PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MEKANIKA TEKNIK KELAS X DESAIN PEMODELAN DAN INFORMASI BANGUNAN SMK NEGERI 1 PARIAMAN

Marwan Syafei, Juniman Silalahi

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh model pembelajaran yang digunakan guru belum sesuai dengan karakteristik mata pelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik Kelas X Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan SMK Negeri 1 Pariaman. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experiment (eksperimen semu) dengan design Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMKN 1 Pariaman yang terdaftar pada tahun ajaran 2018/2019 yang terdiri dari kelas X DPIB 1, X DPIB 2 dan X BKP. Pengujian instrumen dilakukan di sekolah yang sama dengan kelas yang berbeda yaitu kelas X BKP yang terdiri dari 25 orang siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar (pretest dan posttest) berupa soal objektif sebanyak 25 soal. Data yang dianalisis menggunakan uji perbedaan dua rata-rata (t-test). Berdasarkan hasil penelitian dari perhitungan t-test diperoleh thitung besar dari ttabel. Dengan demikian hipotesis yang dikemukakan dapat diterima pada taraf kepercayaan 95 %. Sehingga hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Mekanika Teknik kelas X Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan SMK Negeri 1 Pariaman.


Full Text:

PDF

References


Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Oemar Hamalik. 2001. Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Bumi Aksara.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sardiman. 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Muhammad Bayu, Juniman Silalahi, An Arizal, Nurhasan Syah. “Hubungan Motivasi belajar dengan Hasil Belajar Gambar Teknik Siswa Kelas X Jurusan Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Sawahlunto”. CIVED ISSN 2302-3341 Vol. 5, Nomor 2, Juni. pp. 2230-2234. Universitas Negeri Padang. (2018).

Agus Setiawan, Rijal Abdullah, Risma Apdeni, Nadra Mutiara Sari. “Konstribusi Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Analisis Matematika Jurusan Teknik Sipil FT-UNP”. CIVED ISSN 2302-3341 Vol. 5, Nomor 2, Juni. pp. 2201-2205. Universitas Negeri Padang. (2018).

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.UndangUndang Nomor 5 Tahun 1984 tentang Perindustrian.

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran. Bandung: Rajawali Pers. [9] Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran. Bandung: Rajawali Pers. [10] Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran. Bandung: Rajawali Pers. [11] Wina Sanjaya. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Zulafatah Ahmad, Revian Body, Rusnadi Rahmad Putra. “Pengaruh Pengunaan Metode Ceramah Berkombinasi Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Mekanika Teknik Siswa Jurusan Teknik Bangunan SMK Negeri 1 Tanjung Raya ”. CIVED ISSN 23023341 Vol. 3, Nomor 2, Juni. pp. 661-670. Universitas Negeri Padang. (2015).

Juniman Silalahi. 2012. Teori dan Analisis Struktur: Mekanika Terapan 1. Padang: Sukabina Press.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Syofian Siregar. 2014. Statistik Parametrik. Jakarta: PT. Bumi Aksara. [16] Suharsimi Arikunto. 2012. Dasar-Dasar Evalusi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: PT. Tarsito.




DOI: https://doi.org/10.24036/cived.v5i4.102483

Copyright (c) 2019 Marwan Syafei, Juniman Silalahi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.