Analisis Kebutuhan Mahasiswa terhadap Media Pembelajaran pada Mata Kuliah Rekayasa Batu dan Beton

Nidal Zuwida, Laras Oktavia Andreas, Yuwalitas Gusmareta

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui analisis kebutuhan dosen dan mahasiswa terhadap penggunaan media pembelajaran pada matakuliah praktek Rekayasa Batu dan Beton. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif eksploratif. Subjek penelitian adalah mahasiswa program Studi Pendidikan Teknik Bangunan angkatan 2017 sebanyak 30 orang dan 4 orang dosen yang membawakan matakuliah Rekayasa Batu dan Beton di Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang. Data pada penelitian diperoleh dari pengisian lembar observasi awal dan angket kebutuhan yang diberikan kepada dosen pengampu dan mahasiswa. Pengumpulan data dilakukan pada saat proses perkuliahan Rekayasa  Batu dan Beton dan angket berlangsung. Dari hasil observasi menunjukan jika media pada perkuliahan Rekayasa Batu dan Beton masih belum dapat menjelaskan materi pembelajaran secara efektif, baik dari segi konten maupun visualisasi. Hasil analisis angket kebutuhan terhadap pengembangan media menunjukkan bahwa dosen dan mahasiswa membutuhkan media pembelajaran yang mampu menjelaskan materi pembelajaran secara rinci,dan dapat memvisualisasikan proses pekerjaan praktek secara mendetail dan disajikan dalam bentul real.

Keywords


Analisis Kebutuhan, Media Pembelajaran, Rekayasa Batu dan Beton

Full Text:

PDF

References


Andayani. Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran, Universitas Terbuka, Jakarta, 2011.

Prastowo, Andi. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif, Diva Press, Yogyakarta, 2012.

Pribadi, Benny. Media & Teknologi dalam Pembelajaran, PT Balebat Dedikasi Prima, Jakarta, 2017.

Arsyad, Azhar. Media Pembelajaran, PT.Rajagrafindo Persada, Jakarta, 2014.

Hutchinson, T., Waters, A. English for Specific Purposes: A learning centered Approach. Cambridge: Cambridge University Press, 1987.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Rineka Cipta., Jakarta, 2014.

Mulyasa, Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan, PT. Remaja Rosadakrya, Bandung, 2006.

Althof, W., & Berkowitz, M. W. Moral education and character education: Their relationship and roles in citizenship education. Journal of Moral Education, 35(4),495–518, 2006. https://doi.org/10.1080/03057240601012204

Ali, M. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Mata Kuliah Medan Elektromagnetik” Jurnal Edukasi Elektro Vol. 5, No 1, 11-18, 2009.

Made, Wena. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional., PT. Bumi Aksara. Jakarta, 2009.

Januszewski, Alan and Molenda, Michael. Educational Technology, A Difinition With Commentary, Lawrence Erlbaum Associates, Taylor & Francis Group, New York, 2008.

Newby, T.J. et al. Educational Technology for Teaching and Learning.Upper Saddle River, NJ: Pearson Merrill Prentice Hall, 2006. http://books.google.co.id

Arief, S. Sadiman dkk. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2005.

Kemp, J. E., dan Dayton, D. K. Planning and Producing Instructional Media (Fifth Edition), Harper & Row, Publishers, New York, 1985.

H. Asnawir and M. B. Usman, Media Pembelajaran, Ciputat Pers, Jakarta, 2002.

Songhori, M.H. Introduction to Needs Analysis. English for Specific World, 2008.

Richards, J. and Rodgers, T.S. Approaches and Methods in Language Teaching, Cambridge University Press, Cambridge, 2001.




DOI: https://doi.org/10.24036/cived.v8i1.112002

Copyright (c) 2021 Nidal Zuwida, Laras Oktavia Andreas, Yuwalitas Gusmareta

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.