PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MEKANIKA TEKNIK SISWA KELAS X BISNIS KONSTRUKSI DAN PROPERTI SMKN 2 SOLOK

Nuzulul Joreateta Bangun, Rijal Abdullah, Indrati Kusumaningrum

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh model pembelajaran contextual teaching and learning terhadap peningkatan hasil belajar Mekanika Teknik Siswa Kelas X Bisnis Konstruksi dan Properti SMKN 2 Solok. Jenis penelitian ini adalah penelitian Eksperimen dengan desain Quasy Eksperimental dalam bentuk Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa Teknik Bangunan yang berjumlah 119 orang. Sampel penelitian terdiri dari 2 kelas yaitu X BKP 1 berjumlah 19 orang siswa dan X BKP 2 berjumlah 18 orang siswa diambil menggunakan teknik cluster. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kelas yang diberi perlakuan dengan model contextual teaching and learning mengalami peningkatan nilai rata-rata hasil belajar Mekanika Teknik yang lebih tinggi yakni 71,32 sementara pada kelas yang tidak diberi perlakuan khusus hanya memiliki rata-rata 63,62. Hasil dari uji hipotesis menunjukkan t hitung 2,096 > t tabel 2,0315 sehingga Ha diterima, jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran  Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap peningkatan hasil belajar Mekanika Teknik Siswa Kelas X Bisnis Konstruksi dan Properti SMKN 2 Solok.

Full Text:

PDF

References


Agus Suprijono. Cooperative Learning: teori dan praktik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar (2012)

Abu Ahmadi & Widodo. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta (2013)

Nana Sudjana. Penilaian Hasil Belajar dan Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosdakarya (2011)

Oemar Hamalik. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara (2004)

Doni,Sindu, et al. Evaluasi Pendidikan. Surabaya: Beta (2014)

Rusman. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali (2012)

Tukiran, Efi & Sri Model-model Pembelajaran Inovatif dan Efektif. Bandung: Alfabeta (2015).

Wina Sanjaya. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group (2006).

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan.. Bandung: Alfabeta (2017)

Suharsimi Arikunto. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta (2010)

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta (2012)

Suharsimi Arikunto. Prosedur Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta (2010) [13] Elysna Dwi Astuti. “Pengaruh Strategi Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbantuan Video Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa kelas IV SDN 05 Jaruai Kota Padang”. Skripsi. Universitas Negeri Padang. (2017)

Kasmawati. “Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X IPA MAN 1 Makassar”. Skripsi. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. (2017)

Zulhendra. “Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Mata Diklat Dasar-Dasar Gambar Teknik Pada Siswa Kelas X Jurusan Teknik Gambar Bangunan di SMK Negeri 1 Padang”. Skripsi. Universitas Negeri Padang. (2017)

Zulafatah Ahmad, Revian Body, Rusnardi Ramad Putra. “Pengaruh Penggunan Metode Ceramah Berkombinasi Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Mekanika Teknik Siswa Jurusan Teknik Bangunan SMK Negeri 1 Tanjung Raya”. CIVED ISSN 2302-3341 Vol 2, Nomor 2, Juni. pp. 661670. Universitas Negeri Padang. (2015)

Ranny Yulia, M. Husni, Juniman Silalahi. “Pengaruh Penggunaan Media Model Terhadap Hasi Belajar Ilmu Bangunan Gedung Kelas X Teknik Bangunan SMKN 1 Padang”. CIVED ISSN 2302-3341 Vol 1, Nomor 1, Maret. pp. 83-91. Universitas Negeri Padang. (2013)

Ade Dwinta, Revian Body, Prima Yane Putri. “Perbedaan Hasil Belajar Statika Berdasarkan Strategi Pembelajaran Inkuiri dan Konvensional Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Bukittinggi”. CIVED ISSN 2302-3341 Vol 2, Nomor 2, Juni pp. 366-373. Universitas Negeri Padang. (2014)

Fadli Chandra, Fahmi Rizal, Zulfa Eff Uliras. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Terhadap Hasil Belajar Statika




DOI: https://doi.org/10.24036/cived.v5i3.102501

Copyright (c) 2018 Nuzulul Joreateta Bangun, Rijal Abdullah, Indrati Kusumaningrum

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.