Rekomendasi Strategi Ekspansi dan Strategi Promosi: Studi pada Fauve Imagine Photography Service

Hafiza Adlina - Universitas Sumatera Utara
Nana Dirbawanto - Universitas Sumatera Utara

Abstract


Salah satu sektor riil yang perlu difokuskan adalah industri kreatif yang dapat menjadi pertumbuhan penting dan mengambil bagian dalam perekonomian Indonesia. Ada banyak peluang dalam industri kreatif, salah satunya adalah industri fotografi. Dengan alasan ini, kita dapat menyimpulkan bahwa itu adalah industri yang prospektif dan akan menjadi alasan utama bagi Fauve Imagine untuk terlibat di dalamnya. Namun, setelah satu tahun melakukan bisnis, Fauve Imagine telah menemukan beberapa masalah terutama di pasar dan promosi yang menyebabkan penjualan menurun. Untuk mengidentifikasi kondisi lebih lanjut dari Fauve Imagine, perusahaan telah melakukan analisis internal dan analisis eksternal. Analisis internal adalah segmentasi, penargetan dan positioning (STP) dan bauran pemasaran. Analisis pelanggan menggunakan SERVQUAL sebagai dasar wawancara dengan dimensi yang ada, nyata, keandalan, responsif, jaminan dan empati. Analisis Benchmark menggunakan bauran pemasaran untuk mendapatkan wawasan tentang tolak ukur. Selanjutnya, Fauve Imagine menggunakan analisis SWOT untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman. Kekuatannya berkualitas baik, harga kompetitif, paket variatif dan waktu yang fleksibel. Kelemahannya adalah operasi, pasar terbatas dan baru ke pasar. Peluang adalah pembentukan pameran pernikahan, vendor lain membutuhkan waktu lebih lama untuk melakukan pasca produksi, mengubah preferensi pelanggan potensial dan kemitraan dengan konsultan pernikahan atau penyelenggara. Ancaman adalah pesaing yang sama dengan layanan yang ditawarkan sama, pintu masuk baru dengan harga terjangkau dan penukaran mata uang. Terakhir, Fauve Imagine menggunakan analisis akar penyebab untuk menemukan penerbitan terperinci yang menyebabkan penurunan penjualan Fauve Imagine. Ada orang, peralatan, promosi, lingkungan dan strategis. Fauve Imagine fokus pada isu strategis dan promosi. Hasil analisis menghasilkan ekspansi bisnis, perilaku pelanggan di Mdean, promosi online, promosi offline dan pemasaran omni-channel, yang didasarkan dari analisis pasar yang merangkum dari pelanggan fotografi pernikahan, tolak ukur fotografi pernikahan dan ahli dari pasar pernikahan. Tujuan ekspansi bisnis adalah untuk meningkatkan pendapatan dengan menciptakan pasar baru bagi perusahaan. Strategi perilaku pelanggan akan menentukan target pasar yang memiliki kesamaan dengan target pasar saat ini. Strategi promosi online diperlukan untuk mendukung ekspansi bisnis ke pasar baru diikuti dengan promosi offline dan pemasaran omni-channel. Durasi rencana akan menjadi satu tahun dengan perkiraan anggaran 71 juta rupiah. Selain itu, perusahaan mengharapkan peningkatan eksposur di pasar baru yang akan melibatkan peningkatan penjualan. Solusi berikut ini dengan rencana implementasinya akan mengatasi masalah utama Fauve Imagine yang merupakan penurunan penjualan.

Kata kunci: Saluran pasar baru, saluran-omni, SERVQUAL, layanan, fotografi


Full Text:

PDF

References


Akroush, M. (2011). The 7p Classification of the Services Marketing Mix Revisited: An Empirical Assessment of their Generalisability, Applicability and Effect on Performance – Evidence from Jordan’s Services Organisations. Jordan Journal of Business Administration.

Alam, I., Perry, C. (2002). A Customer-Oriented New Service Development Process. Journal of Services Marketing.

Alshenqeeti, H. (2014). Interviewing as a Data Collection Method: A Critical Review. Sciedu Press.

Anwar, J., Shah, S., and Anwar, J., (2016). Business Strategy and Organizational Performance: Measures and Relationships. Pakistan Economic and Social Review.

BeKraf. (2010). http://indonesiakreatif.bekraf.go.id/ikpro/en/ekonomi-kreatif/

Bridestory, (2017). https://www.bridestory.com/id/blog/2017-indonesia-wedding-industry-report-by-bridestory

Han, J., Ning, J., Kamran, M. (2010). Study on Wedding Photography and Strategic Business Plan for Wedding Photography Studio. University of Göteborgs

Hernev, A. (2007). Strategic Marketing Analysis. Bridghtstar Media. Inc.

Innis, D., Londe, B. (1994). Customer Service: The Key to Customer Satisfaction, Customer Loyalty, and Market Share. Journal of Business Logistics.

Joshi, A., Kadam, P. (2014). An Application of Pareto Analysis and Cause Effect Diagram for Minimization of Defects in Manual Casting Process. International Journal of Mechanical And Production Engineering.

Kartawinata, B., Wardhana, A. (2013). Marketing Strategies and Their Impact on Marketing Performance of Indonesian Ship Classification Society. International Journal of Science and Research.

Liao, W., Tang, T., and Chi , L. A Study of Applying Quality Function Deployment & Service Quality Model to Service Quality of Credit Department of Farmers’ Association – a Case Study in Taiwan. International Research Journal of Applied Finance.

Magazine, Vice. (2017). https://www.vice.com/id_id/article/7x9gaa/instagram-pemicu-ongkos-pernikahan-di-indonesia-makin-gila-gilaan

Min, S., Kim, N., and Zhan, G., (2016). The Impact of Market Size On New Market Entry: A Contingency Approach. Emerald Publishing Limited.

Mustawadjuhaefa., Basrimodding., Muh.Jobhaarbima., and Ilhamlabbase. (2017). Marketing Mix and Service Quality Effect on Customer Satisfaction and Loyalty of Toyota Cars. Quest Journals.

Omar, N., Tangus, D., (2017). Effects of Market Expansion Strategies on Performance of Commercial Bank in Mombasa County. International Journal of Economics, Business and Management Research.

Osita, I., Oyebuchi, R., and Justine, N. (2014) Organization’s stability and productivity: the role of SWOT analysis an acronym for strength, weakness, opportunities and threat. International Journal of Innovative and Applied Research.

Paquette, H. (2013). Social Media as a Marketing Tool: A Literature Review. University of Rhode Island.

Payne, E., Peltier, W., and Barger, A. (2017). Omni-Channel Marketing, Integrated Marketing, Communications and Consumer Engagement. Emerald Publishing Limited.

Peter, J. Olson, J. (2010). Consumer Behavior & Marketing Strategy; Ninth Edition. McGraw-Hill Irwin.

Reinders., Dabholkar., and Frambach. (2008). Reviewed the implications of the Internet in particular and technology in general for services marketing and service quality as a productive ground for future research

Shamim, A., Ghazali, Z., Khan, Z., and Jamak, A. (2017). Gender and Ethnic Group Differences in Customer Citizenship Behaviour. Global Business and Management Research: An International Journal Vol. 9.

Svensson, G., Wood, G., (2006). The Pareto Plus Syndrome In Top Marketing Journals: Research and Journal Criteria. Emerald Group Publishing Limited.

Tantsurina, A. (2017). Developing a social media marketing strategy for the horse industry customer group. Häme University.

Uggla, H. (2015). Aligning Brand Portfolio Strategy with Business Strategy. The IUP Journal of Brand Management.

Wang, F., Huang, M., and Shou, Z. (2015). Business expansion and firm efficiency in the commercial banking industry: Evidence from the US and China. Springer Science+Business Media New York.

Wang, J. (2012). A Study of Quality Based Service Design for Wedding Photography Services. Chalmers Reproservice Göteborg, Sweden 2012.

Yan, B., Baldwin, J. (2012). Market Expansion and Productivity Growth: Do New Domestic Markets Matter as Much as New International Markets?. the Minister responsible for Statistics Canada.




DOI: http://dx.doi.org/10.24036/jmpe.v5i1.12845