PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG UJIAN NASIONAL BERBASIS KOMPUTER (UNBK) TERHADAP HASIL UJIAN NASIONAL (UN) SISWA JURUSAN BANGUNAN KELAS XII SMKN 1 PARIAMAN

Ari Saputra M, Nurhasan Syah

Abstract


Peneltian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang ujian nasional berbasis komputer (UNBK) terhadap hasil ujian nasional (UN) siswa jurusan bangunan kelas XII SMKN 1 Pariaman. Jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi sebanyak 86 orang siswa jurusan bangunan tahun ajaran 2017/2018. Sedangkan sampel sebanyak 46 orang siswa semester genap Januari-Juni 2018. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proposional random sampling. Data yang didapat yaitu data primer dan data sekunder. Data primer didapatkan melalui penyebaran angket yang disebarkan kepada responden, sedangkan data sekunder didapatkan dari nilai hasil UN tahun ajaran 2017/2018. Teknik analisis data yang digunakan adalah: 1) analisis data deskriptif, 2) Uji persyaratan analisis yang terdiri dari uji normalitas dan uji linearitas, 3) Analisis data inferensial yang terdiri dari uji korelasi dan koefesien determinan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara persepsi siswa tentang UNBK terhadap hasil UN siswa Jurusan Bangunan Kelas XII SMKN 1 Pariaman. Hal ini diketahui dengan melihat besarnya kontribusi (sumbangan) variable X terhadap variable Y  yaitu sebesar 35,28%. Sedangkan 64,72% dipengaruhi oleh faktor lainnya.

Full Text:

PDF

References


Pemerintah Indonesia. 2013. Peraturan Pemerintah No. 32 Tahun 2013 Tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan Pasal 64 Ayat 1 dan Pasal 65 Ayat 1 dan ayat 6. Sekretariat Negara. Jakarta.

Kunandar. 2015. Penilaian Autentik: (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Pemerintah Indonesia. 2014. Permendikbud Nomor 144 Tahun 2014 tentang kriteria kelulusan dari satuan pendidikan dan penyelenggaraan ujian sekolah/Madrasah/Pendidikan kesetaraan dan ujian nasional yang mengatur mekanisme penyelenggaraan ujian nasional yang tertuang pada Pasal 20 Ayat 1. Sekretariat Negara. Jakarta.

Wina Sanjaya. 2008. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Nana Sudjana. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran. Bandung: Seri Manajemen Sekolah Bermutu

Rakhmat. 2005. Psikologi Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Posdakarya.

Suharsimi Arikunto. 2010. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Miftah, Toha. 2003. Perilaku Organisasi Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Mikrizal, An Arizal, Zahrul Harmen. 2015. “Hubungan Persepsi Siswa Tentang Suasana Lingkungan Belajar Kelas Teori Dengan Hasil Belajar RAB Siwa Kelas XI SMK Negeri 1 Padang”. CIVED ISSN 2302-3341 Vol. 3, Nomor 1, Maret. pp. 538-546. Universitas Negeri Padang.

Citra Ayu Noviani, Maryati Jabar, Revian Body. 2016. “Faktor yang Mempengaruhi Belajar Gambar Konstruksi Bangunan Siswa Kelas XI TGB di SMKN 1 BukittinggiTahun Ajaran 2014/2015”. CIVED ISSN 2302-3341 Vol. 4, Nomor 1, Maret. pp. 977-998. Universitas Negeri Padang.




DOI: https://doi.org/10.24036/cived.v5i3.102488

Copyright (c) 2018 Ari Saputra M, Nurhasan Syah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.