Proses Pengembangan Video Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi

Riky Nelvia Destriani(1), Hary Soedarto Harjono(2), Rustam Rustam(3),
(1) Universitas Jambi  Indonesia
(2) Universitas Jambi  Indonesia
(3) Universitas Jambi  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/jbmp.v11i1.116123

Full Text:    Language : id    Language : id

Abstract


Penelitian ini bertujuan menguraikan proses pengembangan video pembelajaran menulis teks eksposisi di kelas VIII SMP. Video dibuat berdasarkan analisis kebutuhan siswa mengenai kebutuhan bahan ajar yang lebih lengkap. Instrumen penelitian berupa pengamatan, lembar angket dan wawancara. Pengembangan video menggunakan model pengembangan ADDIE yaitu analysis, design, development, implementation, and evaluation. Pada tahap analisis, dihasilkan beberapa analisis kebutuhan yang membahas temuan masalah serta kebutuhan dalam proses pembelajaran menulis teks eksposisi. Selanjutnya pada tahap desain, ditentukan flowchart struktur materi dalam produk. Lalu pada tahap pengembangan atau development, diperoleh hasil validasi ahli materi dan ahli media yang dihitung menggunakan rumus skala likert untuk melihat pencapaian hasil produk yang efektif. Berdasarkan hasil validasi dari ahli materi diperoleh nilai rata-rata 89,58 pada tahap validasi kedua yang tergolong tinggi. Hasil validasi dari ahli media pada tahap validasi kedua memperoleh nilai rata-rata 98,00 dengan kategori sangat tinggi. Hasil perhitungan rumus N-Gain memperoleh nilai kognitif sebesar 0,77 dan nilai psikomotor sebesar 0,79 artinya video pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa pada materi teks eksposisi. Dengan demikian produk pengembangan berupa video pembelajaran menulis teks eksposisi layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Keywords


pengembangan; video; pembelajaran; menulis; teks eksposisi

References


Abidin, Yunus. (2016). Desain Sistem Pembelajaran Dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: PT Refuka Aditama.

Al Aliyah, Isnaeni. (2017). Pengembangan Media Video Slide Berbasis Audio Visual dalam Pembelajaran Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas VII SMP Negeri 21 Surabaya Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Bapala, 4(1).

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Ashyar, Rayandra. (2012). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi Jakarta.

Atep Sujana, Wahyu Sopandi. (2020). Model-model Pembelajaran Inovatif: Teori dan Implementasi. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Creswell, John W. (2016). Research Design Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dwi Surjono, Herman. (2017). Multimedia Pembelajaran Interaktif Konsep dan

Pengembangan. Yogyakarta: UNY Press.

Dwi Findy, Sukirno, Nurul Setyorini. (2017). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks

Eksposisi Kelas XI SMK Muhammadiyah Kutowinagun Tahun Pelajaran

/2017. Jurnal Surya Bahtera, 5 (46).

Ermawati, Widowati. (2020). Implementasi Project Based Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Keterampilan Menulis Siswa SMP Taman Dewasa Jetis. Jurnal Ustjogja, 4 (1).

Kurniawati, U., & Koeswanti, H. D. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Kodig Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2).

Marista,Dwi dan Nuraliliyah. (2020). Pengembangan Materi Bahan Ajar Menulis Puisi dengan

Menggunakan Teknik Pemodelan SMPN 1 Tulungagung. Jurnal Kembara, 6 (2).

Mawarni, S., & Muhtadi, A. (2017). Pengembangan Digital Bookinteraktifmata Kuliah Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Untuk Mahasiswa Teknologi Pendidikan. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 4(1).

Meria Sari Pohan, Ervina. (2016). Keefektifan Media Audio Visual dalam Pembelajaran Menulis Paragraf Eksposisi Pada Siswa Kelas X SMAN 4 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2014/2015. Digital Library Universitas Lampung.

Mulyatiningsih, Endang. (2012). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Munir. (2015). Multimedia Konsep dan Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Mustaqim, I. (2017). Pengembangan media pembelajaran berbasis augmented reality. Jurnal Edukasi Elektro, 1(1).

Nurjanah, Eka. (2015). Pengembangan E-Book Interaktif Pada Materi Menyimak Unsur-Unsur Intrinsik Cerpen Berbasis Kearifan Lokal Pangkalan Bun Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Kumai. Jurnal Pbindounisma, 3 (3).

Nurzaelani, M. M., Kasman, R., & Achyanadia, S. (2018). Pengembangan Media pembelajaran Integrasi Nasional Berbasis Mobile. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 20(3).

Nurul Zuriah, Hari Sunaryo, Nurbani Yusuf. (2016). IbM Guru dalam Pengembangan bahan Ajar Kreatif Inovatif Berbasis Potensi Lokal. Jurnal Dedikasi, 13 (2016).

Puspitoningrum, Encil. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Kembali Dongeng untuk Siswa SMP Kelas VII. Jurnal Kembara, 1(2), 160.

Purwanto, Y., & Rizki, S. (2015). Pengembangan Media pembelajaran Berbasis Kontekstual Pada Materi Himpunan Berbantu Video Pembelajaran. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 4(1).

Prastowo, Andi. (2018). Sumber Belajar & Pusat Sumber Belajar. Depok :Prenadamedia Group.

Rusdi. (2018). Penelitian Desain dan Pengembangan Kependidikan : Konsep, Prosedur dan Sintesis Pengetahuan Baru. Depok : Rajawali Pers.

Sugiyono, Eko Iman. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Menyimak Berbasis Multimedia Interaktif dalam Model Belajar Mandiri Untuk Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Seloka, 3(2).

Wahyu, Eriyanti. Ribut. (20017). Pengembangan Bahan Ajar Keterampilan Berbicara Interaktif Bagi Mahasiswa. Jurnal Kembara, 3 (1), 101.

Wahyuni, Sri. Pengembangan Interactive E-Book Bidang Asesmen Bahasa untuk Mengembangkan Kompetensi dan Kemandirian Mahasiswa Program Pendidikan Bahasa. Jurnal Litera, Vol 1(1).

Zainal Aqib, Ali Murtadlo. (2016). Kumpulan Metode Pembelajaran Kreatif dan Inovatif. Bandung : CV. Yrama Widya.


Article Metrics

 Abstract Views : 770 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 158 times  PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 16 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.