STUDI PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA TAMATAN SMK DENGAN TAMATAN SMA PADA MATA KULIAH REKAYASA BATU DAN BETON TAHUN MASUK 2015-2016

Farid Muharman, Nurhasan Syah, Oktaviani Oktaviani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan prestasi belajar mahasiswa tamatan SMK dengan tamatan SMA pada mata kuliah Rekayasa Batu dan Beton Pogram Studi Pendidikan Teknik Bangunan Jurusan Teknik Sipil FT-UNP. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jumlah populasi 167 orang mahasiswa Program Studi Pendidikan Bangunan tahun masuk 2015-2016. Sampel penelitian sebanyak 118 orang mahasiswa diambil menggunakan teknik Proportional Random Sampling. Data yang digunakan adalah data sekunder yaitu data mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan yang diminta langsung pada administrasi jurusan dan nilai Rekayasa Batu dan Beton yang diminta langsung kepada dosen yang bersangkutan. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata mahasiswa tamatan SMK 82,63, mahasiswa tamatan SMA 84,15. Hasil dari uji hipotesis menunjukan nilai  sig.(2-tailed) 0,134 > 0,05 serta nilai t hitung 1,508 < t tabel 1,98 sehingga Ho diterima, jadi dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang berarti antara prestasi belajar mahasiswa tamatan SMK dengan mahasiswa tamatan SMA pada mata kuliah Rekayasa Batu dan Beton.
 

Full Text:

PDF

References


Pemerintah Indonesia. Undang-undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Sekretariat Negara. Jakarta. (2003).

Slameto. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta. (2010)

Sardiman. Interaksi dan Motivasi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers. (2010)

Winkel. Psikologi Pengajaran. Jakarta: PT Gramedia Widiarasana Indonesia. (1996).

Muhibbin Syah. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. (2005).

Zulfa Eff. Petunjuk Praktek Batu Beton. Padang: UNP Press. (2012).

Pemerintah Indonesia. Peraturan Pemerintah No. 17 pasal 1 Tahun 2010 Tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan. Sekretariat Negara. Jakarta. (2010).

Sugiyono. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: ALFABETA. (2017).

Prayudi Ariesky, M. Husni, Zulfa Eff Uli Ras. “Studi Perbandingan Hasil Belajar Mahasiswa yang Berasal dari SMK dengan SMA pada Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang”. CIVED ISSN 2302-3341 Vol. 1, Nomor 1, Maret. pp. 77-82. Universitas Negeri Padang. (2013).

Hafero Pumicia, Maryati Jabar, Zahrul Harmen. “Perbedaan Hasil Belajar Mata Kuliah Konstruksi Gambar Bangunan Mahasiswa Jurusan Teknik Sipil FT-UNP”. CIVED ISSN 2302-3341 Vol. 3, Nomor 3, September. pp. 712-721. Universitas Negeri Padang. (2015).




DOI: https://doi.org/10.24036/cived.v5i3.102497

Copyright (c) 2018 Farid Muharman, Nurhasan Syah, Oktaviani Oktaviani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

PENERBIT : UNIVERSITAS NEGERI PADANG

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat:
Jalan Hamka  Padang. Indonesia
email: sipil@ft.unp.ac.id