PENGARUH SUMBER MINERAL DAN JENIS ISOLAT DARI PSEUDOMONAD FLUORESEN TERHADAP PRODUKSI SIDEROFOR

Threo Marten - Universitas Negeri Padang

Abstract


ABSTRAK

 

Threo Wanda Marten. 2018. Pengaruh Sumber Mineral dan Jenis Isolat Dari Pseudomonad Fluoresen Terhadap Produksi Siderofor

 

Pseudomonad fluoresen merupakan agen hayati yang dapat diisolasi dari daerah permukaan akar tanaman. Kelompok bakteri dapat menghasilkan senyawa siderofor. Siderofor merupakan senyawa yang memiliki afinitas besi yang sangat tinggi, larut dalam air dan cepat berdifusi. Produksi siderofor tersebut tergantung pada nutrisi yang terdapat pada dalam media tumbuh.

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan sumber mineral terbaik untuk produksi siderofor dari isolat pseudomonad fluoresen. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Menggunakan rancangan acak lengkap faktorial (RALF) dengan dua faktor (jenis isolat dan sumber mineral) dan 3 kali ulangan. Isolat yang digunakan PfPj1 dan PfKd7 sedangkan sumber mineral yaitu Zn dan Fe. Deteksi siderofor diukur menggunakan spektrofotometer pada panjang gelombang 410 nm. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji ANOVA dan dilanjutkan dengan uji lanjut DNMRT dengan taraf nyata 0,05.

Hasil penelitian didapatkan kedua Isolat yang ditumbuhkan pada medium dengan penambahan mineral menghasilkan produksi siderofor yan tidak berbeda nyata. Mineral yang ditambahkan kedalam medium tumbuh kedua isolat menghasilkan kandungan siderofor yang berbeda. Interaksi antara isolat dengan sumber mineral memberikan pengaruh yang nyata terhadap produksi siderofor dari pseudomonad fluoresen.

 

Kata Kunci : pseudomonad fluoresen, sumber mineral, siderofor

 


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24036/3264RF00