HUBUNGAN SIKAP BELAJAR SISWA DENGAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN RAB KELAS XI PROGRAM STUDI TEKNIK SURVEY DAN PEMETAAN DI SMK N 4 PARIAMAN

Adi Putra Riwendi, Yuwalitas Gusmareta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan yang signifikan antara sikap belajar siswa dengan hasil belajar mata pelajaran RAB kelas XI Program Studi Teknik Survey dan Pemetaan di SMK N 4 Pariaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasi dengan populasi kelas XI Program Studi Teknik Survey dan Pemetaan yang berjumlah 25 siswa. Sampel yang digunakan yaitu seluruh populasi berjumlah 25 siswa. Data yang digunakan yaitu data primer dan sekunder. Teknik analisis data yang digunakan adalah: 1) Analisis deskriptif, 2) Uji persyaratan analisis, terdiri dari uji normalitas dan uji linearitas, 3) Pengujian Hipotesis. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara sikap belajar siswa dengan hasil belajar mata pelajaran RAB kelas XI Program Studi Teknik Survey dan Pemetaan di SMK N 4 Pariaman. Hal ini dapat dilihat dari nilai signifikan 0,000 ≤ nilai α = 0,05.

Full Text:

PDF

References


Oon Zekri, Revian Body, Zahrul Harmen. Hubungan Antara Sikap Belajar dengan Hasil Belajar Mata Diklat Menggambar dengan Perangkat Lunak Siswa Kelas X Kompetensi Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Sijunjung. CIVED ISSN 2302-3341 Vol. 2, Nomor 2. Maret. pp. 320-326. Universitas Negeri Padang. (2014).

Dimyati dan Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Rikky Putra, M. Giatman, Nevy Sandra. Hubungan Sikap Belajar dengan Hasil Belajar Siswa pada Mata Diklat Produktif Siswa Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Tanjung Raya Kabupaten Agam. CIVED ISSN 2302-3341 Vol. 2, Nomor 2. Juni. Pp. 395-404. Universitas Negeri Padang. (2014).

Sudjana, Nana. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Syah, Muhibbin. 2005. Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo.

Afria Ulfa, Juniman Silalahi, An Arizal. Sikap Kerja Siswa Program Studi Kontruksi Kerja Kayu Jurusan Bngunan SMK N 1 Padang Setelah Melaksanakan Prakerin. CIVED ISSN 2302-3341 Vol. 1, Nomor 1. September. Pp. 190-195. Universitas Negeri Padang. (2013).

Haq, Syaiful. 2016. “Sikap Mahasiswa Teknik Sipil Progran Studi Pendidikan Teknik Bangunan Terhadap Masyarakat Ekonomi ASEAN”. Skripsi. Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang.

Ibrahim, Bachtiar. 1994. Rencana dan Estimate Real of Cost. Jakarta: Bima Aksara. [9] Darmadi, Hamid. 2014. Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. [11] Sugiyono. 2012. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Margono. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Riduwan dan Sunarto. 2011. Pengantar Statistika untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Komunikasi, Ekonomi, dan Bisnis. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.24036/cived.v5i3.102486

Copyright (c) 2018 Adi Putra Riwendi, Yuwalitas Gusmareta

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

PENERBIT : UNIVERSITAS NEGERI PADANG

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat:
Jalan Hamka  Padang. Indonesia
email: sipil@ft.unp.ac.id