Analisa Kelayakan Finansial Kereta Bandara Udara Internasional Radin Inten II Lampung Selatan dengan Pembangunan Double Track

Nurmagita Pamursari, Ananda Agneshia Putri

Abstract


Semakin meningkatnya pertumbuhan penduduk di Lampung berdampak pula dengan peningkatan  kuantitas penumpang yang menggunakan Bandara Internasional Raden Intan II Lampung Selatan. Oleh karena itu sangat dibutuhkan fasilitas penunjang yang bukan hanya mempermudah perjalanan namun yang paling penting adalah ketepatan waktu.upaya pengembangan yang sedang dilakukan adalah membangun transportasi kerata bandara di Kota Bandar Lampung menuju Bandara Internasional Raden Inten II yang telah bertaraf Internasional. Pada penelitian sebelumnya sudah dianalisa terkait rencana pembangunan sistem operasi kereta ini untuk mengetahui layak atau tidak sebenarnya pembangunan sistem operasi kereta bandara ini terhadap aspek teknis, operasional ekonomi dan juga finansial dengan menggunakan jalur eksisting. Dan hasil analisis menunjukan skenario penggunaan jalur eksisting dapat mengganggu perjalanan kereta api yang sudah ada. Oleh karena itu pada penelitian ini penulis menganalisa kelayakan investasi dengan skenario penambahan jalur kereta.Adapun berdasarkan hasil yang diperoleh terhadap parameter-parameter kelayakan yang dipakai menunjukkan hanya pada analisis kelayakan finansial  nilai tertinggi NPV: Rp. 362,085,551,542 > 0, BCR: 0,269, < 0, serta IRR: 6.51% payback periode 19 tahun, Dapat disimpulkan hanya pada skenario optimis menunjukkan bahwa semua parameter investasi layak untuk digunakan.


Keywords


Kelayakan, finansial, double track, kereta bandara

Full Text:

PDF

References


Agus Ristono, Puryani. 2011. Ekonomi Teknik. Edisi Pertama. Yogyakarta, Graha Ilmu.

A.Ikhsan Karim, 2013. Perencanaan Emplasemen Bekry Sepanjang 1500 Meter Lintas Tanjung Karang-Kotabumi. Jurnal Teknik Sipil, Universitas Lampung

Badan Pusat Statistik Provinsi Lampung 2019. Data Jumlah Penduduk di Lampung: Lampung: Berita Resmi Statistik.

Badan Pusat Statistik Tranportasi Lampung 2018. Data Jumlah Kereta Api di Provinsi Lampung: Berita Resmi Statistik.

Badan Pusat Statistik Tranportasi Lampung 2019. Data Produk Domestik Regional Bruto Provinsi Lampung: Berita Resmi Statistik.

Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Jakarta. 2015. Penyiapan Dokumen Proyek Investasi Outline Business Case and Project Monorail Batam. Laporan Rancangan Kajian Akhir.

Clara Virena Gustinan. 2017. Analisa Kelayakan Ekonomi dan Finansial Kereta Bandara Tanjung Karang-Radein Inten II. Skripsi, Universitas Lampung.

Fazlina, Aleksander, Amril. 2019. Analisis Kelayakan Finansial Pada Proyek Pembangunan Kereta Api Jalur Ganda Gedebage-Cicalengka. Jurnal Teknik Sipil, Universitas Lampung.

Ghavi Yuda Sefaji, Soedwiwahjono, Kuswanto Nurhadi. 2018. Kesiapan Aksesbilitas Stasiun Solo Balapan dalam Melayani Trayek Kereta Api Penghubung Bandara Adi Soematmo dan Kota Surakarta. Jurnal Fakultas Teknik, Universitas Sebelas Maret.

Hendra Taufik, Nulvi Rizaldi. Analisa Kelayakan Ekonomi Pembangunan Jalur Kereta Api Minangkabau International Airport (MIA) Sumatera Barat. Jurusan Teknik Sipil, Universitas Riau, Pekanbaru.

Hemanto Dwiatmoko. 2016. Perencanaan Pembangunan Kereta Api. Jakarta: Kencana Predamedia Group.

Herman. 2016. Kajian Awal Kelayakan Finansial Investasi Jalan Rel. Jurnal Teknik Sipil, Insititut Teknologi Nasional, Bandung.

Kevin Andrea dan Ervina Ahyudanari. 2018. Kelayakan Finansial Kereta Bandara New Yogyakarta International Airport dengan Analisis Sesitivitas Terhadap Perubahan Kebutuhan Lahan. Jurnal Teknik Sipil, Insititut Teknologi Sepuluh November..

Nurmagita Pamursari, 2019. Analisis Invetasi Pembangunan Jalur Ganda Kereta Api Tanjung Karang – Kertapati. Tesis Teknik Sipil. Universitas Lampung

Oldebes Temy Giantatara.2018. Analisis Ekonomi dan Finansial Kereta Cepat Jakarta-Bandung. Jurnal Teknik Sipil, Universitas Lampung

Penyusunan Dokumen Kajian Kereta Api di Provinsi Lampung. 2018. Policy Paper.

Rindri Mutohir, Dwi Herianto, Priyo Pratomo. 2017. Perencanaan Moda Transportasi Umum Berbasis Kereta Api Rute Tanjung Karang-Bandara Radin Inten II. Jurnal Teknis Sipil. Universtitas Lampung

Siagian, Rizky Torang Surya. 2015. Analisis Awal Kelayakan Ekonomi dan Finansial dalam Perencanaan Monorel Kota Medan. Jurnal Simposium Internasional FSTPT Universitas Lampung.




DOI: https://doi.org/10.24036/cived.v7i3.110343

Copyright (c) 2020 Nurmagita Pamursari, Ananda Agneshia Putri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

PENERBIT : UNIVERSITAS NEGERI PADANG

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat:
Jalan Hamka  Padang. Indonesia
email: sipil@ft.unp.ac.id