KONTRIBUSI BIMBINGAN GURU PAMONG TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN MAHASISWA PPLK PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN JURUSAN TEKNIK SIPIL FT UNP SEMESTER JULI-DESEMBER 2017
Fachmil Muhammad, Iskandar G Rani, Oktaviani Oktaviani
Abstract
Salah satu pendukung keberhasilan Progam Pengalaman Lapangan Kependidikan (PPLK) adalah bimbingan dari guru pamong. Penelitian ini berawal dari kendala yang dialami mahasiswa PPLK dalam hal bimbingan dengan guru pamong pada saat melaksanakan PPLK. Melihat permasalahan yang ada, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar kontribusi bimbingan guru pamong terhadap proses mengajar mahasiswa PPLK.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan jumlah populasi sebanyak 53 orang mahasiswa yang sudah melaksanakan PPLK di sekolah latihan pada semester Juli-Desember 2017. Sampel yang diambil seluruh populasi dengan menggunakan teknik total sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket dengan skala Likert yang terdiri dari 5 buah pilihan jawaban dan 33 butir pernyataan positif-negatif. Data yang didapat dari angket diolah menggunakan program SPSS versi 22,00.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat kontribusi bimbingan guru pamong terhadap proses pembelajaran mahasiswa PPLK, hal tersebut ditunjukkan oleh nilai koefisien korelasi bimbingan guru pamong dengan proses pembelajaran mahasiswa PPLK sebesar 0,798 dan sumbangan efektif bimbingan guru pamong 62% terhadap proses mengajar mahasiswa.
References
Pemerintah Indonesia. Undang-undang No. 14 Tahun 2005 Tentang Guru danDosen. Sekretariat Negara. Jakarta. (2005)
PeraturanPemerintahNomor 74 Tahun 2008 tentang Guru
Tim PLK UNP. Pedoman Pelaksanaan dan Penilaian Program Pengalaman Lapangan Kependidikan. Padang: UNP (2017)
Prayitno, Dasar-dasarBimbingandanKonseling. Jakarta: RhinekaCipta(1994).
Widodo Supriyono. Psikologi Belajar. Jakarta: Rhineka Cipta (2004)
Wardani&Anah S. Suparno. Program PengalamanLapangan (PPL). Jakarta: DirjendiktiDepdikbud (1994)
Yuhendri. 2014. Penguasaan Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa Selama Mengikuti Program Pengalaman Lapangan Kependidikan (PPLK) Menurut Persepsi Guru Pamong Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan FT UNP.CIVED ISSN 2302-3341 (Vol. 2 No. 2)
Andriani Utami. 2015. Persepsi Mahasiswa PPLK Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang Terhadap Bimbingan Guru Pamong. CIVED ISSN 2302-3341(Vol. 3 No. 3)
Nasution. DidaktikAsas-asasMengajar. Jakarta: PT BumiAksara (2012)
Nana Sudjana. Dasar-dasar Proses BelajarMengajar. Bandung: SinarBaru Algesindo (2011) [11] OemarHamalik. Proses BelajarMengajar. Jakarta: PT BumiAksara(2004) [12] Aldo Septa Johannes. 2018. Kemampuan Mengajar Mahasiswa PPLK Menurut Persepsi Guru Pamong Pada Program Keahlian Teknik Bangunan SMK di Kota Padang Tahun Ajaran 2016/2017. CIVED ISSN 2302-3341 (Vol. 5 No. 2)
Zainal Asri. Micro Teaching. Jakarta: RajawaliPers (2012)
Riduwan. Cara MenggunakandanMemakai Path Analysis (AnalisisJalur). Bandung: Alfabeta (2012)
DOI:
https://doi.org/10.24036/cived.v5i3.102495
Copyright (c) 2018 Fachmil Muhammad, Iskandar G Rani, Oktaviani Oktaviani
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution 4.0 International License.
PENERBIT : UNIVERSITAS NEGERI PADANG
Alamat:
Jalan Hamka Padang. Indonesia
email: sipil@ft.unp.ac.id