PERBANDINGAN PENGGUNAAN BERBAGAI JENIS BAHAN BAKAR TERHADAP EMISI GAS BUANG PADA SEPEDA MOTOR 4 LANGKAH

Agus Supriyanto - Universitas Negeri Padang
Hasan Maksum - Universitas Negeri Padang
Dwi Putra - Universitas Negeri Padang

Abstract


ABSTRAK

Peningkatan kendaraaan bermotor mengakibatkan terjadinya peningkatan kebutuhan bahan bakar minyak dan polusi udara akibat emisi gas buang kendaraan, sehingga dilakukan berbagai upaya untuk meminimalisir kandungan emisi gas buang kendaraan. Salah satu upaya yang dilakukan dengan terjadinya proses pembakaran yang sempurna melalui penggunaan berbagai jenis bahan bakar. Berdasarkan gejala tersebut dirumuskan permasalahan bagaimana perbandingan penggunaan berbagai jenis bahan bakar terhadap emisi gas buang pada sepeda motor 4 langkah. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan sepeda motor Yamaha Vixion tahun 2012 dengan metode penelitian eksperimen dengan menggunakan bahan bakar Premium, Pertalite, dan Pertamax Turbo sebagai sampelnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan berbagai jenis bahan bakar pada sepeda motor Yamaha Vixion 2012 dengan menggunakan bahan bakar Pertamax 92 menghasilkan rata-rata CO dan HC setiap tingkatan putaran sebesar 0,17 % dan 6,78 Ppm setelah diberi perlakuan dengan mengganti bahan bakar Premium, Pertalite, dan Pertamax Turbo didapatkan rata-rata CO yang dihasilkan masing-masing bahan bakar uji setiap tingkatan putaran adalah 0,27 (%), 0,18 (%), dan 0,14 (%) dan rata-rata HC yang dihasilkan masing-masing bahan bakar uji setiap putaran adalah 10,33 Ppm, 3,56 Ppm, dan 6,67 Ppm. Berdasarkan analisa data CO dan HC pada sepeda motor Yamaha Vixion tahun 2012 menggunakan bahan bakar Premium terjadi peningkatan CO sebesar 58,8 % dan HC sebesar 52,4 %, bahan bakar Pertalite terjadi peningkatan CO sebesar 5,9 % dan HC terjadi penurunan sebesar 47,5 %, dan bahan bakar Pertamax Turbo terjadi penurunan CO sebesar 17,6 % dan HC sebesar 1,6 %. Sehingga dapat disimpulkan bahwa bahan bakar uji terbaik adalah bahan bakar Pertamax Turbo, karena terjadi penurunan CO dan HC disetiap putaran mesin.

 

Kata Kunci : Bahan Bakar, Emisi Gas Buang.

 

ABSTRACT

The increase in motor vehicle resulting in increased needs for fuel and air pollution due to vehicle exhaust emissions, so do the various attempts to minimize the content of exhaust emissions of vehicles. One of the efforts made by the occurrence of a perfect combustion process through the use of various types of fuel. Based on the symptoms of the problem formulated how comparison of the use of various types of fuel against exhaust emissions on a motorcycle 4 steps. This research was performed using motorcycles Yamaha Vixion year 2012 with experimental research methods with the use of Premium fuel, Pertalite, and Builtin Turbo as a sample. The results showed that the use of various types of fuel on motorcycles Yamaha Vixion 2012 using the Builtin 92 fuel produces an average of CO and HC every level rounds of 0.17% and 6.78 Ppm after a given treatment by replacing the Premium fuel, Pertalite, and Builtin Turbo obtained an average of CO generated each fuel test every level rounds is 0.27 (0.18%), (%), and 0.14 (%) and the average of the resulting HC each fuel test each round was 10.33 3.56 Ppm, Ppm, and 6.67 Ppm. Based on data analysis of CO and HC on motorcycles Yamaha Vixion year 2012 using Premium fuel an increase in CO of 58.8% and 52.4% of HC, fuel Pertalite increase of 5.9% CO and HC happens a decrease of 47.5%, and fuel the Turbo Builtin decline of 17.6% of CO and HC amounted to 1.6%. So it can be concluded that it is best to test fuels fuel Builtin Turbo, due to a decrease in CO and HC every rotation of the engine.

 

 

Keywords: Fuel, Exhaust Emissions.

Full Text:

PDF

References


Jalius Jama dan Wagino. (2008). Teknologi Sepeda Motor Jilid 2. Jakarta: Direktorat Pembinaan SMK.

Wardan Suyanto. (1989). Teori Motor Bensin. Jakarta: Depdikbud, Dirjen Pendidikan Tinggi PPLPTK.

Toyota. (1972). Materi Pelajaran Engine Grup Step 2. Jakarta: PT. Toyota Astra Motor.

Bonnick, Allan. (2008). Automotive Science and Mathematics. Burlington: Elsevier.

Moh. Wildan Habibi. (2016). “Analisa Penggunaan Bahan Bakar Bensin Jenis Pertalite dan Pertamax Pada Mesin Bertorsi Besar ( Honda Beat FI 110 cc )”. Artikel Skripsi. Universitas Nusantara PGRI Kediri. Hlm 1--12.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.