Pengaruh Atribut Produk Wisata dan Electronic Word of Mouth (E-WOM) Terhadap Keputusan Berkunjung pada Kawasan Wisata Mandeh

Yudi Dani - Universitas Negeri Padang
Thamrin Thamrin - Universitas Negeri Padang

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan membuktikan seberapa besar (1) Pengaruh Atribut Produk Wisata terhadap Keputusan Berkunjung, (2) Pengaruh Electronic Word of Mouthterhadap Keputusan Berkunjung, jenis penelitian ini adalah penelitian kausatif, dimana penelitian ini menggambarkan dan menganalisis hubungan-hubungan antara satu variabel dengan variabel lainnya atau bagaimana suatu variabel mempengaruhi variabel lainnya. Populasi dalam penelitian ini adalahsemua orang yang pernah berkunjung atau yang sedang berkunjung ke Kawasan Wisata Mandeh. Sampel yang digunakan sebanyak 100 orang dengan menggunakan teknik accedental sampling. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan induktif melalui analisis regresi berganda dengan menggunakan program SPSS versi 21.0, hipotesis diuji dengan uji F dan Uji t pada α = 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Atribut Produk Wisata berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Keputusan Berkunjungdengan nilai thit= -0,046 dan sig = 0,591, (2) Electronic Word of Mouth (E-WOM) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan berkunjung dengan nilai thit=6,793 dan sig = 0,000.

 

Keywords: Atribut Produk Wisata, Electronic Word of Mouth, Keputusan Berkunjung

Full Text:

PDF

References


.J., Muljadi. 2010. Kepariwisataan dan Perjalanan.

Abdi, Yuyung. 2012. Photography From My Eyes. Jakrta: PT. Elex Media Komputindo.

Alwi, Audy Mirza. 2004. Foto Jurnalistik: Metode Memotret dan Mengirim Foto ke Media Massa. Jakarta: Bumi Aksara.

Antopani, Tendi. 2015. “Fotografi, Pariwisata, dan Media Aktualisasi Diri.” Jurnal Rekam Vo. 11 No. 1.

Aziz, Sholechul. 2008. Jurus Rahasia Jago Fotografi Digital untuk Pemula. Jakarta: Kir Direction.

Barnbaum, Bruce. 2010. The Art of Photography (An Approach to Personal Expression). Santa Barbara: Rocky Nook Inc.

Barthes, Roland. 1982. Elements of Semiology English Translation: Jonathan. New York: Hill and Wang.

Buhalis, Dimittrios. 2000. “Marketing the Competitive Destination of the Future.” Journal of Tourism Management Vol. 21 (1).

Burhanuddin. 2014. Fotografi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Blackwell, R., et al., 2001. Consumer Behavior 9th Edition. Orlando: Harcourt.

Cox, C., Burgess, S., Sellitto, C., & Buultjens, J.2009. “The Role of User-generated Content in tourists’ Travel Planning Behaviour.”Journal of Hospitality Marketing and Management. 18(8) 743-764.

Dina, Razvan & Sabou, Gabriel. 2012.“Influence of Social Media in Choice of Touristic Destination.”Cactus Tourism Journal Vol. 3, Issue 2/2012.

Drummond, Helga. 2003. The Darker Side of Innovation. Journal of Information Technology. Vol. 18 (2).

Fotis, J. N., 2015. “The Use of Social Media and Its Impacts on Consumer Behaviour: The Context of Holiday Travel.”Disertasi. Boston: Bournemouth University.

Jallivand, Mohammad Reza & Samie, Neda. 2012. “The Effect of word-of-mouth on Inbound Tourists Decision for Travelling to Islamic Destination (The Case of Isfahan as a Tourist Destination in Iran).”Journal of Islamic Marketing Vol. 3 (1).

Karyadi, Bambang. 2017. Fotografi: Belajar Fotografi. Bogor: NahlMedia.

Hasan, Ali. 2015. Tourism Marketing. Yogyakarta: Center For Academic Publishing Service.

Hasan, M. Iqbal. 2002. Pokok-pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya. Bogor: Ghalia Indonesia.

Holloway, et al.,2009. The Business of Tourism. Prentice Hall: Financial Times.

Husein, Umar. 2011. Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis Edisi 11. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Idris. 2014. Pelatihan Analisis SPSS. Padang: Himpro Manajemen Fakultas Ekonomi UNP.

Ismayanti. 2009. Pengantar Pariwisata. Jakarta: Grasindo.

Kaplan, Andreas M., & Haenlein, Michael. 2010. “Users of the World , Unite! The Challlenges and Opportunities of Social Media.” Business Horizons Journal 53. 59-68.

Kotler, Philip & Amstrong, Gary. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran Edisi 12 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip & Keller, Kevin Lane. 2012. Manajemen Pemasaran Edisi 13. New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Kusmayadi & Sugiarto, E., 2000. Metodologi Penelitian dalam Bidang Kepariwisataan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Lester, Paul Martin. 2014. Visual Communication Images With Messages 6th Edition. Boston, USA: Wadsworth 20 Channel Center Street.

Listiono. 2017. “Instagram, Wisata Foto, dan Dampaknya terhadap Peningkatan Jumlah Wisatawan di Yogyakarta.”The 5th Urecol Proceeding.

Lo, I. S., McKercher, B., Lo, A., Cheung, C. And Law, R. 2011. “Tourism and Online Photography.” ArticleTourism, 32(4), 725-731.

Madondo, E. 2015. “The Influence of Social Media in Promoting The Tourism Industry in Durban South Africa.”Tesis. South Africa: Durban University of Technology.

Martono, Nanang. 2011. Statistika Sosial. Yogyakarta: Gava Media.

Mayasari, Widya Muna & Budiatmo, Agung. 2017. “Pengaruh Atribut Produk Wisata dan Word-of-mouth terhadap Keputusan Berkunjung pada Objek Wisata Taman Margasatwa Semarang.”Jurnal Administrasi Bisnis Vol. 6(1)

Mc Quail, Denis. 2011. Teori Komunikasi Massa. Jakarta: Salemba Empat.

Muljadi, A.J. 2012. Kepariwisataan dan Perjalanan. Jakarta: Raja Grafindo Perkasa.

Mulyanta, Edi . 2007. Teknik Modern Fotografi Digital. Yogyakarta: Andi Offset.

Nurdiansyah. 2014. Peluang dan Tantangan Pariwisata Indonesia. Bandung: Alfabeta.

Oka, Yoeti. 2008. Ekonomi Pariwisata: Introduksi, Informasi, dan Implementasi. Jakarta: Kompas.

Pendit, Nyoman S. 2006. Metode Penelitian Pariwisata. Yogyakarta: Andi Offset.

Pitana, I Gede & Gayatri, Putu G. 2005. Sosiologi Pariwisata. Yogyakarta: Andi Offset.

Priyanto, dkk., 2015. “Pengaruh Produk Wisata, Destination Image dan Word-of-mouth terhadap Keputusan Berkunjung (Studi Kasus Pada Pengunjung Objek Wisata Goa Kreo Semarang).” Jurnal Administrasi Bisnis.

Riduwan. 2010. Metode dan Teknik Menyusun Tesis Cetakan ke-8. Bandung: Alfabeta.

Sema, Patarawadee. 2013.Does Social Media Affect Consumer Decision-Making.MBA Student Scholarship. Paper 24. Jhonson and Wales University.

Setiadi, Nugroho. 2008. Perilaku Konsumen: Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Jakarta: Kencana.

Seyidov, Javid & Adomaitiene, Roma. 2016. “Factors Influencing Local Tourists Decision Making on Choosing a Destination: A case of Azarbaijan.” Ekonomika Journal Vol. 95 (3), 112-127.

Stylianou-Lambert, T. & Bounia, A. 2012. “War Museums and Photography.” Article Museum and Society, 10(3), 183-196.

Sudjana. 2005. Metode Statistika Edisi Ke-6. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. 2004. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitaif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi, Arikunto & Jabar. 2008. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Sukarya, Deniek G. 2009. Kiat Sukses Daniek G Sukarya dalam Fotografi dan Stok Foto. Jakarta: PT. Sukarya & Sukarya Pandetama.

Sunardi, St. 2004. Semiotika Negativa. Yogyakarta: Penerbit Buku Baik.

Suwantoro, Gamal. 2009. Pengantar Ilmu Pariwisata. Yogyakarta: Andi Offset.

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran Edisi 13. Yogyakarta: Andi Offset.

Utama, I Gusti Bagus Rai & Mahadewi, Ni Made Eka. 2012. Metodologi Penelitian Pariwisata dan Perhotelan. Yogyakarta: Andi Offset.

Vanhove, Norbert. 2005. The Economics of Tourism Destinations. Heinemann: Elsevier Butterworth.

Yusuf, Abdul & Sulaeman, Eman. 2014. “Pengaruh Atribut Produk Wisata Terhadap Place Branding dan Implikasinya Terhadap Keputusan Mengunjungi Destinasi Wisata Pantai (Survei Terhadap Wisatawan Nusantara di Kabupaten Karawang.” Jurnal Ilmiah Solusi Vol. 1 No. 1.




DOI: http://dx.doi.org/10.24036/jkmw0255210