Pola Rantai Pasok Material Pada Proyek Renovasi Sarana dan Prasarana Sekolah Kabupaten Pasaman Barat

Gusni Vitri

Abstract


Rantai Pasok material akan mempengaruhi kualitas suatu proyek konstruksi dari segi waktu, mutu dan biaya. Pasokan material konstruksi antara lain dipengaruhi oleh ketersediaan material, jarak pengangkutan, perbedaaan harga, situasi lokasi proyek. Proyek Renovasi Sarana dan Prasarana sekolah di Kabupaten Pasaman Barat, mulai dilaksanakan pada bulan februari 2020. Lokasi proyek menyebar di 15 (lima belas) titik di seluruh Kabupaten Pasaman Barat. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui jarak dan waktu tempuh lokasi proyek dari sumber material, pola distribusi material serta pola rantai pasok material yang di terapkan oleh Kontraktor. Pengambilan data dilakukan dengan observasi lapangan, wawancara dan studi pustaka serta data-data sekunder proyek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jarak dan waktu tempuh dari lokasi material kota padang ke lokasi terjauh proyek sepanjang 245 km dengan waktu tempuh 238 menit. Jarak distribusi material terjauh dari gudang 1 sepanjang 76 km dengan waktu tempuh 120 menit sedangkan dari lokasi gudang 2, jarak tempuh terjauh 42 km dengan waktu tempuh 75 menit. Pola distribusi material alam lokal, langsung dari quarry ke lokasi pekerjaan, sedangkan untuk material pabrikasi dengan sistem dropship ke gudang sebelum di antar ke lokasi pekerjaan. Pola rantai pasok material adalah pola umum sampai organisasi tingkat 4.        


Keywords


Rantai Pasok, Material Konstruksi, Distribusi Material, Renovasi Sekolah, Pasaman Barat

Full Text:

PDF

References


Kementerian Pekerjaan Umum RI. Harmonisasi Rantai Pasok Konstruksi (konsepsi, inovasi dan aplikasi di Indonesia). Buku Konstruksi Indonesia, Jakarta (2012)

Steven, Richard Ch Ali dan Ratna Setiawardani Alifen. Studi Penerapan Manajemen Rantai Pasok Pengadaan Material Proyek Konstruksi. Jurnal Dimensi Pratama Teknik Sipil Vol. 6 No. 2 Hal. 217-223. (2017)

Utomo, J.D.H dan Frida Kristiani. Model Simulasi Risiko Rantai Pasok Material Proyek Konstruksi Gedung. Media Komunikasi Teknik Sipil, Vol 23, No. 1, 2017, Halaman 1-13. (2017)

Sugiyono. 2013. Cara Mudah Menyusun Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Alfabeta, Bandung. (2013)

Pandarangga,Adi; Wibowo, M.Agung; Dwihatmoko, Jati Utomo. “Studi Pola Rantai Pasok Konstruksi pada proyek Jalan dan Jembatan Kabupaten (Studi Kasus pada Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Sumba Timur)”. (2015)

Pribadi Khrishna, Fatima I, Yustiarini D. “Identifikasi Rantai Pasok dalam Industi Konstruksi Indonsia untuk Pengembangan Sistem Manajemen Mutu”, Jurnal Teknik Sipil ITB Vol 14. No.4. Bandung. (2007)

Soeharto, I. Manajemen Proyek. Erlangga, Jakarta. (1995)

Pujawan, I. N., & ER, M. (2010). Supply Chain Management (Vol. 2), Guna Widya, Surabaya.

Maulani . F, Akhmad Suraji dan Bambang Istijono. Analisis Struktur Rantai Pasok Kontruksi Pada Pekerjaan Jembatan. Jurnal Rekayasa Sipil Vol. 10 No. 2. Hal. 1-8. (2014)




DOI: https://doi.org/10.24036/cived.v7i3.109802

Copyright (c) 2020 Gusni Vitri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

PENERBIT : UNIVERSITAS NEGERI PADANG

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat:
Jalan Hamka  Padang. Indonesia
email: sipil@ft.unp.ac.id