Pengaruh Motivasi Belajar dan Kemandirian Belajar Terhadap Nilai Mid Semester Genap Tahun Ajaran 2018/2019 Pada Mata Pelajaran Komunikasi Bisnis Siswa Kelas X Jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran SMK Negeri 3 Padang

Fatmawati Fatmawati - Universitas Negeri Padang
Z Effendi - Universitas Negeri Padang

Abstract


The Influence of Learning Motivation and independence of Learning on the result OF Communication Business Learning Class X Business Daring and Marketing SMK Negeri 3 Padang Academic Year 2018/2019. The analytical method used is multiple regression analysis using the SPSS 25 program. This research wants understands whether there are: 1) the Influence of Learning Motivation and Independence of Learning together with the result of communication business learning Class X Business Daring and Marketing SMK Negeri 3 Padang Academic Year 2018/2019, 2) the Influence of Learning Motivation on the result of  Communication Business Learning, 3) the influence of  independence of Learning on the result of  Communication Business Learning.

Keywords: learning motivation, learning independence


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Ali. M & Asrori. 2005. Psikologi Remaja, Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Bumi Aksara.

Psikologi Remaja, Perkembangan Peserta Didik.Jakarta: Bumi Aksara.

Dalyono, 1997. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Djamarah. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Dodik, Mulyono. 2017. The Influence Of Learning Model And Learning Independence On Mathematics Learning Outcomes By Controlling Students' Early Ability. Journal of mathematics education e-issn: 1306-3030. 2017, vol. 12, no. 3, 689-708

Fatimah 2017 Pengaruh motivasi belajar dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar. Tahun Pelajaran 2016/2017. Artikel. Jambi. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi

Hamalik. 2004. Psikologi Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Manajemen Belajar Diperguruan Tinggi. Bandung: Sinar Baru Algasindo.

Hayati, Nur Ida 2014. Pengaruh Fasilitas belajar dan kemanirian siswa terhadap hasil belajar mata pelajaran otomotisasi perkantoran siswa kelas X di SMK Negeri Bukitinggi Negeri 2 Bukitinggi, tahun pelajaran 2014/2015. Skripsi. Padang: Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang

Idris. 2010. Aplikasi Model Analisis Data Kuantitatif dengan Program SPSS. Padang : FE UNP.

Indonesia. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Pusat Info Data Indonesia

Irianto, Agus. 2010. Statistik. Jakarta : Kencana

Kurniawan, Romi. 2011. Pengaruh self-efficacy dan motivasi belajar mahasiswa terhadap kemandirian belajar mata kuliah analisis laporan keuangan pada mahasiswa program studi pendidikan akuntansi angkatan 2008 fakultas ilmu sosial dan ekonomi universitas negeri yogyakarta. Yogyakarta : fakultas ilmu sosial dan ekonomi UNY

Mestika, Della. 2012. Pengaruh Motivasi Belajar dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa IPS SMA dan MA Se Kecamatan Salimpaung. Skripsi. Padang: Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang

Mudjiman, H. 2007. Belajar Mandiri. Surakarta: UNS Press.

Belajar Mandiri. Surakarta: UNS Press.

Moses, Kopong. 2019. The effect of motivation and learning behaviour on student achievement. Jurnal of Education, Volume 39, Number 1, February 2019

Junaidi, N., Silvia, A., & Susanti, D. (2018). Pengaruh Motivasi Memasuki Dunia Kerja Dan Prestasi Belajar Terhadap Kesiapan Kerja Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang. Jurnal Ecogen, 1(2), 408-415.

Nuryoto, S. 1993a. Hubungan Antara Peran Jenis dengan Kemandirian Siswa SMU. Disertasi (tidak diterbitkan). Yogyakarta: Fakultas Psikologi UGM.

b. Kemandirian Remaja Ditinjau dari Tahap Perkembangan, Jenis Kelamin, dan Peran Jenis. Jurnal Psikologi. Yogyakarta: Fakultas Psikologi UGM.

Riduwan. 2008. Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta.

Risa, Triarisanti 2019. The Influence Of Interest And Motivation On College Students’ Language And Art Appreciation Learning Outcomes. Jurnal of Education Vol. 11 No. 2, February-2019, pp. 130-135

Rullyan, Fadhila. 2014. Pengaruh Pemanfaatan Waktu, Kemandirian dan Kesiapan Siswa dalam belajar terhadap Hasil belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Kelas XI IPS SMA N 2 Padang. Skripsi. Padang: Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang

Sardiman. 2009. Interaksi dan Motivasi Dalam Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo

Interaksi dan Motivasi Dalam Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.

Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.

Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.

Samsudin, Endang 2013 Pengaruh Motivasi Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa (Survey Pada Sekolah Menengah Pertama (Smp) Negeri Di Kecamatan Telagasari – Karawang). Tahun pelajaran 2012/2013. Artikel. Sekolah Menengah Pertama Nahdlatul Ulama Garunggung Karawang

Sudjana, 2009. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algasindo.

Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rajawali Perss.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta

Suliyanto. 2011. Ekonometrika Terapan : Teori & Aplikasi dengan SPSS.Yogyakarta: ANDI

Tahar, Irzan. 2006. Hubungan Kemandirian Belajar Dan Hasil Belajar Pada Pendidikan Jarak Jauh. Jurnal Pendidikan

Tirtahardja, Umar dan Sulo, La. 2005. Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta

Umar dan La Sulo. 2005. Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Umar, Husein. 2011. Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: Rajawali Pers.

Uno, Hamzah B. 2011. Teori Motivasi dan Pengukuran. Jakarta: Bumi Aksara

Teori Motivasi dan Pengukuran. Jakarta: Bumi Aksara

Prayekti. 2018. The Influence of Cognitive Learning Style and Learning Independence on the Students’ Learning Outcomes. Jurnal Higher Education Studies; Vol. 8, No. 2; 2018 ISSN 1925-4741 E-ISSN 1925-475X

Yamin, Martinis, 2008. Desain Pembelajaran Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada Press.

Yusuf Mappeasse, Muh 2010 Pengaruh cara dan motivasi belajar terhadap hasil belajar programmable logic controller (plc) siswa kelas iii jurusan listrik smk negeri 5 makassar. Tahun pelajaran 2009/2010. Artikel makassar. Fakultas Teknik UNM




DOI: http://dx.doi.org/10.24036/jmpe.v2i3.7411