KESIAPAN MAHASISWA BEKERJA SEBAGAI GURU (STUDI KASUS DI UNIVERSITAS NEGERI PADANG)

M. Ihsan Maulana, Iskandar G. Rani

Abstract


AbstrakPenelitian ini berawal dari sedikitnya mahasiswa lulusan Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negri Padang bekerja sebagai guru. Tujuan penelitian ingin mengetahui kesiapan mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan UNP bekerja sebagai guru tahun masuk 2015 ditinjau dari faktor-faktor yang mempengaruhi kesiapan. Penelitian ini merupakan deskriptif jumlah populasi 56 orang mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan tahun masuk 2015 yang telah melakukan PPLK. Sampel sebanya 56 orang mahasiswa diambil dengan teknik total sampling karena populasi kurang dari 100, pengumpulan data mengunakan angket dengan Skala Likert terdiri dari 5 pilihan jawaban. Uji coba penelitian dilakukan kepada 30 orang mahasiswa tahun masuk 2014. Jumlah pernyataan angket penelitian 32 Butir. Hasil penelitian mengungkapkan kesiapan mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan UNP bekerja sebagai guru ditinjau dari faktor-faktor yang mempengaruhi kesiapan sebagai berikut. Sub indikator bakat  kategori siap, Sub indikator minat  kategori cukup, Sub indikator motivasi  kategori siap, Sub indikator menyikapi  kategori siap, Sub indikator lingkungan keluarga  kategori siap, Sub indikator kondisi ekonomi  kategori cukup, Sub indikator lingkungan sekolah  kategori siap.

baik.Kata Kunci: kesiapan, mahasiswa , Teknik Bangunan, bekerja sebagai guru.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24036/cived.v6i4.106895

Copyright (c) 2019 M. Ihsan Maulana, Iskandar G. Rani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.