Pengaruh Customer Dissatisfaction dan Word of Mouth (WOM) Terhadap Brand Switching pada California Fried Chicken (CFC) ke Fast Food Merek Lain (Studi Kasus pada Masyarakat Kota Padang)

Mufira Widianti - Universitas Negeri Padang
Okki Trinanda - Universitas Negeri Padang

Abstract


This research is motivated by the emergence of the phenomenon of society that tends to shift brands especially in the fast food category. This research aims to analyze the effect of customer dissatisfaction and word of mouth (WOM) on brand switching in humanity of Padang city. The population in study are humanity of Padang city who had consumed fast food CFC then switched to another brand. While the sample is determined by purposive sampling method, in order to obtain a sample of 100 respondents. Data used in this research are primary ones which obtained from questionnaire. Data analysis method used multiple regression analysis and tested using the SPSS version 15.0 application. This study founds that the independent variables that have significant effect and the probability of dependent variables. The result showed accurately prediction as much as 45,2%.

 

Keywords: Brand Switching, Customer Dissatisfaction, Word of Mouth (WOM)


Full Text:

PDF

References


Ahmad Bashori. 2018. "Pengaruh Ketidakpuasan dan Kebutuhan Mencari Variasi terhadap Perpidahan Merek Smartphone Samsung ke Merek Smartphone Lain di Wilayah Surabaya". Jurnal Ilmu Manajemen, Vol 6(1), Hlm. 1-8

Anandhtiya Bagus Arianto. 2013. "Pengaruh Atribut Produk, Harga, Kebutuhan Mencari Variasi dan Ketidakpuasan Konsumen terhadap Keputusan Perpindahan Merek dari Samsung Galaxy Series di Kota Malang". Jurnal Aplikasi Manajemen, Vol. 11(2), Hlm. 294-305.

Anggoro Novianto. 2012. “Pengaruh Ketidakpuasan Konsumen, Iklan Pesaing, Perilaku Mencari Variasi Terhadap Perilaku Perpindahan Merek Pada Kartu Provider 3. Jurnal diterbitkan. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Aypar Uslu, Beril Durmus dan Sina Tasdemir. 2013. “Word of Mouth, Brand Loyalty, Acculturation and the Turkish Ethnic Minority Group in Germany”. Procedia - Social and Behavioral Sciences, Vol. 99, Hlm. 455 – 464

Budhi Ade Sulistyo dan Ida Maftukhah. 2016. “Analisis Pengaruh Perpindahan Merek Melalui Harga,Iklan, Dan Ketidakpuasan Konsumen”. Management analysis journal, Vol.5(2), Hlm. 97-103.

Devi Riani dan Harry Soesanto. 2015. "Pengaruh Celebrity Endorser dan Word of Mouth Terhadap Perpindahan Merek (brand switching) dengan Perceive Value sebagai Mediasi". Journal Of Management, Vol. 4(2), Hlm. 1-10.

Elvira Febriyanti. 2012. “Pengaruh Ketidakpuasan Dan Kebutuhan Mencari Variasi Terhadap Perilaku Perpindahan Merek Pada Sabun Pembersih Wajah”. Jurnal diterbitkan.

Inka Nuromavita dan Euis Soliha. 2016. “Pengaruh Ketidakpuasan Konsumen, Citra Merek Dan Persepsi Harga Terhadap Perpindahan Merek Sepeda Motor Yamaha Ke Honda”. Journal Of Management. ISBN: 978-979-3649-96-2

Khusniyah Purwani dan Basu Swastha Dharmmesta. 2002. “Perilaku Beralih Merek Konsumen Dalam Pembelian Produk Otomotif”. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia, Vol. 17(3), Hlm. 288 – 303.

Kotler, Philip. 2008. Manajemen Pemasaran, Jilid 2, Edisi 12. Jakarta: Erlangga

Kotler, Philip. 2009. Manajemen Pemasaran, Jilid 1, Edisi 13. Jakarta: Erlangga

Linda Gusmadara dan Hayu Yolanda Utami. 2013. “Pengaruh Ketidakpuasan Konsumen Dan Kebutuhan Mencari Variasi Terhadap Perilaku Perpindahan Merek Pada Pengguna Simcard Simpati PT. Telkomsel Tbk Di Kota Padang. Journal of economic and economic education, Vol.2(1), Hlm. 50-58.

Miguel A. Sahagun, Arturo Z, Vasquez-parraga. 2014. “Can Fast-Food Consumers Be Loyal Customers, If So How? Theory, Method And Fndings”. Journal of Retailing and Consumer Services, Vol. 21, Hlm. 168-174.

Nindhira R Putri. 2013. “Hubungan antara Kepuasan Pelanggan dengan Word of Mouth pada Pelanggan Klinik Kecantikan London Beauty Centre”. Jurnal Psikologi Industri dan Organisasi, Vol. 2(3).

Nurulia Khairani. 2011. “Analisis Pengaruh Citra Merek, Ketidakpuasan Konsumen, Iklan,Word Of Mouth, Dan Karakteristik Kategori Produk Terhadap Keputusan Perpindahan Merekpadasabun Pembersih Wajah”. Skripsi dipublikasikan. Universitas Diponegoro

Shellyana Junaidi dan Basu Swastha Dharmmesta. 2002. “Pengaruh Ketidakpuasan Konsumen, Karakteristik Kategori Produk, Dan Kebutuhan Mencari Variasi Terhadap Keputusan Perpindahan Merek”. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia, Vol. 17(1), Hlm. 91 – 104.

Surya dinata. 2013. “Analisis Pengaruh Ketidakpuasan Konsumen, Iklan, Harga, Citra Merek Dan Word Of Mouth Terhadap Brand Switching”. Skripsi dipublikasikan. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Soni dewantara, dkk. 2018.”Analisis Faktor Ketidakpuasan, Fitur Produk, Harga, Dan Word Of Mouth Terhadap Brand Switching Pada Produk Smartphone Oppo”. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan, Vol. 18 (1), Hlm. 106 – 116.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuntitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta.

Yulia Putri Ariani. 2013. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Perpindahan Merek Dengan Reference Group Sebagai Variabel Moderating”. Jurnal diteribitkan. Universitas Diponegoro.

Yunia Wardi, dkk. 2018.”Halal Tourism: antecendent of tourist’s satisfaction and word of mouth (WOM)”. Asia Pacifik Journal of Tourism Research, ISSN: 1094-1665.

Yosua Dwi Susanto dan Nurul Widyanti. 2016. "Pengaruh variety seeking, Promosi dan Citra Merek Terhadap Keputusan Perpindahan Blackberry ke Smartphone. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 5(2), Hal 2461-0593..




DOI: http://dx.doi.org/10.24036/jkmw0254410