KESIAPAN MAHASISWA BEKERJA SEBAGAI GURU (STUDI KASUS DI UNIVERSITAS NEGERI PADANG)
Abstract
Abstrak—Penelitian ini berawal dari sedikitnya mahasiswa lulusan Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negri Padang bekerja sebagai guru. Tujuan penelitian ingin mengetahui kesiapan mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan UNP bekerja sebagai guru tahun masuk 2015 ditinjau dari faktor-faktor yang mempengaruhi kesiapan. Penelitian ini merupakan deskriptif jumlah populasi 56 orang mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan tahun masuk 2015 yang telah melakukan PPLK. Sampel sebanya 56 orang mahasiswa diambil dengan teknik total sampling karena populasi kurang dari 100, pengumpulan data mengunakan angket dengan Skala Likert terdiri dari 5 pilihan jawaban. Uji coba penelitian dilakukan kepada 30 orang mahasiswa tahun masuk 2014. Jumlah pernyataan angket penelitian 32 Butir. Hasil penelitian mengungkapkan kesiapan mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan UNP bekerja sebagai guru ditinjau dari faktor-faktor yang mempengaruhi kesiapan sebagai berikut. Sub indikator bakat kategori siap, Sub indikator minat kategori cukup, Sub indikator motivasi kategori siap, Sub indikator menyikapi kategori siap, Sub indikator lingkungan keluarga kategori siap, Sub indikator kondisi ekonomi kategori cukup, Sub indikator lingkungan sekolah kategori siap.
baik.Kata Kunci: kesiapan, mahasiswa , Teknik Bangunan, bekerja sebagai guru.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24036/cived.v6i4.106895
Copyright (c) 2019 M. Ihsan Maulana, Iskandar G. Rani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.