The Influence of Organizational Climate on Employee Organizational Commitment with Organizational Justice as a Variable of Mediation in PT. Harry Tridarma

Danil Danil - Universitas Negeri Padang
Syahrizal Syahrizal - Universitas Negeri Padang
Mega Zona - Universitas Negeri Padang

Abstract


Tujuan dan kegunaan penelitian yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Iklim Organisasional Terhadap Komitmen Organisasional Karyawan Dengan Keadilan Organisasional Sebagai Variabel Mediasi Pada PT. Harry Tridarma. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan penelitian kausal komperatif.  Populasi adalah seluruh karyawan pada PT. Harry Tridarma. Jumlah populasi sebanyak 50 orang karyawan. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dengan teknik total sampling yaitu metode pemilihan sampel yang diaplikasikan pada seluruh anggota populasi. Jenis dan sumber data adalah data primer dan dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu survei. Alat pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner yang disebarluaskan kepada responden. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data menggunakan pendekatan Partial Least Square (PLS).Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Iklim organisasional berpengaruh positif signifikan terhadap keadilan organisasionalpada karyawan PT. Harry Tridarma. 2) Keadilan organisasional berpengaruh positif signifikan terhadap Komitmen organisasionalpada karyawan PT. Harry Tridarma. 3) Iklim organisasional tidak berpengaruh signifikan terhadap Komitmen organisasionalpada karyawan PT. Harry Tridarma. 4) Keadilan organisasional memediasi pengaruh iklim organisasional terhadap komitmen organisasionalpada karyawan PT. Harry Tridarma.

Kata Kunci :Iklim Organisasional, Komitmen Organisasional, Keadilan Organisasional


Full Text:

PDF

References


Achmad Sobirin. 2007. Budaya Organisasi. Yogyakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN.

Arikunto Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta: PT Rineka. Cipta.

Bakhshi, Arti. 2009. Organizational Justice Perceptions as Predictor of Job satisfaction and Organization Commitment. International Journal ofBusiness and Management, vol. 4, no. 9.

Griffin, Ricky W. 2004. Manajemen.Edidsi ketujuh. Jakarta: Erlangga.

Idris.2014. Aplikasi Model Analisis Dan Kuantitatif Dengan Progran SPSS.

` Padang: Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang.

Kreitner, Robert dan Angelo Kinicki. 2001. Organizational Behavior. New York : McGraw-Hill Companies, Inc.

Harris Kristanto. 2015. Keadilan Organisasional, Komitmen Organisasional,dan Kinerja karyawan. Jurnal Manajemen Bisnis Universitas Kristen Petra, vol. 17, no. 1

Harwin Sukamto, Yoshua Junarto, Thomas Kaihatu, Endo Wijaya Kartika. 2014. Analisa Pengaruh Komitmen Afektif, Komitmen Normatif, dan Komitmen Berkelanjutan Terhadap Turnover Intention Di Dragon Star Surabaya. Jurnal Hospitality dan Manajemen Jasa, vol. 2, 466-478

Kurniasari, Devi. 2013. Pengaruh lingkungan kerja dan iklim organisasi terhadap komitmen organisasi melalui kepuasan keja karyawan pada dinas pasar unit pasar tanjung kabupaten jember. Jurnal Ilmu Ekonomi, vol. 8 no. 2, mei 2013.

Luthans, Fred. 2006. Perilaku Organisasi. Yogyakarta: Andi.

Nur Indriantoro dan Bambang Supomo. 1999. Metodologi Penelitian Bisnis. Yogyakarta: BPFE

Riduwan dan Achmad Kuncoro Engkos.2011. Cara Menggunakan danMemaknai Analisis Jalur (PATH ANALYSIS). Bandung: Alfabeta.

Robbins, Stephen P dan Judge, Timothy A. 2008.Perilaku Organisasi.Edisi 12.Jakarta : Salemba Empat.

Suarningsih. 2013. Pengaruh Iklim Organisasi TerhadapKomitmen Organisasional Dan Kinerja Karyawan Di Rumah Sakit Lawang Medika. Jurnal Universitas Brawijaya, vol 11, no. 2.

Sugiyono. 2005. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Sutrisno, Edy .2010.Budaya Organisasi.Edisi 1.Jakarta : Kencana

Wibowo. 2014. Manajemen Kinerja. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Widyaningrum, M. E.2010. Pengaruh keadilan organisasi terhadap kepuasan kerja,komitmen dan OCB pegawai Jurnal Manajemen, No. 100, April2010.

Winarta. 2008. Pengaruh Kepuasan Kerja Pada Komitmen Organisasional Dengan Usia Dan Masa Kerja Sebagai Variabel Pemoderasi, Studi Kasus.Surakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.24036/jkmw0278970