PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP KENYAMANAN RUANG PERPUSTAKAANUNIVERSITAS NEGERI PADANG

Cahyo Agung Saputra, Nurhasan Syah, Totoh Andayono, Azwar Inra

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui sejauh mana tingkat kenyamanan ruang Perpustakaan UNP berdasarkan persepsi Mahasiswa. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 549 mahasiswa, yang di dapat dari jumlah rata-rata pengunjung perhari pada periode semester Juli-Desember 2017/2018. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 232 mahasiswa didapatkan dari rumus Slovin dengan taraf kesalahan sebesar 5%, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan Accidental sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket (Kuisioner) dengan skala Likert yang terdiri dari lima pilihan jawaban. Jumlah pernyataan pada angket adalah 44 butir. Teknik analisis data menggunakan deskritif persentase. Hasil dari penelitian ini menunjukkaan bahwa persepsi mahasiswa terhadap kenyamanan ruang Perpustakaan Universitas Negeri Padang, masih kurang nyaman. Hal ini di tunjukan dengan skor rata-rata dari enam indikator yang ada hanya dua indikator yang masuk dalam kriteria nyaman yaitu  pencahayaan (3,49) dan aksesbilitas (3,43), Sedangkan untuk indikator pengudaraan (2,58), warna (3,21), petunjuk/tanda (3,27), serta keamanan dan keselamatan (3,28), masih belum masuk ke dalam kriteria nyaman

Full Text:

PDF

References


Windha Sri Yuhartini, Fahmi Rizal, Indrati Kusumaningrum, “Kontribusi Pemanfaatan Perpustakaan Terhadap Kelancaran Penulisan Skripsi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan”. CIVED ISSN 2302-3341 Vol. 3 Nomor. 2, Juni pp. 1725-1743. Universitas Negeri Padang. (2015)

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia,. Standar Nasional Perpustakaan (SNP) Bidang Perpustakaan Sekolah dan Perpustakaan Perguruan Tinggi. Jakarta: Perpustakaan RI(2011)

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, Pedoman Tata Ruang Dan Perabot Perpustakaan Umum. Jakarta: Perpustakaan RI(2011).

Mulida Djamarin. Peran Perpustakaan Universitas Negeri Padang Menuju World Class University. Padang: UPT Perpustakan UNP (2015)

Iwan Gunawan, An Arizal, Rusnardi Rahmat Putra “Tinjauan Pemanfaatan Perpustakaan Oleh Guru Dan Siswa Di SMK 1 Padang”. CIVED ISSN 2302-3341 Vol. 3. Nomor 3, September. pp. 722-727. Universitas Negeri Padang. (2015)

Ilmartha Dinata, M. Giatman, Oktaviani. “Hubungan Pemanfaatan Perpustakaan Universitas Negeri Padang Dengan Hasil Belajar Mahasiswa Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang”. CIVED ISSN 2302-3341 Vol. 1. Nomor 3, September pp. 221-227. Universitas Negeri Padang.(2013)

Rustam Hakim. Komponen Perancangan Arsitektur Lansekap. Jakarta: PT Bumi Aksara(2014)

Fetrio Rizal, Azwar Inra, Nurhasan Syah. “Persepsi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang Terhadap Plagiat” CIVED ISSN 2302-3341 Vol. 4. Nomor. 12, Mei pp. 16741679. Universitas Negeri Padang. (2016)

Miftah Thoha. Perilaku Organisasi Konsep Dasar Dan Aplikasinya. Jakarta: Rajawali Pers(2015)

Anas Sudijono. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers(2011)

A. Muri Yusuf. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan Penelitan Gabungan. Jakarta: Kencana(2013) [12] Bilson Simamora. Panduan Riset Prilaku Konsumen. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama(2004)




DOI: https://doi.org/10.24036/cived.v5i3.102491

Copyright (c) 2018 Cahyo Agung Saputra, Nurhasan Syah, Totoh Andayono, Azwar Inra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.