KONTRIBUSI KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU UKUR TANAH SISWA KELAS X JURUSAN TEKNIK BANGUNAN SMKN 5 PADANG
Fahmi Fahmi, Iskandar G Rani, Prima Zola
Abstract
Penelitianini dilakukan di SMKN 5 Padang dan dilatarbelakangi oleh banyaknya siswa Kelas X Jurusan Teknik Bangunan yang mendapat nilai di bawah KKM pada mata pelajaran Ilmu Ukur Tanah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar kontribusi kebiasaan belajar terhadap hasil belajar Ilmu Ukur Tanah Siswa Kelas X. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah siswa Kelas X sebanyak 77 orang. Sampel penelitian sebanyak 44 siswa diambil menggunakan teknik proporsionalrandom sampling. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Data primer dikumpulkan melalui angket yang disebarkan kepada sampel/responden penelitian. Data sekunder berupa nilai UAS siswa Kelas X Jurusan Teknik Bangunan. Teknik analisis data yang digunakan adalah: (1) Analisis deskriptif, (2) Uji persyaratan analisis, yang terdiri dari uji normalitas dan uji linieritas untuk membuktikan bahwa sebaran data berasal dari sampel yang berdistribusi normal dan linear, dan (3) Uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkanbahwa terdapat hubungan padatingkat sedang dan terdapat kontribusi kebiasaan belajar terhadap hasil belajar Ilmu Ukur Tanah siswa Kelas X Jurusan Teknik Bangunan SMKN 5 Padang sebesar 26,42%.
References
Farino Pyanto. (2016). Perbedaan Kebiasaan Belajar Dasar-Dasar Gambar Teknik Antara Siswa Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMKN 1 Sumatera Barat Yang
Tinggal Di Asrama Dengan Yang Tidak Tinggal Di Asrama. Skripsi: Universitas Negeri Padang.
Syaiful Bahri Djamarah. (2011). Psikologi Belajar (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.
Muhammad Irham dan Novan Ardy Wiyani. (2016). Psikologi Pendidikan (Teori dan Aplikasi dalam Proses Pembelajaran). Jogjakarta: Ar-Ruzz Media
Nana Sudjana (2011b). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya (Edisi Revisi). Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Dimyati dan Mudjiono. (2002). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Djaali. (2017). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Aunurrahman.(2011).Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Nana Sudjana. (2011a). Dasar-dasar Proses BelajarMengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo
Slamet Basuki. (2012). Ilmu Ukur Tanah (Edisi Revisi). Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Mart Budiono Dkk. (1999). Ilmu Ukur Tanah. Bandung: Angkasa
Sugiyono (2017b). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
DOI:
https://doi.org/10.24036/cived.v5i3.102496
Copyright (c) 2018 Fahmi Fahmi, Iskandar G Rani, Prima Zola
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution 4.0 International License.
PENERBIT : UNIVERSITAS NEGERI PADANG
Alamat:
Jalan Hamka Padang. Indonesia
email: sipil@ft.unp.ac.id