PEMANFAATAN LIMBAH CANGKANG KELAPA SAWIT MENJADI BRIKET ARANG SEBAGAI BAHAN BAKAR ALTERNATIF

Yaumal Arbi, Muhammad Irsad

Abstract


Biomassa yang dapat diolah menjadi energi terbarukan salah satunya limbah cangkang kelapa sawit. Limbah kelapa sawit ini menimbulkan adanya masalah lingkungan seperti: estetika lingkungan, penyempitan lahan dan bisa menjadi sumber  penyakit. Pengolahan limbah cangkang kelapa sawit dapat dilakukan dengan menjadikan limbah cangkang menjadi briket. Briket dapat menggantikan minyak tanah, pembuatan briket menggunakan bahan perekat yang mengandung pati, selain tepung tapioka bahan yang dapat dimanfaatkan menjadi perekat salah satunya adalah tepung kanji. Pembuatan briket arang ini di lakukan dengan beberapa variasi Metoda yang digunakan pada penelitian ini adalah gravimetri untuk pengujian kadar air dan abu, metoda Bomb Calorimeter untuk pengujian nilai kalori. Dari penelitian ini dengan 3 macam variasi komposisi campuran yaitu 95%:5%, 90%:10%, 85%:15% dengan urutan arang cangkang : tepung kanji. Maka didapatkan semua komposisi briket ini masih dibawah atau lebih bagus dari standar kualitas briket sesuai SNI 01-6325-2000. Masing-masing campuran briket memiliki pengaruh terhadap kualitas briket untuk kadar air, kadar abu dan nilai kalori pada briket kulit kakao tersebut. Briket yang paling bagus dilihat dari parameter diatas adalah dengan campuran 90% arang cangkang dan 10% perekat

Full Text:

PDF

References


Zumaro, A. R., & Arbi, Y. (2017). Perancangan Reaktor Biogas Di Uptd Pasar Ternak Palangki. Padang: Jurnal sains dan Teknologi sttind padang. Retrieved from http://ojs.sttind.ac.id/ojs/index.php/Sain/articl e/view/61

R. A. Simanjuntak and R. Abdullah, “Tinjauan Sistem dan Kinerja Manajemen Keselamatan & Kesehatan Kerja Tambang Bawah Tanah CV. Tahiti Coal, Talawi, Sawahlunto, Sumatera Barat,” J. Bina Tambang, vol. 3, no. 4, 2017.

W. Hidayat, R. Abdullah, and M. Murad, “Evaluasi Waktu Kerja Efektif Alat Gali Muat dalam Rangka Meningkatkan Pendapatan dari Harga Penjualan Batubara pada PT. Britmindo site Bukuan, Kecamatan Palaran, Kota Samarinda, Kalimantan Timur.,” Bina Tambang, vol. 3, no. 1, pp. 457–469, 2018.

Fitra Rifwan (2012). “Studi Evaluasi EefektifitasPenggunaan Jalur Evakuasi Pada Zona Berpotensi Terkena Bencana Tsunami di Kota Padang”, Tesis Pascasarjana Universitas Andalas. Padang.

Mulyadi, M. (2009). “Studi Prilaku Masyarakat Kota Padang Terhadap Gempa Yang Berpotensi Tsunami”, Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Andalas, Padang.

Radianta Triatmadja (2011) “ Tsunami:Kejadian, Penjalaran, Daya Rusak dan Mitigasinya”, Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.

Tommy Ilyas, 2006, ”Mitigasi Gempa dan Tsunami Di daerah Perkotaan”, Journal Geotechnical and Geoenvironment Engineering, Vol. 130, March 1 2004.

Arbi, Y., Aidha, E., & Deflianti, L. (2018). ANALISIS NILAI KALORI BRIKET TEMPURUNG KELAPA SEBAGAI BAHAN BAKAR ALTERNATIF DI KECAMATAN SIPORA UTARA KABUPATEN MENTAWAI. Jurnal Pendidikan Teknologi Kejuruan, 1(3), 119-123. Retrieved from http://jptk.ppj.unp.ac.id/index.php/jptk/article/view/178




DOI: https://doi.org/10.24036/cived.v5i4.102724

Copyright (c) 2018 Yaumal Arbi, Muhammad Irsad

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

PENERBIT : UNIVERSITAS NEGERI PADANG

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat:
Jalan Hamka  Padang. Indonesia
email: sipil@ft.unp.ac.id