HUBUNGAN MINAT BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR ILMU UKUR TANAH SISWA KELAS X JURUSAN TEKNIK KONSTRUKSI BATU DAN BETON SMKN 5 PADANG

Januardy Ilham, Totoh Andayono

Abstract


-Salah satu faktor yang memengaruhi hasil belajar adalah minat belajar.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan yang positif dan signifikan antara minat belajar dengan hasil belajar Ilmu Ukur Tanah siswa Kelas X Jurusan Teknik Konstruksi Batu dan Beton di SMKN 5 Padang.Metode penelitian ini adalah korelasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi nilai Ujian Akhir Semester. Teknik Analisis yang digunakan adalah korelasi Product Moment. Uji prasyarat dan uji hipotesis menggunakan aplikasi SPSS Versi 17.Hasil penelitian menunjukan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara minat belajar dengan hasil belajar Ilmu Ukur Tanah siswa Kelas X Jurusan  Teknik Konstruksi Batu dan Beton di SMKN 5 Padang. Hal ini dibuktikan dengan koefisien korelasi lebih besar dari r tabel yaitu 0.489 > 0.413 dan nilai signifikansi 0.018 < 0.05.

Full Text:

PDF

References


Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sudjana, Nana. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar.Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Hamalik, Oemar. 2012. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Syah, Muhibbin. 2012. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Basuki, Slamet. 2012. Ilmu Ukur Tanah. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Ardishan, Gregorius Dyatmika. 2014. “Hubungan Minat Belajar Terhadap Kualitas Hasil Belajar Siswa Jurusan Teknik Otomotif di SMK N 3 Yogyakarta”. Skripsi: Universitas Negeri Yogyakarta.

Aromsari, Rita. 2016. “Hubungan Minat Belajar dengan Prestasi Belajar Pengantar Pariwisata pada Siswa Kelas X Program Keahlian Tata Busana di SMK Negeri Wonosari”. Skripsi: Universitas Negeri Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.24036/cived.v5i3.102498

Copyright (c) 2018 Januardy Ilham, Totoh Andayono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

PENERBIT : UNIVERSITAS NEGERI PADANG

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat:
Jalan Hamka  Padang. Indonesia
email: sipil@ft.unp.ac.id