Pengaruh Kebiasaan Belajar Efektif dan Lingkungan Teman Sebaya terhadap IPK Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang Angkatan 2014, 2015 dan 2016
Abstract
This research aims to identify : (1) The influence of learning habit and peer group to learning achievement university student, (2) the influence of peer group to learning achievement university student. (3) the influence of learning habit and peer group to learning achievement university student This research was a descriptive causative with quantitative approach. The subject of this research was all university student at Economic Faculty entered year 2014, 2015 and 2016 and the sampling technique used proportional random sampling. Total sample of this research was 339 university student. The research’s sample test of validity and test of reability. Test of Analysis consisted of normality test, multi-collinearity test and heteroskedastisity test. Hypothesis test was consisting multiple regression with SPSS version 21 for windows. Research result : (1) have a positive and significant influence between learning ability to learning achievement The University Student at Economic Faculty of Padang State University, (2) have a positive and influence between peer group to learning achievement the University Student at economic Faculty of Padang State University, (3) have postitve and signifiant influence between learning habit and peer group to learning achievement the University Student at Economic Faculty of Padang State University.
Key words : learning habit, peer group, learning achievement (IPK)
Full Text:
PDFReferences
Akhirmen. 2008. Statistik I ( buku ajar). Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang
Angkowo, A, Kosasih . 2017. Optimalisasi media pembelajaran. Yogyakarta: Gramedia Widiyasarana Indonesia
Arifin, Prima. 2012. Hubungan Kebiasaan Belajar dengan Prestasi Belajar kelas VII V SMP Negeri 13 Malang. Skripsi.Program Studi Pendiidikan Pancasila dan Kewarganegaraan fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta
Dalyono. 2009. Psikologi Pendidikan.Jakarta: Rineka Cipta
Dameri, Yulli Putri. 2014. Pengaruh Kebiasaan Belajar Dan Lngkungan Teman Sebaya Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS di Kelas VII SMP N 2 Sawah Lunto. Skripsi. Program studi pendidikan ekonomim Universitas Negeri Padang.
Daruyani, Safitri,dkk. 2013. Faktor faktor yang mempengaruhi IPK Mahasiswa FSM Universitas Diponegoro semester pertama dengan metode Regresi logistik biner. Jurnal ISBN 978-602-14387-0-1
Desmita. 2014. Psikologi Perkembangan. Bandung : Remaja Rosadakarya
Diapan. Hanipan. 2015.Hubungan Antara Kebiasaan belajar dengan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Geografi di kelas X SMA N 1 Dungaliyo. Artikel. Program Studi Pendidikan Geografi Universitas Negeri Gorontalo
Djaali. 2010. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Hakim, Thursan. 2000. Belajar secara efektif : panduan menemukan teknik belajar, memilih jurusan dan menentukan cita cita. Jakarta : Puspa Swara
Irianto, Agus. 2010. Statistik. Konsep Dasar dan Aplikasinya.Jakarta: Prenada Media Group
Mujiastuti, Agustina I. K. 2015. Pengaruh pertemanan sebaya terhadap prestasi belajar pendidikan agama islam siswa kelas XI SMA N 1 Sewon, Bantul tahun ajaran 2013/2014. Jurnal Literasi Volume VI No. 1 Juni 2015
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2014. Peraturan Standar Nasional Pendidikan Tinggi no 49”. Jakarta : Depdikbud
Peraturan Pemerintah.1999. Pendidikan Tinggi no. 60. Jakarta : Permen RI
Prayitno. 2007. Pengembangan Potensi Mahasiswa. Padang. UNP Press
Prawira, Purna Almaja. 2016. Psikologi Pendidikan dalam Perspektif Baru.Yogyakarta: ArRuzz media
Saifuddin. 2014. Pengelolaan Pembelajaran Teoritis dan Praktis. Yogyakarta:
Deepublish
Santosa, Slamet. 2009. Dinamika Kelompok Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara
Santrock, John. W. 2009 .Psikologi Pendidikan. Jakarta : Salemba Humanika
Saputro, Singgih Tego. 2012. Pengaruh Disiplin Belajar dan Lngkungan Teman Sebaya terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2009 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Akuntansi. Yogyakarta : FE UNY
Siagian. Roida E.F. 2015. Pengaruh Minat dan Kebiasaan Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif 2 (2): 122-231. ISBN:2088-351X
Slameto, 2010.Belajar dan Faktor Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Sardiman. 2012. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Raja Grafindo Persada
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suliyanto. 2011. Ekonometrika Terapan – Teori dan Alpikasi dengan SPSS. Yogyakarta: Andi
Syah, Muhibbin. 2012. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Press
UNP Press. 2012. Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru. Padang: UNP Press
UNP Press. 2007. Buku Panduan Tugas Akhir. Padang: UNP Press
Winkel, WS. 2007. Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi
Wahab, Rohmalina. 2016. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali
DOI: http://dx.doi.org/10.24036/jmpe.v1i1.4722