Analisis Faktor Aspek Material dan SDM yang Terdampak Pandemi Covid-19 Pada Proyek Konstruksi (Studi Kasus: Satuan Kerja Balai Teknik Perkeretaapian Jawa Timur)

Nurul Fitria Apriliani, Wahyu Tamtomo Adi, Dadang Sanjaya Atmaja

Abstract


Penelitian yang berjudul analisis faktor-faktor aspek material dan Sumber Daya Manusia (SDM) yang terdampak pandemi Covid-19 di proyek satuan kerja Balai Teknik Perkeretaapian (BTP) Jawa Timur ini bertujuan mengetahui faktor-faktor SDM apa saja yang terdampak pandemi Covid-19 di Proyek Satuan Kerja BTP Jawa Timur. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan mengunakan analisis statistika dengan analisis faktor . Metode pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan kuisioner dengan jumlah responden sebanyak 30 orang yang merupakan pekerja proyek pada satuan kerja BTP Jawa Timur pada masa pandemi Covid-19 . Pengolahan data dilakukan dengan program SPSS versi 24.0. Aspek yang dianalisis dalam penelitian ini adalah aspek Material dan SDM. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa faktor pada aspek SDM yang dominan terdampak pandemi Covid-19 di proyek satuan kerja BTP Jawa Timur adalah ketersediaan  tenaga kerja. Sedangkan faktor pada aspek material yang dominan terdampak  adalah proses mobilisasi peralatan dan alat berat


Keywords


Analisis Faktor, Material, Pandemi Covid-19, Balai Teknik Perkeretaapian Jawa Timur

Full Text:

PDF

References


Ghozali,Imam. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang:UNDIP (2009).

Sugiyono. Statistik untuk Penelitian, Yogyakarta: Alfabeta (2019)

V.Wiratna Sujarweni. SPSS untuk penelitian. yogyakarta :pustaka baru press.(2014)

Fitriani,Ratih. Mengintip Panduan Pengendalian Covid-19 sektor konstruksi oleh OSHA dalam buletin Konstruksi. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat ,Direktorat Jenderal Bina Konstruksi Edisi 4 (2020).




DOI: https://doi.org/10.24036/cived.v8i1.111397

Copyright (c) 2021 Nurul Fitria Apriliani, Wahyu Tamtomo Adi, Dadang Sanjaya Atmaja

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

PENERBIT : UNIVERSITAS NEGERI PADANG

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat:
Jalan Hamka  Padang. Indonesia
email: sipil@ft.unp.ac.id