PERSEPSI GURU TERHADAP PELAKSANAAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (MBS) DI SMK NEGERI 4 PARIAMAN

Aryana Syafty Bugis, Revian Body, Totoh Andayono

Abstract


Penyebab rendahnya mutu pendidikan di sekolah ialah belum maksimalnya pelaksanaan manajemen yang diterapkan di setiap sekolah, salah satunya Manajemen Berbasis Sekolah (MBS). Berdasarkan permasalahan yang dipaparkan maka tujuan penelitian ini untuk mengetahui persepsi guru tentang pelaksanaan MBS di SMK Negeri 4 Pariaman ditinjau dari partisipasi, transparansi dan akuntabilitas. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang mengumpulkan informasi dan menyajikan data secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta tentang persepsi guru terhadap pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) di SMK Negeri 4 Pariaman. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru yang mengajar di SMK Negeri 4 Pariaman, tahun ajaran 2017/2018. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah total sampling, seluruh populasi dijadikan sampel yaitu sebanyak 59 guru yang terdiri atas guru PNS 49 orang dan Guru Honorer 10 orang. Data dikumpulkan menggunakan angket dengan skala Likert yang terdiri dari 4 pilihan jawaban. Jumlah item pernyataan pada angket penelitian sebanyak 43 item. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa persepsi guru terhadap pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) di SMK Negeri 4 Pariaman dengan rumus Syahron diperoleh persentase dukungan dana (65%), dukungan tenaga (67%), dukungan pemikiran (64%), dukungan material/fasilitas (63%), pengambilan keputusan (63%), kemudahan mengakses informasi (64%), palaporan (62%), pertemuan untuk membahas laporan pertanggungjawaban (62%).  


Full Text:

PDF

References


Sudarwan Danim. (2012). Visi Baru Manajemen Sekolah Dari Unit Birokrasi Ke Lembaga Akademik. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Depdiknas. (2001). Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah: Buku I Konsep dan

E. Mulyasa. (2004). Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Syaiful Sagala. (2004). Manajemen Berbasis Sekolah & Masyarakat Strategi Menerangkan Persaingan Mutu. Jakarta: PT Nimas Multima.

Syaiful Sagala. (2011). Manajemen Straregik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Fetrio Rizal, Azwar Inra, Nurhasan Syah. Persepsi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang Terhadap Plagiat”. CIVED ISSN 2302-3341 Vol. 4, Nomor 2, Mei. pp. 1-4. Universitas Negeri Padang.

Sandi Junia Putra, M. Giatman, Zulfa Eff Uli Ras. “Persepsi Dunia Industri Tentang Kinerja Siswa Prakerin Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan Smkn 2 Payakumbuh Tahun Ajaran

/2016”. CIVED ISSN 2302-3341 Vol. 3, Nomor 4, September. pp. 1-12. Universitas Negeri Padang. (2016).

Bimo Walgito. (2003). Psikologi Sosial (Suatu Pengantar). Yogyakarta: CV Andi Offset.

Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 74 Tahun 2008 Tentang Guru.

Arif Aprinal, Nurhasan Syah, Juniman Silalahi. Penilaian Guru Pamong Terhadap Kompetensi Mahasiswa PLK Di SMK Negeri Padang”. CIVED ISSN 2302-3341 Vol. 4, Nomor 2, Mei. pp. 1-12. Universitas Negeri Padang. (2016).

Aldo Sepra Johannes, Juniman Silalahi, Risma Apdeni. “Kemampuan Mengajar Mahasiswa Pplk Menurut Persepsi Guru Pamong Pada Program Keahlian Teknik Bangunan Smk Di Kota Padang Tahun Ajaran 2016/2017”. CIVED ISSN 23023341 Vol. 5, Nomor 2, Juni. pp. 2206-2211. Universitas Negeri Padang. (2018).




DOI: https://doi.org/10.24036/cived.v5i3.102489

Copyright (c) 2018 Aryana Syafty Bugis, Revian Body, Totoh Andayono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.