HUBUNGAN KELENGKAPAN FASILITAS BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR DASAR PRAKTEK KEJURUAN SEMESTER 2 TEKNIK KENDARAAN RINGAN SISWA KELAS X DI SMKN 1 BUKITTINGI TAHUN AJARAN 2012\2013

Dedi Novrian -
Martias Martias -
Irma Basri -

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi adanya permasalahan yang berhubungan rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan fasilitas bengkel dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Dasar Praktek Kejuruan siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 1 Bukittinggi.

Jenis penelitian ini bersifat kuantitatif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang berjumlah 67 siswa pada jurusan Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 1 Bukittinggi. Sampel diambil dengan menggunakan teknik pengambilan sampel dengan rumus yang dikemukakan oleh Surakhmad,dalam  Riduwan,( 2006:65)  di mana sampel yang diperoleh yaitu siswa kelas X sebanyak 35 siswa. Data tentang fasilitas  belajar diperoleh dari penyebaran angket, sedangkan data hasil belajar pelajaran mata diklat dasar praktek kejuruan diperoleh dari nilai ujian semester 2 TA 2012-2013. Jenis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan rumus Korelasi Pearson Product Moment (PPM) dan untuk menguji keberartian koefisien korelasi r, dapat di uji dengan mengunakan uji t sehingga akan didapat apakah hasil penelitian dapat digeneralisasikan pada populasi.

Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa: terdapat hubungan fasilitas bengkel dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Dasar Praktek Kejuruan siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 1 Bukittingg. Hal ini dapat dilihat pada koefisien korelasi sebesar (rhitung) lebih besar dari rtabel product moment (0,60963> 0,334) dan juga untuk keberartian koefisien korelasi didapatkan nilai thitung> ttabel (5,5738 > 2,0249).Artinya fasilitas belajar dapat memberikan hubungan yang berarti dalam peningkatan hasil belajar siswa.Semakin lengkap fasilitas bengkel dan semakin maka semakin baik pula hasil belajar siswa.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang berarti atau signifikan antara fasilitas belajar dengan hasil belajar mata diklat dasar praktek kejuruan siswa kelas X Negeri 1 Bukittinggi

Full Text:

PDF