Pengaruh Penggunaan Internet Dalam Belajar, Minat Membaca Dan Manajemen Waktu Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X IPS SMA Negeri 1 Lubuk Basung

Reni Julita - Universitas Negeri Padang
Marwan Marwan - Universitas Negeri Padang

Abstract


This study aims to determine the effect of the use of the internet in learning, reading interest and time management on economic learning outcomes of students of class X IPS SMA Negeri 1 Lubuk Basung both silmutanously and partially. This type of research uses causal associative with a quantitative approach. The research sample consisted of 62 students, the research sample was taken using probability random sampling technique using Slovin formula. Based on the results of the study it can be concluded that the use of the internet in learning, reading interest and time management simultaneously has a positive and significant effect on the economic learning outcomes of students of class X IPS of SMA Negeri 1 Lubuk Basung as evidenced by a significance value of 0,000 < 0.05 and a coefficient of determination of 0.389 or 38 9% ,. In the t test the use of the internet in learning partially has a positive and significant effect on economic learning outcomes of students of class X IPS SMA Negeri 1 Lubuk Basung as evidenced by the significance value of 0.043 < 0.05, and the interest in reading partially has a positive and significant effect on student economic learning outcomes IPS class X of SMA Negeri 1 Lubuk Basung is proven with a significance value of 0.008 < 0.05, while time management partially has a positive and not significant effect on economic learning outcomes of students of class X IPS SMA Negeri 1 Lubuk Basung as evidenced by the significance value of 0.127> 0.05.

 

Keyword: internet usage, interest in reading, time management, economic learning outcomes


Full Text:

PDF

References


Ali, Mohammad. 2009. Pendidikan untuk Pembangunan Nasional. Jakarta: Grasindo.

APJII. 2018. Hasil Survei Internet Indonesia 2018. Diperoleh pada http://apjii.or.id/survei2018 tanggal 28 Juli 2019

Arinda Sari. 2018. “Pengaruh Minat Baca dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IIS Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Mojosari”. Jurnal Pendidikan Ekonomi. Volume 6 Nomor 3 (Hlm.362-366). http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id pada tanggal 18 Oktober 2019

Arvia Ayunthara. 2016. “Pengaruh Penggunaan Teknologi Informasi, Lingkungan Sekolah dan Manajemen Waktu terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMA Negeri 10 Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/2016”. Skripsi. Yogyakarta: FE Universitas Negeri Yogyakarta. Diperoleh melalui http://eprint.uny.ac.id tanggal 25 Juli 2019

Astuti Sri Endang dan Resminingsih. 2010. Bahan Dasar Untuk Pelayanan Konseling Pada Satuan Pendidikan Menengah Jilid 1. Jakarta: Grasindo

Khafid Ismail. 2017. Pengaruh Penggunaan Internet Terhadap Hasil Belajar IPS Peserta Didik Kelas X SMK Nurul Huda Sukaraja Oku Timur. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Ekonomi. Volume 1, No 1, Februari 2017 hlm. 58-64. Diperoleh pada http://journal.stkipnurulhuda.ac.id tanggal 05 November 2019

Kunandar. 2013. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: Raja Grafindo Persada

Listariono. 2009. Peranan Perpustakaan Sekolah Dalam Upaya Menumbuhkan Minat Baca Siswa. Artikel UPT Perpustakaan Universitas Negeri Malang. Diperoleh melalui http://digilib.um.ac.id tanggal 8 November 2019

Muhammad Mujib. 2013. “Pengaruh Penggunaan Internet Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Atas di Kota Yogyakarta”. Skripsi. Yogyakarta. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. Diperoleh melalui http://digilib.uin-suka.ac.id tanggal 03 Juli 2019

Opy Triansyah. 2018. “Pengaruh Manajemen Waktu Dan Aktifitas Ekstrakulikuler Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X IPS SMA Negeri 7 Medan Tahun Pelajaran 2015/2016”. Jurnal Pendidikan Ekonomi. Volume 6, Nomor 4 (Hlm.14-21). Diperoleh melalui https://jurnal.unimed.ac.id pada tanggal 18 Oktober 2019

Ramadhan, Arif. 2007. Spk Internet dan Aplikasinya. Jakarta: Elex Media Komputindo

Riduwan. 2011. Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta

Risfandi, dkk. Pengaruh Manajemen Waktu Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas VIII SMP PS Kartika XX-Kendari. Universitas Halu Oleo. Diperoleh melalui http://ojs.uho.ac.id pada tanggal 06 November 2019.

Rusman, dkk. 2013. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.24036/jmpe.v2i4.7861