HUBUNGAN HASIL BELAJAR MMK DENGAN KEMAMPUAN MENGAJAR MAHASISWAPLK FT-UNP

Endang Suziana, Nurhasan Syah, Oktaviani Oktaviani, Fahmi Rizal

Abstract


Latar belakang masalah penelitian adalah, beberapa guru pamong berpandangan bahwa mereka kurang puas terhadap kemampuan mengajar mahasiswa Praktek Lapangan Kependidikan (PLK). Sebagai mata kuliah prerequisite seharusnya mata kuliah Metode Mengajar Khusus (MMK) berpengaruh pada kemampuan mengajar mahasiswa PLK, namun kenyataan umumnya nilai mata kuliah MMK yang tinggi tidak sejalan dengan kemampuan mengajar mahasiswa PLK yang dianggap tidak mumpuni oleh para guru pamong. sehingga peneliti tertarik untuk melakukan penelitian yang bertujuan untuk mengungkapkan hubungan antara hasil belajar MMK dengan kemampuan mengajar mahasiswa PLK FT UNP pada semester Januari-Juni 2018 di SMKN 1 Padang, SMKN 5 Padang, SMKN 1 Sumbar.Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional. Pengambilan sampel menggunakan total sampling dengan jumlah sampel 40 responden. Penelitian menggunakan instrumen angket sebagai variabel bebas yang memakai skala likert.Jumlah item dalam lembar angket adalah 50 item yang disebar kepada guru pamong pada saat penelitian.Instrumen penelitian menggunakan indikator kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional.Hasil penelitian menunjukkan variabel hasil belajar MMK dan kemampuan mengajar mahasiswa PLK tidak memiliki hubungan yang signifikan. Hal itu  terbukti dari hasil analisis data rhitung 0,123 dan rtabel 0,312. Apabila rhitung  < rtabel, ini berarti Ho diterima dan Ha ditolak maka tidak terdapat hubungan. Arah hubungan antara kedua variabel bersifat negatif.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. Manajemen Pengajaran Secara Manusiawi. Jakarta: Rineka Cipta (1990)

Hamalik,Oemar.PendidikanGuru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta: PT Bumi Aksara (2009)

Damyati dan Mudjiono.Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta (2009)

Usman, Uzer. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset (2009)

PPL LP3M. PedomanPelaksanaan Dan Penilaian Program PengalamanLapangan Kependidikan UniversitasNegeri padang. Padang: UNP (2017)

Sudjana, Nana. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo (2011)

Hasibuan, J.J., dan Moedjiono. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya (2010) [8] Hamalik, Oemar. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara (2009)




DOI: https://doi.org/10.24036/cived.v5i3.102493

Copyright (c) 2018 Endang Suziana, Nurhasan Syah, Oktaviani Oktaviani, Fahmi Rizal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

PENERBIT : UNIVERSITAS NEGERI PADANG

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat:
Jalan Hamka  Padang. Indonesia
email: sipil@ft.unp.ac.id