Pengaruh Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan dan Kebijakan Dividen terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur

Alhafiz Arizki - Universitas Negeri Padang
Erni Masdupi - Universitas Negeri Padang
Yolandafitri Zulvia - Universitas Negeri Padang

Abstract


Tujuan- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan membuktikan secara empiris pengaruh keputusan investasi, keputusan pendanaan dan kebijakan dividen terhadap nilai perusahaan.

Metodologi - Metode analisis yang digunakan adalah kuantitatif dengan menggunakan model regresi berganda.Pada penelitian ini yang menjadi sampel adalah beberapa perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesia. Data yang digunakan dari tahun 2013 sampai 2017.

Hasil - Berdasarkan hasil pengujian hipotesis yang telah dilakukan ditemukan bahwa keputusan investasi tidak berpengaruh signfikan terhadap nilai perusahaan, sedangkan kebutuhan pendanaan dan kebijakan dividen berpengaruh signifkan terhadap nilai perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesia.

 

Keywords: Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan, Kebijakan Dividen, Nilai Perusahaan


Full Text:

PDF

References


Aries Heru Prasetio. 2011.Valuasi Perusahaan. Jakarta Pusat: PPM.

Brigham, Eugene F. dan Joel F. Houston. 2011.Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Jakarta: Salemba Empat.

Darmadji, T., dan Fakhruddin, H. 2006. Pasar Modal di Indonesia. Jakarta: Salemba Empat.

Diyah, Pujiati, Widanar, Erman (2009). Pengaruh Struktur Kepemilikan Terhadap Nilai Perusahaan: Keputusan keuangan Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ekonomi Bisnis dan Ventura, Vol. 12. No 1, hal 71-86.

Hasnawati, Sri. (2005). Dampak Set Peluang dan Financial Terhadap Nilai Perusahaan Publik di Bursa Efek Jakarta. JAAI 9 (2): 117-126

Nur, Indriantoro dan Bambang Supomo. (1999).Metodologi Penelitian Bisnis untuk Akuntansi dan Manajemen. Yogyakarta: BPFE.

Untung, Wahyudi dan Hartini Prasetyaning Pawestri. (2006). Implikasi Struktur Kepemilikan terhadap Nilai Perusahaan: Dengan Keputusan Keuangan Sebagai Variabel Intervening, Simposium Nasional Akuntansi 9 Padang.

Wijaya, L. R. P., dan Wibawa, B. A. (2010). Pengaruh Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan, dan kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan. Kumpulan Makalah, Simposium Nasional Akuntasi 13 Purwokerto, 1-21.




DOI: http://dx.doi.org/10.24036/jkmw0254310