PENGARUH DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA DIKLAT GAMBAR TEKNIK SISWA KELAS XI JURUSAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN DI SMK NEGERI 2 KOTA SOLOK

Dus Hendra, Rijal Abdullah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh disiplin belajar siswa terhadap hasil belajar Gambar Teknik siswa kelas XI Program Studi Teknik Gambar Bangunan di SMK Negeri 2 Kota Solok . Jenis penelitian ini adalah penelitian kausal komperatif. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Dengan populasi siswa kelas XI Program Studi Teknik Gambar Bangunan siswa yang berjumlah 37 orang. Sampel yang digunakan yaitu seluruh populasi berjumlah 37 orang. Instrumen penelitian berupa angket yang sudah valid dan reliable. Teknik analisis data yang digunakan adalah: 1) Analisis deskriptif, 2) Uji persyaratan analisis, terdiri dari uji normalitas dan uji linearitas, 3) Pengujian Hipotesis. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara disiplin belajar terhadap hasil belajar Gambar Teknik Siswa Kelas XI Program Studi Teknik Gambar Bangunan di SMK Negeri 2 Kota Solok. Hal ini dapat dilihat dari rumus persamaan linear sederhana Y= a + bX maka ditunjukkan dalam persamaan Y= 41,094 + 0,199X. Besarnya pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar sebesar 28,4%.

Full Text:

PDF

References


Tu’u, Tulus. 2004. Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Grasindo.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning. Yoyakarta: Pustaka Belajar.

Purwanto, Ngalim. 2014. Ilmu Pendidikan Teoretis dan Praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Fajar Hidayat, Nurhasan Syah, Risma Apdeni, Indrati Kusumanigrum. “Pengaruh Prokrastinasi Terhadap Hasil Belajar Menggambar Konstruksi Kolom dan Balok Beton Bertulang Siswa kelas XI TGB 2 SMK Negeri 1 Pariaman”. CIVED ISSN 2302-3341, Vol.5, No 2, Maret. pp. 2219-2220. Universitas Negeri Padang. (2018).

Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja.

Nofri Wahyudi, M.Giatman, Chairul Isra. “Kontribusi Mata Pelajaran Rencana Anggaran Biaya (RAB) Terhadap Keberhasilan Pelaksanaan Program Praktek Kerja Industri Kelas XI Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Bukittinggi”. CIVED ISSN 2302-3341, Vol.2, No 3, September.pp. 517-518. Universitas Negeri Padang. (2014).

Sugiarto, Eko. 2013. Master EYD Edisi Baru. Yogyakarta: Suaka Media. [10] Rizky Ferdian Putri, Nurhasan Syah, Nevy Sandra. “Hubungan Disiplin Perkuliahan Dengan hasil Belajar Mahasiswa Mata Kuliah Survey Dan Pemetaan 1 SemesterGanjil Tahun Akademik 2013/2014”. CIVED ISSN 2303-3341, Vol 2, No 3 September.pp. 544-545. Universitas Negeri Padang, (2014).

Ekosiswoyo, Rasdi dan Maman Rachman. 2002. Manajemen Kelas. Semarang: IKIP Semarang Press.

Webster’s New World Dictionary. 2012. School and Office Edition. The Work Publishing Company.

Khafid, Muhammad dan Suroso. 2007. Pengaruh Disiplin Belajar dan Lingkungan Keluarga terhadap Hasil Belajar Ekonomi. Jurnal Pendidikan. (Online). Vol 2 No 2. Tersedia: http://journal.unnes.ac.id / nju/index.php/DP/article/view/447. Diunduh 30 Januari 2018. [14] Margono.(2009). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.




DOI: https://doi.org/10.24036/cived.v5i4.102477

Copyright (c) 2019 Dus Hendra, Rijal Abdullah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.