berbasis Android. Penelitian ini menggunakan tahapan Research and Development yang mengadaptasi model 4D. Instrumen yang digunakan berupa angket penilaian  media pembelajaran untuk ahli media, ahli materi dan mahasiswa. Berdasarkan penilaian produk terhadap media pembelajaran interaktif berbasis Android pada mata kuliah Struktur Beton oleh ahli media memperoleh skor 4,3 pada aspek kemudahan, audio, kemudahan penggunaan dan navigasi serta interaktivitas masuk kategori sangat baik. Penilaian oleh ahli materi 1 diperoleh skor 4 masuk dalam kategori baik, sedangkan penilaian oleh ahli materi 2 diperoleh skor 4,5 masuk dalam kategori sangat baik pada aspek kemudahan, kesesuaian, kualitas isi dan tujuan serta kualitas instruksional. Penilaian dari 20 mahasiswa memperoleh persentase 82,95% masuk dalam kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian, maka media yang dihasilkan dinyatakan sangat baik. 


Keywords


Struktur Beton, Media Pembelajaran, Interaktif, Android, Adobe Flash Professional CS6

Full Text:

PDF

References


Arsyad, Azhar. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Daryanto. 2016. Media Pembelajaran: Peranannya Sangat Penting dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Febriza, Asyti dan Afdal, Zul. 2015. Media Pembelajaran dan Teknologi Informasi Komunikasi. Pekan Baru: Adefa Grafika.

Ferguson, Phil M. Susanto, Budianto.dan Setiando, Kris. 1980. Dasar-Dasar Beton Bertulang. Jakarta: Erlangga.

Hamka, Dimas. 2013. "Aplikasi Kamus Inggris–Indonesia Indonesia–Inggris Pada Platform Android." Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika.

Jalinus, Nizwardi dan Ambiyar. 2016. Media & Sumber Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Lestari, Novia. 2020. Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Inetarktif. Jawa Tengah: Lakeisha.

Muyaroah, Siti dan Mega, Fajartia. 2017. "Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android dengan menggunakan Aplikasi Adobe Flash CS 6 pada Mata Pelajaran Biologi." Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology 6.2: 22-26.

Setiawan, Agus. 2016. Perencanaan Struktur Beton Bertulang Berdasarkan SNI 2847: 2013. Jakarta: Erlangga.

Salamadian. 2020. 18 Urutan Versi Android Dari Terendah-Terbaru. https://salamadian.com/tingkatan-urutan-versi-android/. Diakses pada tanggal 2 Desember 2020.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development. Bandung: Alfabeta

Sulistyo, Tri Yogo. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Menggunakan Adobe Flash CS6 Pada Materi Segiempat Dan Segitiga Dengan Pendekatan Kontekstual Untuk Siswa SMP Kelas VII. Diss. Yogyakarta: Universitas Mercu Buana.




DOI: https://doi.org/10.24036/cived.v8i3.113843

Copyright (c) 2021 Tiara Afrilliana Ulfiah, Prima Zola

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

PENERBIT : UNIVERSITAS NEGERI PADANG

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat:
Jalan Hamka  Padang. Indonesia
email: sipil@ft.unp.ac.id