Implikasi Pengetahuan Kewirausahaan dan Kreativitas Terhadap Intensi Berwirausaha Siswa Kelas XII SMKN 1 Padang Panjang Tahun Ajaran 2019/2020

Ulfa Triane - Universitas Negeri Padang
Tri Kurniawati - Universitas Negeri Padang

Abstract


The research aims to determine the effect of entrepreneurial knowledge and creativity on entrepreneurial intentions of students at state vocational high school 1 of Padang Panjang in academic year 2019/2020. The population in this research was all students of class XII SMKN 1 of Padang Panjang in academic year 2019/2020. The samples use are 75 with proportional random sampling technique. The data is analyzed by using multiple regression with SPSS version 20 program. This research use asosiatif quantitative analysis. The results show that the entrepreneurial knowledge has positive and significant effect on entrepreneurial intentions (sig 0,001 < 0,05), and creativity also has positif and significant effect on entrepreneurial intention ( sig 0,000 < 0,05).

 

Keyword: entrepreneurial knowledge, creativity, entrepreneurial intention

Full Text:

PDF

References


Alika, Rizky. (2018). Mendikbud Lihat Lulusan SMK Banyak Menganggur karena Masalah Industri. (Online), ( Https:// amp.katadata.co.id./ berita/ 2018/ 11/ 08/ mendikbud- lihat- lulusan- smk- banyak- menganggur- karena-masalah-industri, diakses 2 Agustus 2019).

Armiati, A. (2011). Strategi Mewujudkan Sekolah Kejuruan Berbasis Kewirausahaan dalam Peningkatan Kemandirian dan Kreatifitas Siswa Melalui Koperasi Sekolah. TINGKAP, 7(2).

Armiati, A. (2010). Pengaruh Efikasi diri dan Hasil Belajar terhadap Minat Mahasiswa Membuka Usaha Melalui Motivasi Berwirausaha di Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Padang. (Tesis). DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM.

Badan Pusat Statistik. 2019. Keadaan Ketenagakerjaan Indonesia, Februari 2019.No.41/ 05/ Th. XXII, 06 Mei 2019.(Online), (Https://Www.Bps.Go.Id/Pressrelease.Html, Diakses 22 Juni 2019).

Oktaviana, V. D., & Umami, N. (2018). PENGARUH EFIKASI DIRI DAN KREATIVITAS TERHADAP INTENSI BERWIRAUSAHA PADA SISWA KELAS XI SMK NEGERI POGALAN TAHUN AJARAN 2017/2018. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 11(2), 80-88.

Kurniawan, T. D. (2011). Intensi berwiraisaha siswa sekolah menengah kejuan (SMK) Negeri 22 Jakarta: peran self efficacy, loc, risk taking behavior, eq, dan aq.

Etriyani, Y. E. (2014). Pengaruh Kreativitas, Peran Orang Tua, dan Efikasi Diri Terhadap Intensi Berwirausaha Siswa Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Pengasih. Skripsi. UNY.

Handayani, T. (2016). Evaluasi Tentang Pengetahuan Kewirausahaan dalam Meningkatkan Intensi Berwirausaha (Studi pada Mahasiswa Politeknik Negeri Bengkalis). Inovbiz: Jurnal Inovasi Bisnis, 4(2), 89-98.

Hendro. (2011). Dasar- Dasar Kewirausahaan. Jakarta: Erlangga.

Hendryadi & Suryani. (2016). Metode Riset Kuantitatif : Teori dan Aplikasi Pada Penelitian Bidang Manajemen dan Ekonomi Islam. Jakarta: Prenadamedia Group.

Indarti, N., & Rostiani, R. (2008). Intensi kewirausahaan mahasiswa: Studi perbandingan antara Indonesia, Jepang dan Norwegia. Journal of Indonesian Economy and Business, 23(4), 369-384.

Kurniawati, T. (2019). Improving Students’ Higher Order-thinking Skills Through Problem-based Learning in Introduction to Microeconomics Course. KnE Social Sciences, 9-20.

Lambing, P.A. & Kuehl, D.R. (2000). Entrepreneurial Intentions Research: Implication for Entrepreneurship Education.

Maryati, L., Indriayu, M., & Totalia, S. A. (2017). PENGARUH PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP NIAT BERWIRAUSAHA SISWA DI SMK NEGERI 4 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017. Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi, 3(2).

Nursito, S., & Jati, A. S. N. (2013). Analisis Pengaruh Interaksi Pengetahuan Kewirausahaan Dan Efikasi Diri Terhadap Intensi Kewirausahaan. Kiat bisnis, 5(3).

Pujoalwanto, B. (2014). Perekonomian Indonesia: tinjauan historis, teoritis, dan empiris. Graha Ilmu.

Saputri, R., Usman, M., & Kurniawati, T. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keberhasilan Usaha Penerima Bantuan KUBE Kanagarian Lakitan Tengah Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan. Jurnal Ecogen, 1(4), 915-924.

Setya, Agung. 2018. Faktor penyebab rendahnya minat rema untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. (Online),(http://jambidaily.com/detail/agung-setya-faktor-penyebab-rendahnya-minat-remaja-untuk-melanjutkan-pendidikan-ke-perguruan-tinggi/, diakses 02 Agustus 2019).

Sudrajad. (2012). Kiat Mengentaskan Pengangguran Dan Kemiskinan Melalui Wirausaha. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, N. S. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Wijaya, Tony. (2007). Hubungan Adversity Intelligence Dengan Intensi Berwirausaha. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan. Vol.9. No. 2, 117-127.

Umar, Husein. (2011). Metode Penelitian Untuk Skripsi Dan Tesis Bisnis. Jakarta: Rajawali Pers.

Vemmy, C. (2012). Faktor-faktor yang mempengaruhi intensi berwirausaha siswa SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(1).

Yohanna, L., & Wijono, H. D. (2016). Intensi Berwirausaha Ditinjau Dari Kreativitas Dan Kecerdasan Emosional. Sosio e-kons, 8(1).

Zampetakis, L. A., Gotsi, M., Andriopoulos, C., & Moustakis, V. (2011). Creativity and entrepreneurial intention in young people: Empirical insights from business school students. The International Journal of Entrepreneurship and Innovation, 12(3), 189-199.




DOI: http://dx.doi.org/10.24036/jmpe.v2i4.7852