HUBUNGAN SUASANA LINGKUNGAN BELAJAR DALAM KELAS DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA DIKLAT SISTEM MOTOR KELAS XI TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK ADZKIA PADANG

Alberto Ashari -
Faisal Ismet -
Darman Darman -

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara suasana lingkungan belajar dalam kelas dengan hasil belajar siswa pada mata diklat sistem motor kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK Adzkia Padang. Rendahnya Hasil Belajar Siswa Pada Mata Diklat Sistem Motor kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK Adzkia Padang, tidak terlepas dari beberapa faktor yang mempengaruhinya. Suasana lingkungan belajar dalam kelas adalah salah satu faktor yang dapat mempengaruhi sikap dan minat dalam mengikuti pelajaran. Suasana lingkungan belajar dalam kelas yang baik dalam belajar, akan memperlancar proses belajar dan menentukan hasil belajar siswa. Untuk melihat gejala yang ditimbulkan dalam suasana lingkungan belajar dalam kelas dan seberapa kuat hubungannya terhadap hasil belajar maka penulis mengajukan hipotesis. Adapun  hipotesis yang diajukan adalah sebagai berikut: Terdapat hubungan yang positif antara suasana lingkungan belajar dalam kelas dengan hasil belajar siswa pada mata diklat Sistem Motor kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK Adzkia Padang.

Penelitian ini bersifat korelasional, tujuan penelitian adalah untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara suasana lingkungan belajar dalam kelas dengan hasil belajar siswa pada mata diklat sistem motor kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK Adzkia Padang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK Adzkia Padang yang berjumlah 53 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil dari populasi sebanyak 35 orang yang ditentukan dengan menggunakan rumus Taro Yamane. Data suasana lingkungan belajar dalam kelas diperoleh dari penyebaran angket. Angket yang digunakan adalah angket yang telah dinyatakan valid dan reliabel. Uji coba angket dan penelitian dilakukan tanggal 4 Desember 2013 sampai dengan tanggal 8 Desember 2013. Jenis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan rumus Korelasi Pearson Product Moment (PPM) dan untuk menguji keberartian koefisien korelasi r, dapat di uji dengan menggunakan uji t sehingga akan didapat apakah hasil penelitian dapat digeneralisasikan pada populasi.

Dari analisis data hasil penelitian diperoleh koefisien korelasi r hitung > r tabel (0,3534 > 0,3338) dan untuk uji keberartian korelasi  didapat t hitung > t tabel (2,1699 > 2,0345) pada taraf signifikan 5%. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara suasana lingkungan belajar dalam kelas dengan hasil belajar siswa pada mata diklat sistem motor kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK Adzkia Padang.


Full Text:

PDF