PERANCANGAN AULA SERBAGUNA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 PARIAMAN

Dadhan Harusda, Fahmi Fahmi

Abstract


—Perancangan ini berdasarkan kurangnya sarana sekolah meliputi ruang teori, ruang praktik, ruang rapat, ruang pimpinan sekolah serta ruang aula sebagai tempat kegiatan penyaluran kegiatan seni dan juga tempat penyampaian informasi oleh sekolah.Tahapan perancangan pertama pemrograman yaitu pengumpulan data-data terkait objek rancangan, perencanaan yaitu pengkajian data-data yang telah dihimpun dan memberikan pertimbangan-pertimbangan dari berbagai peraturan dan literatur hingga proses merancang bangunan. Skema perencanaan meliputi kegiatan pemrograman, analisis data, penyusunankonsep dan perancangan desain.Data primer diperoleh dari survei lapangan dan wawancara, sedangkan data sekunder diperoleh dari hasil studi literatur.Teknik analisis makro berupa analisis tentang kawasan/tapak dan analisis mikro tentang objek perancangan.Hasil perancangan yaitu luas bangunan aula 1.200 m², terdiri dari 2 unit ruang kelas, 1 unit ruang guru, 2 unit ruang pimpinan, 1 unit ruang organisasi kesiswaan, 1 unit ruang rapat, 1 unit lapangan bulu tangkis, 1 unit gudang, 1 unit ruang ganti dan 4 unit jamban. Besar rencana anggaran biaya bangunan yaitu Rp 8.840.000.000,00-

Full Text:

PDF

References


Soeharto. (1988). Disain Instruksional: Sebuah Pendekatan Praktis untuk Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Jakarta:Depdikbud.

Made Wena.(1996). Pendidikan Sistem Ganda. Bandung: Tarsito.

Badan Pusat Statistik (BPS). (2017). Kota Pariaman dalam Angka. Pariaman: BPS Kota Pariaman.

Kausar.(2014). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua dan Fasilitas Belajar di Rumah Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X di SMAN 7 Kota Jambi. .Artikel Ilmiah. Tersedia Online pada www.e campus.fkip.unja.ac.id/eskripsi/data/pdf/jurnal_ mhs/artikel/A1A110030.pdf.

Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan Bab VII Pasal 42.

Endy Marlina.(2008). Panduan Perancangan Bangunan Komersial. Yogyakarta: Andi. [7] Soedjono Kramadibrata. (2002). Perencanaan Pelabuhan. Bandung: ITB.

Snyder, J. dan Catanese, A.J (1997).Pengantar Arsitektur. Jakarta: Erlangga.

Iman Soeharto. (1995). Manajemen Proyek: Dari Konseptual sampai Operasional. Jakarta: Gelora Aksara Pratama.




DOI: https://doi.org/10.24036/cived.v5i3.102492

Copyright (c) 2018 Dadhan Harusda, Fahmi Fahmi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

PENERBIT : UNIVERSITAS NEGERI PADANG

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat:
Jalan Hamka  Padang. Indonesia
email: sipil@ft.unp.ac.id