Pengaruh Efikasi Diri Terhadap Perencanaan Karir Karyawan dengan Motivasi Karir Sebagai Variabel Mediasi pada PT. Padang Intermedia Pers Bagian Padang Ekspres Kota Padang, Sumatera Barat

Nur Hasibuan - Universitas Negeri Padang
Syahrizal Syahrizal - Universitas Negeri Padang

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis: (1) Pengaruh efikasi diri terhadap perencanaan karir karyawan pada PT. Padang Intermedia Pers bagian Padang Ekspes Kota Padang, Sumatera Barat. (2) Motivasi karir sebagai pemoderasi pada efikasi diri dan perencanaan karir pada PT. Padang Intermedia Pers bagian Padang Ekspres Padang, Sumatera Barat. Populasi pada penelitian ini yaitu 101 yang kemudian ditarik sampel sebesar 81 dengan tekhnik proporsional clustered simple random sampling. Tekhnik analisis yang digunakan adalah analisis Sentral Equation Model (SEM) dengan bantuan program PLS 3.0.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Efikasi diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi karir karyawan pada karyawan PT. Padang Intermedia Pers bagian Padang Ekspres Kota Padang, Sumatera Barat. (2) Efikasi diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap perencanaan karir karyawan pada PT. Padang Intermedia Pers bagian Padang Ekspres Kota Padang, Sumatera Barat. (3) Motivasi karir berpengaruh positif dan signifikan terhadap perencanaan karir karyawan pada PT. Padang Intermedia Pers bagian Padang Ekspres Kota Padang, Sumatera Barat. (4) Motivasi karir secara signifikan memediasi pengaruh antara efikasi diri dengan perencanaan karir karyawan pada PT. Padang Intermedia Pers bagian Padang Ekspres Kota Padang, Sumatera Barat.

 

Keywords:   Perencanaan Karir Karyawan, Efikasi Diri, Motivasi Karir


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24036/jkmw0260260