Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Perilaku Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Mahasiswa (Studi Empiris Mahasiswa Akuntansi Perguruan Tinggi di Kota Padang)

Atika Wahyu - Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang

Abstract


The purpose of this study is to get empirical evidence about the extent of the influence of emotional intelligence , learning behavior of the level understanding of accounting students . This study classified causative research . The study population was a college accounting students in Padang . The sample is determined based on purposive sampling method by 4 colleges in Padang, with respondents as many as 120 accounting students . Methods of data collection using the questionnaire . Types and sources of data are the primary data . Analysis of data using multiple regression with F test and t test .

The results of this study indicated ( 1 ) emotional intelligence positive significant effect on the level understanding of accounting students  ( 2 ) learning behavior positive significant effect on the level understanding of accounting students.

Keywords : emotional intelligence , learning behavior , the level understanding of accounting students


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian. Edisi Revisi V. Jakarta:PT Rineka Cipta.

Budhiyanto, Suryanti J. Dan Nugroho, Ika P., 2004, “Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi”, Jurnal Ekonomi Bisnis, Vol. X, No.2, Hal.260-281.

Buku Panduan Mahasiswa. 2012. Fakultas Ekonomi: Universitas Negeri Padang.

Depdiknas. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi IV. Jakarta:PT Gramedia Pustaka Utama.

Gea et al. 2002. “Relasi Dengan Diri Sendiri”. Jakarta: Alex Media Komputindo

Gozhali,imam. 2006. Partial Least Square. Semarang: Universitas Diponegoro

Goleman, Daniel. 2000. Working With Emotional Intelligence. Jakarta.: PT Gramedia Pustaka Utama.

Goleman, Daniel. 2001. Kecerdasan Emosi Untuk Mencapai Puncak Prestasi. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Goleman, Daniel. 2003. Emotional Intelligence. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Hanifah dan Abdullah Syukri. 2001. Pengaruh Perilaku Belajar Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Akuntansi. Media Riset Akuntansi, Auditing, dan Informasi. Volume 1, No. 3, 63-86.

Haryoga,Septian dan Edy Supriyanto. 2011. Pengaruh Kecerdasan emosional, perilaku belajar, dan budaya terhadap tingkat pemahaman akuntansi dengan kepercayaan diri sebagai variabel pemoderasi. Simposium nasional akuntansi XIV: Aceh.

Indah, Eka Trisniwati dan Sri Suryaningsum. 2003. Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi. Simposium Nasional Akuntansi VI: Surabaya.

Jones, R. N. 1996. “Cara Membina Hubungan Baik dengan Orang Lain”. Jakarta: Bumi Aksara.

Marita. dkk. 2008. Kajian Empiris atas Perilaku Belajar dan Kecerdasan Emosional dalam Mempengaruhi Stres Kuliah Mahasiswa Akuntans. SNA XI:Pontianak.

Maruli. Pengertian Belajar dan Perubahan Perilaku dalam elajar. cafestudi061. wordpress.com

Mawardi, M, Cholid. (2011) Tingkat Pemahaman Mahasiswa Akuntansi Terhadap Konsep Dasar Akuntansi di Perguruan Tinggi Negeri di Kota Malang.

Melandy, Rissyo dan Aziza, Nurna. 2006. Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi, Kepercayaan Diri Sebagai Variabel Pemoderasi. Simposium Nasional Akuntansi IX: Padang.

Melandy, Rissyo. dkk. 2007. Sinkronisasi Komponen Kecerdasan Emosional Dan Pengaruhnya Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Dalam Sistem Pendidikan Tinggi Akuntansi. Simposium Nasional Akuntansi X: Makassar.

Rachmi, Filia. 2010. Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, Dan Perilaku Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi. Jurnal Akuntansi

Raharjo, Sahid. 2014. Cara mudah melakukan uji T dengan SPSS. www. Spssindonesia.wordpress.com. di akses pada tanggal 30 november 2014..

Sekaran, Uma. 2006. Metodologi Penelitian Untuk Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.

Shapiro, L.E.,2003, Mengajarkan Emosional Intelligence pada anak, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Sodik, Ichwan.2014. pengaruh kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual terhadap tingkat pemahaman akuntansi mahasiswa. http://brotherichwan.blogspot.com.

S.R, Soemarsono. (2004) Akuntansi Suatu Pengantar. Edisi IV. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sugiyono. 2004. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta

Suwardjono. 2004, Perilaku Belajar di Perguruan Tinggi, www.suwardjono.com. Di akses pada tanggal 3 Januari 2014.

Tjun, Lauw. dkk. 2009. Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Pemahaman Akuntansi Dilihat Dari Perspektif Gender. Jurnal Akuntansi, Vol.1 No.2, Hal 101- 118

Wayan, I Suartana. 2010. Akuntansi Keprilakuan Teori dan Implikasi. Yogyakarta: ANDI.

Widiaryanti, Veronica. 2008. Perilaku Belajar Ditinjau Dari Dukungan Sosialdan Kemandirian Pada Siswa Sltp Santo Yoseph Denpasar Bali. Skripsi.

Wiratna, V Sujarweni. 2014. SPSS untuk penelitian.Edisi I. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Yuli, Marta Khristi. 2012. Pengaruh Kecerdasan Emosional, Perilaku Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Mahasiswa.Jurnal Akuntansi.

Yuniani, Anggun. 2010. Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi. Skripsi.