Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dan Motivasi Belajar Keterampilan Menulis Teks Pantun

Nila Malda Rintina, Haris Effendi Thahar, Tressyalina Tressyalina

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan menulis teks pantun siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif TPS dan model pembelajaran konvensional, mendeskripsikan keterampilan menulis teks pantun siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran think pair share bermotivasi tinggi, dan siswa diajar menggunakan Metode pembelajaran konvensional adalah pembelajaran bermotivasi tinggi tinggi pada siswa kelas VII SMP Negeri 12 Padang dan mendeskripsikan interaksi antara model pembelajaran kooperatif Think Pair Share dan motivasi belajar keterampilan menulis teks pantun kelas VII SMP Negeri 12 Padang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan rancangan faktorial 2x2 eksperimental. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 12 Padang. Pengumpulan data dilakukan melalui angket dan tes. Berdasarkan penelitian bahwa model pembelajaran kooperatif Think Pair Share berpengaruh terhadap keterampilan menulis teks puisi. Keterampilan menulis teks pantun siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif Think Pair share bermotivasi tinggi lebih baik daripada keterampilan menulis teks puisi siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional yang bermotivasi tinggi. Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran kooperatif Think Pair Share dan motivasi belajar pada teks pantun mempengaruhi keterampilan menulis.

Keywords


Kooperatif Learning, Think Pair Share (TPS), Motivasi Belajar, Teks Pantun

Full Text:

PDF

References


Arshavskaya, E. (2015). Creative writing assignments in a second language course: Ways to engage less motivated students. InSight: A Journal of Scholarly Teaching, 10(1), 68-78.

Chaiyadejkamjorn, N., Soonthonrojana, W. & Sangkhaphanthanon, T. (2017). The Development of a Model for Creative Writing Instruction for Mattayomsuksa Three Students (Grade 9). International Education Studies, 10(3), 227—233.

Istarani. (2012). 58 Model Pembelajaran Inovatif Medan: Media Persada.

Mihardja, R. (2012). Sastra Indonesia. Jakarta: Naskah Prajurit.

Subastian, T. (2015). Penerapan model pembelajaran kooperatif Think Pair share untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa sekolah dasar (Disertasi Doktor, Universitas Indonesia).

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D.Bandung: Alfabeta.

Trianto. (2011). Mendesaian model pembelajaran inovatif progresif.Bandung: Kencana.

Utomo, U. P., & Hartono, M. S. (2016). Peningkatan keterampilan menulis melalui pembelajaran model rima Concept Sentence. Jurnal Didaktika Dwija Indria, 4(8).

Wahyuni, R. (2014). Puisi, prosa, dan puisi panjang. Jakarta: Saufa.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Bahasa, Sastra, dan Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.