Pengaruh Akuntabilitas, Transparansi, Dan Partisipasi Publik Terhadap Kinerja Organisasi Layanan Publik (Studi Empiris Pada Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Kabupaten Pasaman Barat)

Hendra G Putra - Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang

Abstract


The objective of this research is to measure the influence of accountability, transparency and public participation toward public service organization performance. Research object is Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan terpadu Kabupaten Pasaman barat. Questionnaire was used as research instrument. Questionnaire were distrubuted to publics as responden who use this public service. Research variables are acoountability, transparency, participation and performance. Result shows that accountability, transparency and public participation influence performance significantly.


Full Text:

PDF

References


Adrinal. Et al. 2007. Mewujudkan Good Local Governance Di Kota Solok. Jakarta: STIA Kawula Indonesia.

Andarias Bangun. 2009. Pengaruh Partisipasi Dalam Penyusunan Anggaran, Kejelasan Sasaran Anggaran dan Struktur Desentralisasi Terhadap Kinerja Manajerial SKPD dengan Pengawasan Internal sebagai Variabel Moderating. Tesis. Universitas Sumatera Utara

Dadang, Solihin. 2007. Penerapan Prinsip-Prinsip Good Governance dalam Pembangunan Daerah. Jakarta: STIAKIN

Husein, Umar. 1999. Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Indra, Bastian. 2006. Akuntansi Sektor Publik. Jakarta: Erlangga

Imam, Ghozali. 2007. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPPS. Semarang: Badan Penerbit Undip.

Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara No: Kep-63/M.PAN/7/2003. Tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik.

Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara No: Kep-26/M.PAN/2/2004. Tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Akuntabilitas dan Transparansi dalam Penyelenggaraan Pelayanan Publik.

Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara No: Kep-25/KEP/M.PAN/2/2004. Tentang Pedoman Umum Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat Unit Pelayanan Instansi Pemerintah

Kuncoro, Mudrajad. 2003. Metode Riset untuk Bisnis & Ekonomi: Bagaimana meneliti & menulis tesis?. Jakarta: Erlangga.

Loina, Lalolo Krina P. 2003. Indikator dan Alat Ukur Prinsip Akuntabilitas, Transparansi & Partisipasi. Sekretariat Good Public Governance. Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Jakarta.

Lijan, Poltak Sinambela. 2006. Reformasi Pelayanan Publik. Jakarta: Bumi Aksara.

Liza, Novietta. 2010. Pengaruh Partisipasi Masyarakat dan Komitmen Organisasi Terhadap Hubungan Pengetahuan Eksekutif Tentang Anggaran dengan Pengawasan Keuangan Daerah: Jurnal keuangan dan bisnis. Padang. Diakses tanggal 22 Maret 2014

Mardiasmo. 2002. Akuntansi Sektor Publik. Yogyakarta: Andi

Priyatno, Duwi. 2008. Mandiri Belajar SPSS. Cet-2.Yogyakarta : Mediakom.

Prasetyantoko. 2008. Corporate Governance. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Rilla, Dwika. 2008. Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kinerja Organisasi Sektor Publik dengan Akuntabilitas dan Transparansi sebagai Variabel Moderating. Skripsi Universitas Negeri Padang. Padang.

Sedarmayanti. 2004. Good Governance (Kepemerintahan yang Baik). Bandung: Mandar Maju

Silvia, Karsa. 2010. Pengaruh Transparasi dan Akuntabilitas Publik Terhadap Kinerja Keuangan Daerah. Skripsi Universitas Negeri Padang. Padang.

Sugiyono. 2004. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: PT Alfabeta.

Sekaran, Uma. 2002. Reseach Methode for Bussiness A Skill Building Approach, Fourth Edition. Southerm Illnois University at Carbondala. John Weley and Sons, inc.

Warta Andalas. (2013), “Kabid Migas dan Energi Pasbar Terima Gratifikasi, Kadis Terkesan Melindungi” http://warta-andalas.com/berita-kabid-migas-dan-energi-pasaman-barat-terima-gratifikasi-kadis-terkesan-melindungi.html (diakses 22, Maret, 2014)

Yeremias, Keban. 2000. “Good Governance” dan “Capacity Building” sebagai Indikator Utama dan Fokus Penilaian Kinerja Pemerintahan. Melalui (www.bappenas.go.id.)[06/05/2014].

Yurnaldi. 2009. Otonomi Daerah. Melalui (http://www.yipd.or.id)[20/03/2010]