Pengaruh Kualitas Pelayanan Fiskus, Kesadaran Wajib Pajak Dan Keadilan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Bumi Dan Bangunan

Nila Puspita - Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang

Abstract


The aim of this study were to determine the impact of the quality of service tax authorities, taxpayer awareness and tax fairness of the tax compliance in paying taxes on land and buildings, the District Padang Utara. This type of research study are classified as causative. The population in this study are all taxpayer land and building located in the sub-district Padang Utara of Padang City. This study used proportional sampling tehnique sampling method, using the formula Slovin. The data analysis techique used is multiple regression.

The test result showed what the quality of service tax authorities, the taxpayer awareness and tax fairness a significant positive effect on tax compliance. Suggestion in this study is necessary to have a good quality of service tax authorities, taxpayer awareness and justice taxes so high that will improve tax compliance in meeting their tax obligations. To further study the researchers can use the model outside the research variables examined in this study.

Keywords: quality of service tax authorities, taxpayer awareness, tax fairness, tax compliance



Full Text:

PDF

References


Terhadap Kepuasan Dan Kepatuhan Wajib Pajak. UNISIA, Vol. XXXI No. 69 September 2008

Andriani, Desi. 2009. Pengaruh Kualitas Pelayanan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi di KPP Dumai. Skripsi: FE Unand

Arikunto, Suharmi. 2006. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta

Azmi, Anna A. Che and Kamala A. Perumal. 2008. Tax Fairness Dimensions In An Asian Context: The Malaysian Perspective, International Review Of Business Research Papers, Vol. 4 No. 5 October-November 2008 Pp. 11-19

Boediono, B. 1996. Perpajakan Indonesia. Jilid I. Jakarta: Kawula Indonesia.

Budi R Ikhsan. 2012. Kajian Terhadap Faktor Faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak. JAMBSP Vol 3 No 3 – Juni 2007: 288 – 310

Devano, Sony dan Rahayu. 2006. Perpajakan, Konsep, Teori Dan Isu. Jakarta: Kencana

Dwi, Seftiawan Rully. 2009. Analisis Faktor Yang Berpengaruh Pada Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Bumi dan Bangunan. Skripsi. Universitas Brawijaya

Franklin, Bernama. 2008. Pengaruh tingkat pemahaman, pengalaman, penghasilan, administrasi perpajakan, kompensasi pajak, dan sanksi pajak terhadap kepatuhan wajib pajak dalam membayar PBB di kecamatan Padang Barat. Skripsi: FE UNP

Ghozali, Imam. 2007. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Harahap, Abdul Asri. 2004. Paradigma Baru Perpajakan Indonesia. Penerbit BPFE Yogyakarta.

Ikafitri, Dina Yunia. 2009. Pengaruh kualitas pelayanan pajak dan administrasi pajak terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor di Kota Padang. Skripsi: FE UNP.

Jumy Riska. 2012. Faktor Faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak Pada KPP Pratama Pekanbaru, Jurnal Akuntansi dan Keuangan Volume 1 Nomor 2. Universitas Sumatera Utara, Medan.

Karsimiati. 2009. Pengaruh pelayanan fiskus, sanksi denda dan kesadaran perpajakan terhadap kepatuhaan wajib pajak dalam membayar pajak bumi dan bangunan di Kecamatan Gabus-Pati. Skripsi: FE UNISBANK

Kurniawan, Dedi. 2009. Pengaruh kesadaran wajib pajak terhadap kepatuhan wajib pajak. Skripsi: FE UNAND

Lerche, Dietrich. 1980. Efficiency of Taxation in Indonesia. BIES. Vol 16 No. 1, hal 34-35

Mardiasmo. 2003. Perpajakan. Yogyakarta: Andi Offset

Menika, Resfianis. 2009. Pengaruh kualitas pelayanan fiskus terhadap tingkat kepatuhan wajib pajak PPh Badan dalam memenuhi kewajiban pajaknya. Skripsi: FE UNP

Nugroho, Agus. 2006. Pengaruh sikap wajib pajak pada pelaksanaan sanksi denda, pelayanan fiskus dan kesadaran perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak. Tesis: Magister Akuntansi Program Pascasarjana Universitas Diponegoro

Parasuraman, Zeihaml dan Berry. 1985. A Conceptual Model of Service Quality and Its Implications for Future Research. Journal of Marketing. Vol 49, hal 41-50

Priantara, Diaz. 2009. Kupas Tuntas Pengawasan, Pemeriksaan, dan Penyidikan Pajak. Jakarta: Malta Printindo

Pris, K. Andarini. 2010. Dampak Dimensi Keadilan Pajak Terhadap Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Badan. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.

Piliang, Wenedi. 2012. Mafia Pajak Merajarela. Pada Expres Edisi 13 Maret 2012. www.padang.expres.com

Purnama, Nursya’bani. 2006. Manajemen Kualitas Perspektif Global. Yogyakarta: Ekonesia

Republik Indonesia, Undang-Undang no. 28 Tahun 2007 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan

Republik Indonesia, Undang-Undang no. 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah

Sapriadi, Doni. 2012. Pengaruh Kualitas Pelayanan Pajak, Sanksi Pajak dan Kesadaran Wajib Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar PBB (Pada Kecamatan Selupu Rejang). Skripsi. FE UNP

Sekaran, Uma. 2006. Metodologi Penelitian untuk Bisnis. Jakarta: Salemba Empat

Soemarso S. R. 1998. Dampak Reformasi Perpajakan 1984 terhadap Efisiensi Sistem Perpajakan Indonesia. Jurnal Ekonomi dan Keuangan Perpajakan Indonesia. Vol. XLVI No. 3, hal 333-368

Soetrisno, Loekman. 1994. Optimalisasi Pemungutan Pajak Bumi dan Bangunan di Perkotaan : Suatu Perspektif Sosiologis. Jakarta : Direktorat Jendral Pajak. Diskusi terbatas “Penyempurnaan Undang-Undang Pajak Bumi dan Bangunan serta Pemungutan Kembali Bea Balik Nama Atas Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan”

Supriyono, Bambang. 2002. Peranan Pemerintah Daerah Dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik. Jurnal Administrasi Negara. Vol. II No. 2

Suyatmin. 2004. Pengaruh Sikap Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan. Tesis: Pasca Sarjana UNDIP

Tjahjono, Achmad dan Triyono Wahyudi. 2005. Perpajakan Indonesia. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Utomo, Pudji Susilo. 2002. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesadaran Masyarakat Untuk Membayar Pajak Bumi Dan Bangunan di Kecamatan Karang Tengah Kabupaten Demak. Tesis: Pasca Sarjana UNDIP

Wahyudi, Firman. 2012. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepatuhanwajib Pajak Orang Pribadi Pada Kantor Pelayananpajak Pratama Blitar. Skripsi. FE UMM

Waluyo. 2011. Perpajakan Indonesia. Jakarta: Salemba Empat

Witono, Banu. 2008. Peranan Pengetahuan Pajak Pada Kepatuhan Wajib Pajak. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, Volume 7, Nomor 2, September 2008, hlm.196-208

Zain, M. 2004. Manajemen Perpajakan. Jakarta : Penerbit PT. Salemba Empat