Pengaruh Pendapatan Orang Tua dan Prestasi Belajar Terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi Pada Siswa Kelas XII Akuntansi SMK Negeri 2 Pariaman

Afra Mufida - Universitas Negeri Padang
Z Effendi - Universitas Negeri Padang

Abstract


This researcher aims to determine the factors that influence the Continuing Study Interest to University Students Vocational High School Number 2 Pariaman. The population in researcher is student on class XII Acounting Vocational High School Number 2 Pariaman Academic Year 2019/2020 amounted 107 students. This researcher used proportional random sampling with 85 students as sample. Data collection technique used questionnaire and processing with SPSS program version 21. The result of researcher are Income of Parent don’t Influential to Interest Continuing Study to University and  Achievement of Study Influential to Interest Continuing Study to Universitas in Student Class XII Acounting Vocational High School Number 2 Pariaman. The coefficient determination is 0,075 or 7,5%. The rest is 92,5% influential by other variabel.

 

Keywords:  income of  parents, achievement of study, interests continuing study to university.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Astuti, M. O., Syamwil, S., & Susanti, D. (2019). Analisis Faktor Minat Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Untuk Menjadi Guru Melalui Program Pendidikan Profesi Guru. Jurnal Ecogen, 1(4), 766-775.

Badan Pusat Statistik. Tingkatan Pendapatan. Diakses melalui https://www.bps.go.id pada tanggal 23 Februari 2019

Daryanto. 2009. Panduan Proses Pembelajaran Kreatif & Inovatif. Jakarta: Publisher.

Djaali.2012. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Djamarah, Syaiful Bahri.2012.Strategi Belajar Mengajar. Jakarta:Rineka Cipta

Fitriani, Khoerunisa. 2014. Pengaruh Motivasi, Prestasi Belajar, Status Sosial Ekonomi Orang Tua Dan Lingkungan Sekolah Terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi Pada Siswa Kelas XII Akuntansi SMK Negeri 1 Kendal. Economic Education Analysis Journal UNNES. 3(1)

Indriyanti, Ninuk. Dkk. 2013. Faktor-Faktor yang Memengaruhi Minat Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi pada Siswa Kelas XII Akuntansi SMK Negeri 6 Surakarta tahun 2013. Jurnal Pendidikan UNS 1(2): 1-10

Irianto, Agus. 2010. Statistik. Jakarta : Kencana

Mulyasa, E. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakara

Nasution, S. 2010. Sosiologi Pendidikan. Jakarta:Bumi Aksara.

Sadalia, N. D. 201. Analisis Personal Financial Literacy dan Financial Behavior Mahasiswa Strata I Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara. Media Informasi Manajemen.

Sarwomo, Sarlito W. 2010. Psikologi Remaja. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sardiman.2011.Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar.Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Slameto.2010. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Memperngaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Suciningrum, dkk. 2015. Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua dan Motivasi Belajar terhadap Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi pada kelas XI SMA Pusaka 1 Jakarta. Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Bisnis UNJ. 3(1)

Sugiyono.2010. Metode Peelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.Bandung:Alfabeta.

----------- 2012. Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

----------- 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

----------- 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syah, Muhibbin. 2010. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Umar, Husein. (2011). Metode Penelitian Untuk Skripsi Dan Tesis Bisnis. Jakarta: Rajawali Pers.

UNDP.2019.Human Development Index and Its Components. Diakses dari http://data.undp.org/dataset/Tabel-1-Human-Development-Indeks-and-its-components/wxub-qc5k pada tanggal 18 Februari 2019.




DOI: http://dx.doi.org/10.24036/jmpe.v2i4.7846