RELEVANSI MATERI PEMBELAJARAN RENCANA ANGGARAN BIAYA DENGAN MATERI PADA DUNIA USAHA ATAU DUNIA INDUSTRI DI SMK N 1 BATIPUH

Agus Susanti, Oktaviani Oktaviani

Abstract


Siswa SMK N 1 Batipuh tidak paham tentang cara menghitung Rencana Anggaran Biaya (RAB), selama melaksanakan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN)  di Dunia Usaha atau Dunia Industri (DU/DI) sedangkan dalam kurikulum sudah diajarkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui relevansi materi pembelajaran RAB dengan materi Dunia Usaha atau Dunia Industri (DU/DI) di SMK N 1 Batipuh. Teknik sampel yang digunakan adalah cluster sampling (area sampling), lokasi sampel penelitian yaitu di Kota Padang dengan jumlah responden 5 DU/DI di kota Padang, data dikumpulkan melalui angket dengan teknik skala likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa materi pembelajaran RAB relevan dengan DU/DI yaitu 64%, dan 36% tidak relevan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa materi pembelajaran RAB relevan dengan materi di DU/DI dari beberapa tempat siswa SMK N 1 Batipuh melaksanakan PRAKERIN.

Full Text:

PDF

References


Sandi Junia Putra. (2016). Persepsi Dunia Industri Tentang Kinerja Siswa Prakerin Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMKN 2 Payakumbuh Tahun Ajaran 2015/2016. Universitas Negeri Padang.

Liza Sartika, Azwar Inra, Prima Yane Putri. “Keterampilan Teknisi Yang Dibutuhkan Dunia Usaha Jasa Konstruksi Di Kota Padang”.UNP: CIVED ISSN 2302-3341 Vol. 2, Nomor 2, Maret 2014.

Nofri Wahyudi, M. Giatman, Chairul Israr. “Kontribusi Mata Pelajaran Rencana Anggaran Biaya (Rab) Terhadap Keberhasilan Pelaksanaan Program Praktek Kerja Industri Kelas XI Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Bukittinggi”. UNP: CIVED ISSN 2302-3341 Vol. 2, Nomor 3, September 2014

Kunandar. (2013). Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Ismail Solihin. (2006). Pengantar Bisnis: Pengenalan Praktis Dan Studi Kasus. Jakarta: Fajar Interpratama Offset.

Lalu Husni. (2005). Hukum Ketenagakerjaan Indonesia. Jakarta: Raja Wali Pers.

SMK N 1 Batipuh. (2017). Buku Pedoman Teknis Pelaksanaan PRAKERIN Batipuh. SMK N 1 Batipuh

Nurgiyanto Jamil. (2010). Hubungan Antara Pengalaman Praktek Kerja Industri Dan sikap Mandiri Dengan Kesiapan Kerja Pada Siswa Kelas Xii Smk Pancasila 9 GiriwoyoTahunajaran2009/2010. Universitas Sebelas Maret.

Sugiyono. (2017). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Suharsimi Arikunto. (2014). Prosedur PenelitianSuatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Syahron Lubis. (2011). Metodologi Penelitian Pendidikan. Padang: Sukabina Press [12] Titi Irawati. (2014). Relevansi Kompetensi Mata Pelajaran Produktif Dengan Pelaksanaan Praktek Kerja Industri Kelas XII Jurusan PARTISERI SMK N 1 SEWON. Universitas Negeri Yogyakarta




DOI: https://doi.org/10.24036/cived.v5i3.102487

Copyright (c) 2018 Agus Susanti, Oktaviani Oktaviani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

PENERBIT : UNIVERSITAS NEGERI PADANG

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat:
Jalan Hamka  Padang. Indonesia
email: sipil@ft.unp.ac.id