Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) dan Kebiasaan MembacaTerhadap Keterampilan Menulis Teks Eksposisi

Anisa Rusyda, Syahrul Ramadhan, Novia Juita

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan keterampilan menulis teks siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan model pembelajaran konvensional, mendeskripsikan keterampilan menulis teks eksposisi siswa yang diajarkan melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD yang mempunyai kebiasaan membaca tinggi, dan siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD yang mempunyai kebiasaan membaca tinggi pada siswa kelas X SMA Negeri 6 Padang. Penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain eksperimen faktorial 2x2. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 6 Padang. Pengumpulan data dilakukan melalui angket dan tes keterampilan menulis teks eksposisi. Berdasarkan hasil penelitian bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD mempengaruhi keterampilan menulis teks eksposisi. Keterampilan menulis teks eksposisi siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD yang mempunyai kebiasaan membaca tinggi lebih baik daripada keterampilan menulis teks eksposisi siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional siswa yang mempunyai kebiasaan membaca tinggi.


Full Text:

PDF

References


Asma, N. (2012). Model Pembelajaran Kooperatif. Padang: UNP Press.

Dewi, A, S, S, P. (2016). Kemampuan menulis paragraf eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 12 Konawe Selatan. Jurnal Humanika, 16(1).1-19.

Firdaus. (2017). Penerapan model pembelajaran model cooperative learning tipe STAD untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman bahasa Inggris. Jurnal Penelitian Pendidikan, 17(1). 20-27.

Fitriyani, D. (2015). Penguasaan kalimat efektif dan penguasaan diksi dengan kemampuan menulis eksposisi pada siswa SMP. Jurnal Pesona, 1(2) 129-139.

Ikhsanudin. (2014). Pengaruh penggunaan pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan wingeom terhadap kemampuan pemecahan masalah geometri siswa SMA. Jurnal Pendidikan Matematika Univ Muhammadiah Metro (Aksioma), 3(1), 40-49.

Samsudin, A. (2013). Peningkatan kemampuan menulis eksposisi berita dan eksposisi ilustrasi siswa kelas V melalui model pembelajaran kooperatif terpadu membaca dan menulis. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(2), 11.

Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses pendidikan. Jakarta: Perdanan Media.

Satini, R. (2016). Kemampuan menulis karangan eksposisi dengan menggunakan teknik mind map

siswa kelas X SMA negeri 14 Padang. (online). Jurnal Gramatika, 2(2), 164-179.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suhaimi. (2016). Teaching Writing skill on recount text based on brainstroming in the classroom. (online) Jurnal Tadib, Vol. 19, No. 1 (Juni 2016).

Sunilawati, Dantes, Candiasa. (2013). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar matematika ditinjau dari kemampuan numerik siswa kelas IV SD. E- Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 1(3),1- 9.

Suwanda. (2011). Desain Eksperimen untuk Penelitian Ilmiah. Bandung: Alfabeta.

Tanjung, Syahrul, Thahar. (2013). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dan tipe two stay two stray terhadap hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas X SMA Negeri 1 Angkola Barat Kabupaten Tapanuli Selatan.

Tatalia, Syahrul, Ermanto. (2015). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan pemetaan pikiran (mind mapping) dengan mempertimbangkan motivasi belajar terhadap kemampuan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Panti. Jurnal bahasa, Sastra, dan Pembelajaran, 3(1), 36-45.

Widiarto, S. 2017. Pengaruh metode teams achievement division (STAD) dan pemahaman struktur kalimat terhadap keterampilan menulis narasi. Lectura; Jurnal Pendidikan, 8(1), 82-89.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Bahasa, Sastra, dan Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.