Perbandingan Hasil Belajar Ekonomi Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dengan Pembelajaran Konvensional Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Pariaman

Masniari Masniari - Universitas Negeri Padang
Syamwil Syamwil - Universitas Negeri Padang

Abstract


This article to inform: difference learning outcomes using  cooperative learning model type Student Teams Achievement Divisions with conventional at class XI  SMA Negeri 1 Pariaman. The research used quasi ekseperimental design, technique is purpossive sampling, the instrument trials, gain score,validity, reliability, different test problem, and difficulty levels. Data collection by documentation and test result of learning outcome. The population in this study is XI SMA Negeri 1 Pariaman and sample is XI IPS 1 for class eksperiment and XI IPS 2 for class control. The analytical method used paired sample t-test and independent samplet-test analysis. The result is : there are differences in student learning outcomes using cooperative learning model type Student Teams Achievement Divisions and conventional  economic subjects in class XI  SMA Negeri 1 Pariaman based on calculation  with Sig. value of 0,000.

 

Keyword: model student teams achievement divisions, konvensional, learning outcomes


Full Text:

PDF

References


Azmi, Sarah Nur. 2012. Perbandingan antara Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe STAD dengan Pembelajaran Konvensional dalam Rangka Meningkatkan Hasil Belajar PAI. Jurnal Pendidikan Agama Islam. Jakarta: UIN.

Dewi, N., Syamwil, S., & Armiati, A. (2015). Pengaruh Keterampilan Dasar dan Kesiapan Mengajar terhadap Hasil Program Pengalaman Lapangan Kependidikan. JIPE: Pengaruh Keterampilan Dasar dan Kesiapan Mengajar terhadap Hasil Program Pengalaman Lapangan Kependidikan (, 6(1), 15-21.Isjoni. 2010. Pembelajaran Kooperatif. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Kunandar. 2014. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Langkah Mudah Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Raja Wali Pers.

Mulyasa, E. 2010. Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konsep, Karakteristik dan Implementasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Risdiawati, Yania. 2012. Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS 4 SMA Negeri 1 Imogiri Tahun Ajaran 2011/2012. Yogyakarta: UNY.

Rodiyah, Endang Uliyanti, & Sri Buwono. 2012. Peningkatan AktivitasBelajar Menggunakan Model Kooperatif Tipe STAD Pembelajaran IPAKelas IV SDN 19. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. Semarang: UNNES.

Rusman, 2012. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Rustaman, N.Y, dkk. 2003. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Common Teextbook JICA IMSTEP. Bandung: FPMIPA UPI.

Sari, N. Armiati and Susanti D. 2013 Perbedaan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooeratif Course Review Horay Dengan Pembelajaran Konvensional Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X SMA Adabiah Padang. J. Econ. Econ. Educ, 1.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Slavin, Robert. E. 2016. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Sudjana. 2010. Strategi Pembelajaran. Bandung: Falah Production.

Sudjana, Nana. 2011. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suprijono, Agus. 2015. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Syah, Muhibbin. 2012. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Ultiza, Yuni dkk. 2013. Perbedaan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dengan Pembelajaran Konvensional pada Mata Pelajaran Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 9 Padang. Padang.

Undang-undang Republik Indonesia. Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan. 2003 diperbanyak oleh Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Yenti, G., & Susanti, S. P. (2014). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator And Explaining dengan Metode Pembelajaran Ceramah pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI SMA Negeri 4 Padang. Pendidikan Ekonomi, 1(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.24036/jmpe.v2i4.7841