KENDALA-KENDALA YANG DIHADAPI MAHASISWA PLK PROGRAM STUDI PTB DALAM MELAKSANAKAN PENGELOLAAN KELAS DI SEKOLAH LATIHAN SEMESTER JULI-DESEMBER 2017

Aulia Ahda Fikora, Revian Body, Risma Apdeni, Azwar Inra

Abstract


-Penelitian ini berawal dari kendala yang dialamimahasiswa Program Pengalaman Lapangan Kependidikanpadasaatmelaksanakanpengelolaankelas di sekolahlatihan. Melihatpermasalahan yang ada, makapenelitianinibertujuanuntukmengungkapkendala-kendala yang dihadapimahasiswa Program pengalaman Lapangan Kependidikan program studi Pendidikan Teknik Bangunandalammelaksanakanpengelolaankelas di sekolahlatihan semester Juli-Desember 2017. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan jumlah populasi sebanyak 57 orangmahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan yang sudahmelaksanakan PLK di sekolahlatihanpada semester Juli-Desember 2017. Sampel diambil dengan menggunakan teknik Total Sampling.Pengumpulan data dilakukanmenggunakanangketdenganskalaLikert yang terdiridari 5 pilihanjawabandan 39 butir pernyataanpositif-negatif.Data yang didapatdariangketdiolahmenggunakaan Microsoft Excel 2016.Hasilpenelitian menunjukkanbahwakendala yang dihadapimahasiswa PLK saatmelaksanakanpengelolaankelasterjadipadaseluruhindikator.Untukindikatormahasiswa, kendaladialamipadakategorikecil; indikatorsiswapadakategorisedang; indikatorfasilitaspadakategorisedang; danindikatorpembimbingpadakategorikecil.

Full Text:

PDF

References


Abdul Razak, Azwar Inra, Risma Apdeni, Oktaviani, “Kendala-Kendala yang Dialami Peseta Didik Kelas X SMKN 2 Solok DalamPembelajaran Menggunakan

Kurikulum 2013”. Cived ISSN 2302-3341 Vol.5 Nomor 1. Maret pp. 1812-1819.Universitas Negeri Padang. (2018)

Aldo Sepra Johannes, Juniman Silalahi, Risma Apdeni, Oktaviani, “Kemamapuan Mengajar Mahasiswa Menurut Persepsi Guru Pamong Pada Keahlian Teknik Bangunan SMK di Kota Padang Tahun Ajaran 2016/2017”. Cived ISSN 2302-3341 Vol.5 Nomor 2. Juni pp. 2206-2211.Universitas Negeri Padang. (2018)

Arikunto, Suharsimi. 1996. Pengelolaan Kelas dan Siswa. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Asril, Zainal. 2012. Micro Teaching. Jakarta: Rajawali Press.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2010. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Karwati, Euis dan Priansa, Donni Juni. 2014. Managemen Kelas. Bandung: Alfabeta. [7] Pedoman Pelaksanaan dan Evaluasi PPLK Mahasiswa Unversitas Negeri Padang tahun 2016. Padang: UPPL UNP.

Poerwadarminta, W.J.S. 1984. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Popham, W. James dan Baker, Eva L. 2008. Teknik Mengajar Secara Sistematis. Jakarta: PT Rineka Cipta.

UPPL UNP. 2017. “Daftar Mahasiswa Peserta PPLK Semester Juli-Desember 2017”. http://UPPL.UNP.ac.id/node/56 (Diakses tanggal 5 Maret 2018)

Wardani, I.G.K. dan Suparno, Anah Suhaenah. 1994. Program Pengalaman Lapangan (PPL). Jakarta: Ditjen Pendidikan Tinggi.




DOI: https://doi.org/10.24036/cived.v5i3.102490

Copyright (c) 2018 Aulia Ahda Fikora, Revian Body, Risma Apdeni, Azwar Inra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

PENERBIT : UNIVERSITAS NEGERI PADANG

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat:
Jalan Hamka  Padang. Indonesia
email: sipil@ft.unp.ac.id